Beberapa Manfaat Susu Sapi Murni Untuk Diet

beberapa manfaat susu sapi murni untuk diet

Manfaat susu sapi murni memang sangat banyak yaitu mengandung lemak jenuh, tetapi juga merupakan sumber kalsium dan protein didalamnya. Kalsium sangat penting untuk dapat menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat, sedangkan kandungan protein dapat membantu memperbaiki jaringan dan otot yang sudah rusak. Susu sapi tidak akan menyebabkan naiknya berat badan. Tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi produk susu sapi yang tidak sehat dapat menyebabkan naiknya berat badan.

Susu Sapi

Beberapa manfaat susu sapi murni untuk diet

Susu sapi adalah cairan fisiologis hasil dari pemerahan kelenjar susu pada sapi perah sehat yang tidak ditambahi atau dikurangi jumlah gizi nya. Sapi perah akan mengeluarkan hasil susu setelah melahirkan anaknya dan mulai saat itulah kelenjar susu aktif menghasilkan susu untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anak sapi. Karena mengandung nutrisi yang sangat baik maka manusia juga ikut mengkonsumsi susu sapi tersebut untuk pertumbuhan, kesehatan, dan kecerdasan.

Manfaat Susu Sapi Untuk Diet

beberapa manfaat susu sapi murni untuk diet

1. Yoghurt

Cobalah untuk mengonsumsi semangkuk plain yoghurt dengan campuran beberapa butir buah berry atau kacang. Plain yoghurt umumnya memiliki kandungan lemak yang rendah dan dapat membantu untuk menyehatkan usus. Mengonsumsi plain yoghurt bisa juga sebagai camilan untuk dapat menghindari makanan ringan yang tidak sehat untuk tubuh.

2. Keju cottage

Didalam100 gram keju cottage dapat mengandung sekitar kurang lebih 11 gram protein. Produk susu sapi tersebut dapat membantu untuk mendorong pertumbuhan otot dan menjaga perut agar tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Keju cottage memiiki kalori yang rendah, tetapi tetap harus dijaga dengan jumlah natrium yang ditambahkan ke dalamnya.

3. Susu skim

Susu skim bebas dari kandungan lemak dan kalori. Setelah selesai melakukan olahraga bisa juga untuk mengonsumsi segelas susu untuk dapat memberikan energi pada tubuh dan memperbaiki jaringan yang sudah rusak. Tetapi, hindarilah untuk menambahkan gula ke dalam susu sapi yang akan dikonsumsi.

Baca Juga:Cara Membuat Susu Kedelai agar Tidak Menggumpal

Kandungan Nutrisi Dan Vitamin Didalam Susu Sapi

beberapa manfaat susu sapi murni untuk diet

 

1. Protein

Susu sapi merupakan sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Di dalam segelas susu sapi mengandung sekitar kurang lebih 7,5 sampai 8 gram protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak. Terdapat 2 jenis protein di dalam susu sapi, yaitu kasein dan whey. Protein kasein berfungsi untuk dapat mengontrol tekanan darah agar tekanan darah tetap stabil, sedangkan protein whey berfungsi untuk pertumbuhan dan kesehatan otot pada anak.

2. Vitamin A

Ada beberapa produk susu sapi juga yang sudah menambahkan dengan kandungan nutrisi vitamin A. Kandungan Vitamin A dapat melindungi mata dari kerusakan, memperkuat daya tahan tubuh, dan juga dapat memelihara kesehatan kulit pada anak.

3. Vitamin B

Memiliki kandungan vitamin didalam yang beragam jenis didalam susu sapi, yaitu vitamin B, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B12. Vitamin B didalam susu sapi dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan otak, dapat menghasilkan sel darah merah, dan juga dapat menunjang proses pembentukan energi atau metabolisme didalam tubuh anak.

4. Vitamin D

Vitamin D dapat dihasilkan secara alami ketika kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Tetapi, vitamin D juga bisa dihasiklan melalui susu sapi. Kandungan vitamin D bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, serta dapat untuk menjaga kesehatan otot pada tubuh.

5. Kalsium

Didalam satu gelas susu mengadung sekitar kurang lebih 275 mg kalsium. Selain vitamin D, kalsium juga sangat dibutuhkan untuk tubuh pada anak yang dapat berfungsi untuk menjaga saraf, otot, jantung, serta meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi pada anak.

6. Fosfor

Didalam segelas susu sapi mengandung sekitar kurang lebih 200 mg fosfor. Kandungan fosfor juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada anak. Fosfor berperan untuk menjaga otot dan saraf anak agar berfungsi dengan baik, untuk membantu pembentukan DNA dan RNA di sel tubuh anak, dan dapat meningkatkan proses metabolisme dengan mengubah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi.

7. Kalium

Kalium merupakan mineral yang dapat membantu saraf dan otot pada anak agar berfungsi dengan baik, jantung yang berdetak secara teratur, serta cairan tubuh pada anak agar tetap seimbang. Dengan meminum segelas susu sapi atau 320 mg kebutuhan kalium pada anak sudah dapat terpenuhi.

8. Serat

Jumlah asupan serat yang dibutuhkan untuk tubuh anak usia 1 sampai 3 tahun adalah 19 gram setiap harinya. Serat dapat diperoleh melalui makanan, dan juga dapat mencukupi kebutuhan serat anak dengan memberinya camilan yang dilengkapi dengan susu sapi yang tinggi serat di selang waktu makannya, atau yang disebut dengan jam makan serat, yaitu setiap pada jam 10 pagi, 2 siang, dan 8 malam.

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika anda ingin lebih banyak mengetahui manfaat susu sapi murni anda bisa baca artikel Manfaat Susu Sapi Murni semoga artikel ini bermanfaat.