Cara Buat Jamu Kunyit Asam yang Mudah

Cara buat jamu kunyit asam berikut ini sangat mudah dan bisa langsung Anda praktekkan di rumah karena bahan-bahan yang digunakan ada di sekitar Anda.

Jamu Kunyit Asam

Jamu Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan obat tradisional yang telah dipercaya secara turun temurun mampu mengobati beberapa penyakit. Obat tradisional ini berbahan dasar rimpang kunyit dan buah asam.

Seperti yang kita tahu, di dalam kunyit terdapat senyawa curcumin yang mengandung antioksidan. Sementara itu asam jawa mengandung senyawa senyawa antidiabetik, antioksidan, dan antihiperlipidemik. Maka tak diragukan lagi khasiat dari jamu tradisional yang satu ini bagi kesehatan tubuh kita.

Jamu kunyit asam disebut juga sebagai jamu ‘adem-ademan’ atau jamu ‘seger-segeran’, karena dipercaya dapat menyegarkan tubuh dan menghindari panas dalam.

Kunyit asam juga dipercaya dapat membantu melancarkan haid atau datang bulan. Karena sifatnya yang memperlancar haid, maka jamu kunyit asam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil muda.

Selain itu kunyit asam bermanfaat dalam bidang kecantikan karena bisa mencegah penuaan dini; mencegah dan mengatasi jerawat; mencerahkan kulit.  Bahkan Obat tradisional yang satu ini dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung, mengatur gula darah, meningkatkan fungsi otak, dan mencegah kanker.

Tak sampai disitu, jamu kunyit asam juga digunakan sebagai detoksifikasi, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi bau badan, mengontrol berat badan, meredakan stress dan lain sebagainya.

Anda akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan jika mengonsumsi kunyit asam secara rutin. Berikut ini cara membuat jamu kunyit asam sendiri di rumah.

Bahan Baku

Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan jamu kunyit asam pada umumnya tidak jauh berbeda di antara para produsen. Perbedaan tersebut hanya ada pada komposisi bahan penyusunnya.

Jamu kunyit asam dibuat dengan bahan utama yaitu rimpang kunyit atau kunir ditambah buah asam. Namun, ada sebagian orang yang menambahkan daun asam yang masih muda, temulawak, biji kedawung, dan air perasan jeruk nipis.

Sebagai bahan pemanis Anda dapat menggunakan campuran gula merah dan gula putih, biasanya dicampur dengan pemanis buatan dan ditambahkan sedikit garam.

 

Cara Pengolahan

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat jamu kunyit asam yaitu merebus air hingga mendidih.
  2. Tumbuk kasar bahan-bahan racikan jamu kunyit asam, atau diiris tipis-tipis.
  3. Masukkan bahan-bahan yang telah ditumbuk ke dalam air mendidih dan rebus hingga mendidih beberapa saat.
  4. Setelah itu, tambahkan gula secukupnya hingga diperoleh rasa manis sesuai selera Anda.
  5. Matikan api kompor, biarkan hingga rebusan menjadi dingin.
  6. Kemudian saringlah dengan menggunakan saringan.
  7. Masukkan ke dalam botol atau gelas. Anda apat menyimpan jamu kunyit asam di dalam kulkas dengan memasukkannya ke dalam botol. Saat Anda ingin mengonsumsinya, Anda bisa langsung memanasinya.

Selain dengan membuat jamu kunyit asam sendiri di rumah, sekarang Anda juga bisa membelinya dalam bentuk kemasan di toko-toko terdekat. Bedanya, jamu kemasan ini dijual dalam bentuk bubuk, sehingga lebih praktis karena Anda hanya perlu menyeduhnya menggunakan air hangat saja.

Proses mengubah rimpang kunyit dan bahan-bahan lain menjadi bubuk ini bisa dengan menggunakan Mesin Penggiling Jamu.Mesin penggiling jamu biasanya digunakan untuk produksi jamu dalam skala yang besar. Penggunaan alat ini terbukti efisien waktu, tempat dan tenaga.

Demikian tadi informasi mengenai cara buat jamu kunyit asam. Untuk Informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di Publisheer.