Resep Ayam Bakar Madu Dengan Bahan Sederhana

resep ayam bakar madu

Kita sudah tak asing lagi dengan ayam bakar madu. Siapa yang tak tahu keenakan resep ayam bakar madu. Kelezata ayam bakar madu dengan perpaduan madu dan berbagai bumbu serta rempah ini lahir dari kesederhanaan masyarakat pribumi. Kita seharusnya patut berbangga, resep ayam bakar menjadi warisan kuliner yang lezat dan seharusnya layak mendunia

Ada resep khusus untuk membuat ayam bakar madu dengan sempurna. Kelezatan ayam bakar nusantara terkenal karena hasil ungkep dan marinasi dari perpaduan bumbu dan rempah. Dan mungkin hanya kita yang memiliki cara pembakaran yang unik, yang membuat cita rasa ayam bakar semakin lezat. Selain membahas tentang cara buat bubur sumsum saya juga akan membahas ayam bakar madu.

Resep Ayam Bakar Madu

Resep ayam bakar madu adalah olahan ayam yang dibakar dengan menggunakan bumbu madu. Madu menghasilkan rasa yang unik yaitu campuran antara rasa manis dan gurih.

Bahan-Bahan :

  • Ayam bagian sayap 2/4 bagian
  • Daun salam 1 lembar
  • Daun jeruk 1 lembar
  • Serai 1 batang
  • Lengkuas 1 ruas
  • Kecap manis secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • Madu 2 sendok makan

Bumbu Ayam Bakar Madu Yang Dihaluskan :

  • Bawang merah 3 butir
  • Bawang putih 1 butir
  • Garam, mentega dan air secukupnya.

Cara Membuat Ayam Bakar Madu :

  1. Cuci ayam dan rebus bersama dengan bumbu-bumbu halus.
  2. Selanjudnya tambahkan kecap manis, sereh, daun salam, daun jeruk, madu, lengkuas yang sudah digeprek. Lalu rebus sampai air surut.
  3. Siapkan teflon serta olesi mentega. Biarkan sampai mentega meleleh kemudian masukkan ayam dan bakar ayam sesuai keinginan.
  4. Biar makin mantap, hidangkan ayam bakar madu dengan nasi hangat serta terasi dan lapan.

Tips Ayam Bakar Agar Matang dengan Sempurna

  1. Pertama-tama, pastikan daging ayam telah berada dalam keadaan tidak beku. Daging yang baru dikeluarkan dari freezer atau kulkas membutuhkan waktu lebih lama untuk matang secara merata. Akibatnya, walapun bagian luarnya telah matang, bagian dalam  ayam belum cukup matang. Jika dimasak terlalu lama ayam tentu akan menjadi gosong.
  2. Sebelum dibakar, ayam lebih dulu  diungkep bersama bumbu dengan api kecil hingga matang secara merata. Biasanya ayam negri membutuhkan waktu ungkep sekitar 45 menit, sedangkan ayam kampung membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Setelah mencegah ayam gosong karena dimasak terlalu lama, oteknik unu juga membutuhkan  bumbu yang lebih meresap.
  3. Idealnya ayam bakar tak perlu dimasak terlalu lama. Beberapa bahan yang sering ditemui dalam bumbu ayam bakar antara lain madu dan kecap. Langkah -pengungkepan yang telah dibahas dalam point sebelumnya juga membantu ayam cepat matang tanpa dinbakar terlalu lama.
  4. Gunakan api sedang saat membakar ayam. Hindari ayam dengan api berkobar karena dapat membuat ayam mudah gosong atau tidak matang merata. Memanggang ayam dengan oven atau panggangan listrik juga bisa jadi  pilihan lain untukn mendapatkan ayam bakar yang matang merata.
  5. Bila dibakar dengan panggangan arang, pastikan ada jarak cukup antara ayam dan arang  ini jugan untuk menghindari ayam jadi gosong karena terkena arang.

Kandungan Gizi Pada Ayam

  • Berat Badan

Diet dengan kandungan protein yang tinggi telah diketahui efektif mengurangi berad badan, dan ayam menyediakan kandungan protein yang sangat tinggi. Studi dan percoban telah menunjukkan bahwa kontro. berat badan melebihi standar banyak ditemukan pada orang-orang yang makan ayam.

  • Kontrol Tekanan Darah

Mengonsumsi ayam juga sangat berguna dalam mengontrol tekanan darah pada tubuh. Hal ini diamati pada orang dengan gangguan hipertensi. Meskipun begitu, diet juga harus dibantu dengan mengkonsumsi makanan yang terdiri terdiri dari kacang-kacangan, produk diet rendah lemak dengan sayuran dan buah-buahan.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Studi telah menemukan bahwa pada pemakan non-vegetaian, konsusmsi daging merah, daging babi/ham yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Sedangkan pada ayam dan ikan, risiko mengembangkan kanker kolorktal akan ditirunkan di kemudian hari. Penelitian menunjukkan bahwa makan daging ayam menempatkan risiko yang lebih rendah, daripada imakan daging merah,meskipun bukti-bukti yang ada tidak terlalu meyakinkan.

Jadi, itulah resep ayam bakar madu. Gimana? Gampang bukan?. Selamat mencoba dirumah.