Sayuran Yang Mengandung Minyak Atsiri

minyak atsiri

Setelah mempelajari tentang tanaman/tumbuhan yang mengandung minyak atsiri kali ini saya akan menjelaskan dan memberi contoh sayuran-sayuran yang mengandung minyak atsiri, berikut penjelasan beserta contohnya :

Pengertian Sayuran Yang Mengandung Minyak Atsiri

Sayuran mengandung minyak atsiri  adalah jenis minyak yang berasal dari bahan nabati, bersifat mudah menguap pada suhu kamar tanpa mengalami peruraian atau apabila dibiarkan terbuka, dan memiliki bau seperti tanaman asalnya (khas).

Minyak Atsiri biasanya tidak berwarna, terutama yang masih segar atau baru saja diperoleh dari isolasi, tetapi makin lama akan berubah menjadi gelap, karena terjadi proses oksidasi dan mengalami pendamaran. Dalam upaya untuk mencegah proses tersebut antara lain disimpan dalam tertutup rapat. Minyak atsiri dapat diartikan sebagai produk hasil penyulingan dengan uap dari bagian bagian suatu tanaman

Minyak Atsiri Kayu Manis

Sayuran Yang Mengandung Minyak atsiri

1.Kencur Sayuran Mengandung Minyak Atsiri

Kencur adalah tanaman yang mempunyai akar batang yang tertanam di dalam tanah, biasa dipakai untuk bahan rempah-rempah dan ramuan obat, tanaman ini merupakan salah satu jenis empon- empon /tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan.
Rimpang tumbuhan ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang biasanya dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya yaitu cekur (Malaysia).

Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti.
Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasanya ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), tetapi mudah dibedakan dari daunnya.

2.Jahe Sayuran Mengandung Minyak Atsiri

Jahe yang merupakan rempah bahan alami tradisional dengan khasiat yang banyak. Kandungan yang populer dari bahan empah rempah ini adalah minyak atsiri jahe atau ginger essential oil.

Minyak jahe ini mempunyai khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan maupun kecantikan. Aromanya yang khas dan rasanya yang pedas mempunyai manfaat untuk menyembuhkan berbagai keluhan masalah kesehatan.Minyak atsiri pada jahe didapat dengan cara melakukan ekstraksi rimpang jahe.

Minyak jahe lebih murni dan lebih mudah dikonsumsi. Walau banyak sebagian orang lebih menyukai konsumsi jahe secara langsung bersama daging jahenya, tetapi penggunaan minyak jahe ini sudah cukup umum untuk mengatasi masalah kesehatan hingga kecantikan.

3.Kunyit Sayuran Mengandung Minyak Atsiri

Kunyit adalah salah satu jenis rempah asal Indonesia yang kaya akan manfaat, produk olahan kunyit hampir dipastikan selalu laris di pasaran. Demikian dengan halnya minyak Atsiri Kunyit, produk minyak kecantikan dan kesehatan yang berasal dari hasil penyulingan kunyit ini, kini telah dikenal di seluruh belahan dunia. Bahkan, Indonesia dikenal sebagai pemasok utama dari minyak Atsiri.

Sebagai Negara dengan tanaman kunyit yang melimpah, maka tidak heran bila Indonesia dewasa ini dapat memproduksi minyak Atsiri hingga 5 -6 ribu ton dalam kurun waktu setahun saja.
Jumlah pedagangnya pun juga sangat banyak yakni mencapai 3 ribu lebih pelaku usaha.
Intinya, sebagai orang Indonesia kita perlu bangga menjadi salah satu produsen terbesar minyak Kunyit ini.

Tetapi sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui keunggulannya, sehingga masih sangat jarang yang mau menggunakan dan memanfaatkannya untuk menunjang kesehatan tubuh mereka.

4.Serai

Tumbuhan serai wangi termasuk kedalam family Gramineae (tanaman rumput-rumputan). Serai wangi adalah salah sau jenis tanaman minyak atsiri, yang berasal dari penyulingan daun dan batangnya dan dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama Citronella Oil. Tidak hanya itu, minyak serai wangi yang berasal dari Indonesia diketahui terkenal dipasaran dunia dengan nama Citronella Oil of Java.

Tanaman serai wangi hampir bisa ditemukan di seluruh daerah di Indonesia. Diketahui juga, penghasil utama minyak serai wangi asal Indonesia yaitu Aceh, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Total produski minyak serai wangi dari ke-3 provinsi itu pernah mencapai lebih dari 95% dari total produksi nasional.

Selain ketiga daerah tersebut, daerah lain yang menghasilkan minyak serai wangi adalah Sumatera Selatan, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

5.Kayu Manis

Minyak kayu manis mengandung minyak atsiri dengan rendemen kisaran 0.3 hingga 1%. Rendemen tergantung dari kelas kayumanis yang akan disuling. Kayumanis adalah salah satu minyak atsiri yang memiliki berat jenis lebih berat dari pada air, sehingga minyak yang dihasilkan terdapat dibawah air. minyak berwarna kuning hingga merah kecoklatan.

Penyulingan dengan metode rebus (Hydrodistilasi) minyak akan cendrung berwarna kuning, disebabkan suhu yang dibutuhkan sebatas suhu air mendidih, sedangkan pada penggunaan metode kukus dan uap bertekanan warna minyak akan cendrung berwarna coklat kemerahan.

Perlu kalian ketahui para penyuling bahwa kayumanis yang terkena uap panas akan menimbulkan lendir (Fiber) pada permukaan kayumanis, sehingga uap akan membutuhkan tenaga lebih untuk mendorong minyak yang terdapat pada bahan yang disuling dan penyulingan tersebut bisa dilakukan menggunakan alat destilasi minyak atsiri. Disarankan untuk menyuling kayu manis cassia, ini diperlukan untuk memanaskan bahan sebelum menyuling supaya lendir/fiber nya tidak muncul. Penyulingan dilakukan rentang waktu kisaran 8 hingga 12 jam.

Nah itu dia mengenai penjelasan dan contoh contoh tenntang Sayuran mengandung minyak atsiri. Semoga bermanfaaat bagi kalian sampai jumpa di artikel selanjutnya sekian terimakasih.