Inilah Dia Rahasia Kenikmatan Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak

Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak

Makan ayam bakar di rumah bersama keluarga tidak lengkap rasanya tanpa sambal yang pas dan enak. Resep sambal ayam bakar bumbu rujak ini merupakan salah satu resep khas indonesia yang patut bunda coba sebagai pelengkap masakan ayam bakar.

Ayam bakar dikenal sebagai hidangan maritim Asia Tenggara, khususnya masakan Malaysia atau Indonesia, dibuat dengan ayam bakar arang.

 Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak

Ada banyak resep ayam bakar yang ada di Indonesia, di antaranya Ayam Percik, Ayam Bakar khas Padang dan Ayam Golek dari Malaysia, Bakakak Hayam dari Sunda, Ayam Taliwang Bakar dari Pulau Lombok, dan Rujak Ayam Goreng dari Jawa.

Nah, sebagai alat pelengkapnya ini dia panggangan sosis yang bisa digunakan untuk memanggang makanan apapun selagi papanya cukup untuk menampungnya dijamin bikin ayam bakar kalian makin enak dan gak mudah gosong.

Setetelah sedikit basa-basi tadi marilah kita masuk ke topik pembahasan utama kita yakni resep sambal ayam bakar itu sendri. Yuk simak

Cara Membuat Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak

Bahan – Bahan :

  • Siapkan 50 gr Cabe Besar.
  • Diperlukan 20 gr Cabe Rawit.
  • Diperlukan 4 siung Bawang merah.
  • Dibutuhkan 2 siung Bawang putih.
  • Siapkan 2 buah Tomat ukuran kecil.
  • Siapkan 3 buah Kemiri.
  • Diperlukan 2 lmbr Daun jeruk.
  • Siapkan 1/2 sdt Terasi matang.
  • Siapkan 1 sdt air asam jawa(sesuai selera).
  • Siapkan secukupnya Gula merah.
  • Diperlukan secukupnya Garam.
  • Dibutuhkan secukupnya Gula pasir.
  • Diperlukan secukupnya Penyedap.
  • Siapkan Minyak untuk menggoreng.

 

Cara Membuat Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak :

  1. Pertama-tama panaskan wajan, lalu goreng cabe merah, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, tomat, kemiri sampai 1/2 matang kemudian tiriskan dan haluskan dengan ditambahkan daun jeruk,terasi, gula merah, gula putih,garam dan yang terakhir penyedap..
  2. Goreng kembali sambal yang sdh dihaluskan dengan ditambah air asam jawa aduk~aduk hingga rata,cicipi terlebih dahulu kalau dirasa sudah pas rasanya angkat dan sajikan…..

 

Tips Sambal Agar Semakin Enak

1. Rasanya tajam

“Namanya sambal, yang harus panas. Kalau tidak panas tidak bisa disebut sambal. Jadi yang terpenting kuahnya,” kata Chef Agus. Yang bikin pedas bukan kulit cabainya, tapi bijinya. Chef Agus mengatakan saat Anda menggiling cabai pastikan bijinya juga dihaluskan dengan benar untuk cita rasa yang sempurna.

2. Giling, jangan camprkan

Agar lebih mudah, orang sering menggunakan blender untuk membuat sambal. Nyatanya, cara ini bisa mengurangi kenikmatan bahkan rasa pedas dari sambal itu sendiri. Agus menyarankan jika waktu masaknya banyak dan ingin sambal terasa lebih enak, uleni, jangan diaduk.

“Karena kalau diaduk biasanya tambah lebih banyak cairan, air, minyak, rasanya jadi kurang menyengat. Tapi kalau dihaluskan, cairannya berasal dari cabai, bawang merah, bawang putih tidak terasa pedas. Dikurangi,” tuturnya. kata Kepala Agus.

Manfaat lain dari pencacahan dengan lesung dan lesung adalah gesekan yang lebih alami terhadap biji cabai. “Memang ada gesekan saat mengaduk, tapi ini mesin yang membuatnya tidak wajar,” kata pria kelahiran Marabahan, Kalimantan Selatan ini.

3. Gunakan coeg dan kayu

Sambil menguleni, Chef Agus menyarankan untuk menyilangkan biji dan kayu. “Untuk lumpang batu sebaiknya lumpang kayu dan sebaliknya. Bila lumpang batu menggunakan lumpang batu, gesekan menyebabkan bisul mengikis dan mengikis butiran batunya. Ini berakibat buruk pada mulut dan tidak baik untuk kesehatan ”ujar Agus.

Sementara itu, penggunaan alu dan lesung kayu juga kurang baik, lanjut Agus. Alasannya, tekanan pada kayu tidak cukup konstan sehingga merusak bahan cabai. Makanya itu terlintas, kata Agus.

4. Cabai mentah atau dimasak?

Agus menjelaskan, olahan cabai sebelumnya seperti yang digoreng, direbus, dikukus, atau mentah tidak terlalu memengaruhi rasa sambal. Proses ini lebih agar kuahnya awet atau bisa dikonsumsi berhari-hari.

Meski demikian, Agus mengakui, cabai mentah yang dihaluskan langsung memberikan rasa yang lebih segar dibanding yang dimasak pertama. Agus mengingatkan sambal yang berasal dari cabai mentah harus segera dikonsumsi dan tidak dibiarkan terlalu lama.

Sementara bahan lain untuk membuat sambal seperti bawang merah, bawang putih, dan tomat harus dimasak terlebih dahulu. “Karena jika masih mentah baunya jadi tak enak, jadi harus dimasak dan terasi dapat di-roasting,” kata Agus.

5. Penggunaan gula

Meski pedas, selain gula pasir, gula juga harus digunakan untuk sambal. Pada sambal, gula berperan sebagai pengawet sekaligus penyeimbang dan penambah rasa. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam penggunaannya agar sambal tersebut tidak berubah menjadi manis dan tidak pantas disebut sambal.

“Dosis biasa garam dua kali lipat. Setengah sendok teh garam dua kali lipat gula,” kata Agus. Agus mengatakan gula putih lebih baik dari gula merah. Karena rasanya lebih manis, Anda tidak perlu menambahkan banyak gula.

Nah, itu dia resep buat Sambal Ayam Bakar Bumbu Rujak beserta tipsnya. Jika kalian ingin mengetahui penjelasan lengkapnya kalian bisa kunjungi Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak Dijamin Enak dan Renyah!!!. Dan jika kalian membuat resep yang lainnya silahkan kunjungi juga Inilah Rahasia Enak Bumbu Masak Kerang Saus Tiram . Selamat Memasak