Tak Hanya Memiliki Aroma Yang Wangi Ternyata Pandan Memiliki Banyak Manfaat

Siapa disini yang tidak tahu dengan pandan? Sebagaian besar masyarakat indonesia mengetahui apa itu daun pandan, daun pandan biasanya digunakan sebagai pewangi sekaligus penambah rasa pada makan. Berikut beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan. Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

1.Mencegah Kanker

Daun pandan memiliki kandungan penting yang sulit ditemukan di tanaman lain, yaitu kandungan anti karsinogenik. Tidak hanya itu, daun pandan juga memiliki peran sebagai antioksidan alami yang mampu mencegah kanker bila dikonsumsi secara teratur.

2. Menurunkan Tekanan Dara

Daun pandan bisa menurunkan masalah tekanan darah berupa hipertensi atau tekanan darah tinggi. Faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit ini seperti usia, gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Dengan mengonsumsi daun pandan dacampur dengan teh anda bisa mengobati serta mencegah penyakit ini.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain kandungan antioksidan dan anti karsinogenik, ada senyawa alami lain yang mampu mengontrol kadar gula darah, yaitu anti hiperglikemik. Senyawa alami yang ada pada pandan ini dapat menurunkan postorandial gula darah dan menstimulasi sekresi insulin.

4.Mengatasi Diabetes

Memiliki kadar gula darah tinggi dapat memicu risiko terjadinya penyakit diabetes. Untuk menyeimbangkan insulin, penderita penyakit diabetes bisa mengonsumsi daun pandan secara rutin. Daun pandan bisa dimasukkan dalam makanan atau dicampur dalam minuman.

5.Mengatasi Kram

Daun pandan bisa mengatasi atau meredakan rasa sakit saat kram. Seperti kram pada otot di perut atau di bagian tubuh lain. Cukup oleskan tumbukan daun pandan ke bagian yang mengalami kram dan membiarkannya sampai kram mereda.

6.Menurunkan Risiko Encok

Daun pandan dapat mengobati masalah seperti encok yang sering dialami oleh orang dewasa berusia lanjut, tapi tidak ada salahnya jika encok menyerang usia lebih muda. Dan cara untuk menurunkan risiko encok dan mencegah encok jadi lebih parah, Anda bisa mengonsumsi jus daun pandan secara rutin.

7.Meredakan Rematik

Pandan merupakan makanan yang bisa digunakan untuk menyeimbangkan purin yang ada didalam tubuh. Karena,  mengonsumsi makanan yang mengandung purin dapat meningkatkan risiko rematik. Tidak hanya dikonsumsi daun pandan juga bisa digunakan sebagai obat pijat untuk meredakan rematik.

8.Mengatasi Masalah Gigi dan Gusi

Bagi anda yang memiliki masalah pada gigi dan gusi. Mengunyah daun pandan mungkin terdengar aneh, tapi cara ini ampuh untuk mengatasi masalah gigi dan gusi.

9.Mengatasi Masalah Ketombe

Daun pandan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Salah satunya daun pandan bisa mengatasi masalah ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala kering. Anda bisa membuat sampo daun pandan sendiri di rumah dengan cara menghaluskannya dan menambahkan air. Lalu aduk campuran tersebut hingga menjadi pasta, dan gunakan sebagai sampo seperti biasa.

10. Mencegah Rambut Rontok

Daun pandan bisa digunakan sebagai sampo dengan mencampurkan daun pandan dengan bunga melati dan mawar untuk menambah manfaat daun pandan untuk mencegah rambut rontok. Menggunakan sampo alami dari daun pandan ini secara rutin, sangat efektif untuk mencegah rambut rontok.

11. Mengatasi Rambut Kusut dan Kusam

Tidak hanya mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok, daun pandan ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi rambut kusut dan kusam. Cara pemanfaatannya hampir sama dengan cara menggunakan sampo sebelumnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa merebus terlebih dahulu daun pandan sebelum digunakan.

12. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Daun pandan juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh yang tak kalah penting, yaitu efektif untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu, ekstrak daun pandan juga bisa digunakan untuk menu diet, baik itu untuk menurunkan berat badan atau diet menjaga berat badan.

13. Mengatasi Masalah Infeksi Kulit

Daun pandan bisa mengatasi infeksi jamur pada kulit, jadi masalah kulit yang cukup umum terjadi. Infeksi karena jamur ini biasanya berwujud seperti panu, berwarna putih dan menimbulkan rasa gatal. Cara memakai daun pandan untuk mengatasi masalah infeksi jamur. Campurkan daun pandan yang sudah dihaluskan dengan garam, larutkan dalam air hangat. Saring lalu minum airnya 3-5 kali sehari.