Roti Unyil Isi Keju yang Bisa di Jadikan Bekal Si Kecil

Ada banyak macam resep membuat roti, tapi kali ini saya akan memberikan kalian sebuah resep roti unyil isi keju yang dapat di jadikan bekal  si kecil. Yuk kita simak!!

Roti unyil isi keju termasuk salah satu jenis roti yang banyak dilirik karena citasanya yang nikmat dan bentuk nya menggemaskan. Roti unyil tidak hanya nikmat untuk camilan, tapi juga bisa menjadi bekal sehat anak sekolah atau suami bekerja, bahkan bisa juga menjadi bekal piknik.

Walaupun banyak toko roti yang menjual produk roti unyil isi keju ini, tetapi bikin sendiri pasti bakal jauh lebih hemat dan mengenyangkan. Apalagi jika kita bikin sendiri maka artinya kita bebas membuat roti unyil dengan isian yang bermacam-macam.
Membuat roti unyil sendiri dapat dikatakan sangat mudah dan praktis, sehingga sangat cocok dipraktekkan sendiri di rumah. Jika Anda termasuk penggemar roti unyil, coba yuk resep dan cara membuat roti unyil isi keju, berikut ini.

Roti Unyil Isi Keju

Roti sobek menjadi suatu makanan yang bisa dipilih ketika kamu sedang bersantai. Jika ingin mencicipi roti sobek yang enak dan bertekstur lembut, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Di saat  perut sudah terasa lapar, roti dapat menjadi alternatif makanan yang bisa mengenyangkan perut. Apalagi roti yang dipilih memiliki isian cokelat. Rasanya manis dan disukai oleh siapa saja.

Roti unyil isi keju

Bahan-bahan yang butuhkan memang sedikit banyak, tapi tenang bahan tersebut masih dapat di pakai untuk esok hari. Irit bukan?

Bahan:

  • 150 gram tepung segitiga biru (protein sedang)
  • 350 gram tepung cakra kembar (protein tinggi)
  • 3 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 100 gram butter
  • 5 gram garam halus
  • 125 gram gula pasir
  • 75 ml susu cair dingin
  • 150 ml air es
  • 10 gram fermipan (ragi instan)
  • 16 gram susu bubuk

Bahan Isi:

  • Keju,bentuk potongan dadu sekitar 2 cm (cheddar atau mozarela sesuai selera anda

jika bahannya telah siap, yuk kita simak cara bikinnya dengan seksama!

Cara membuat:

  1. Sediakan wadah yang agak besar, campurkan semua bahan selain butter dan garam. Saat mencampur, takaran air bisa dikurangi atau ditambahkan menyesuaikan dengan keadaan adonan. Campur semua bahan dengan mixer hingga kalis merata.
  2. Setelah adonan kalis, tambahkan butter bersama garam dan mixer kembali jingga adonan kalis dan elastis.
  3. Diamkan adonan sekitar 1 jam sampai mengembang. Tutupi wadah adonan menggunakan kain basah atau plastik kedap udara agar proses pengembangan adonan berjalan optimal.
  4. Setelah sekitar 1 jam, buka tutup adonan lalu kempiskan adonan dengan cara dipukul-pukul mengggunakan tangan. Kemudian bagi-bagi adonan dan buat per satuan beratnya hanya 15 gram, lalu gilas.
  5. Bentuk adonan sesuai selera dan beri isian yang kalian inginkan, diamkan lagi selama 1 jam sampai mengembang dua kali lipat.
  6. Setelah didiamkan lalu tambahkan olesan kuning telur dan beri taburan Roti toping sesuai selera (bisa wijen, oregano maupun keju).
  7. Kemudian, panggang adonan menggunakan oven yang telah dipanaskan sebelumnya. Panggang dengan suhu 190 derajat dan langsung angkat saja jika telah berubah menjadi kuning kecoklatan.
  8. Roti unyil Isi Keju siap disajikan

Demikian informasi dari saya mengenai cara membuat roti unyil isi keju yang bisa para ibu buat di rumah untuk camilan keluarga anda. Kalau bisa membuat nya sendiri kenapa harus beli atau mom mau membuat roti pizza mie juga tidak kalah enak nya kok. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.