Resep Wedang Jahe Bakar yang Menyegarkan dan Kaya Akan Manfaat!!

Resep Wedang Jahe Bakar

Pada Kesempatan kali ini saya akan membuat resep wedang jahe bakar, sedikit tentang pengertiannya dan juga manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga ada cara membuat teh poci rasa lemon yang tentunya juga nikmat tidak kalah sama resep wedang jahe

Wedang jahe adalah hidangan minuman sari jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur, Indonesia yang umumnya disajikan hangat atau panas. Wedang jahe juga kadang disebut sebagai teh jahe, meskipun sama sekali tidak mengandung daun teh.

Minuman yang sati ini adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”. Walaupun tanpa kandungan kafeina, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh. Minuman ini dibuat dari irisan jahe segar, gula jawa atau gula batu yang dicampur ke dalam air panas.

Selain menggunakan jahe segar, masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe bubuk sebagai bahan umum di resep tradisional mereka. Terkadang rempah-rempah seperti daun pandan, batang sereh, cengkih dan/atau kayu manis ditambahkan untuk menambah aroma. Susu segar atau susu kental manis juga dapat ditambahkan.

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

ahe diperkirakan berasal dari India. Namun, ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah.

Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

1. Resep Wedang Jahe Bakar

Resep Wedang Jahe Bakar

Bahan-bahan

  • 3 ruas jahe bakar
  • 2 ujung jari kayu manis
  • 1 gelas kolang Kaling (yg sudah direbus buang airnya)
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 _2 SDM madu
  • Air 5 gelas belimbing sedang

Cara Membuat

  1. Rebus air dalam panci sampai mendidih,masukan kayu manis,jahe bakar,gula pasir biarkan mendidih,saring
  2. Taruh di gelas masukan kolang Kaling,madu sedikit,aduk”
  3. Wedang jahe bakar sudah bisa dinikmati,insha Allah dibadan seger enteng, sedikit berkurang meriang dibadan.

Manfaat Wedang Jahe untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Jahe yang diolah menjadi minuman dapat memberikan manfaat besar pada tubuh. Berikut manfaat wedang jahe untuk kesehatan.

1. Mengurangi peradangan

Manfaat wedang jahe ternyata juga yang pertama mampu mengurangi peradangan pada persendian. Kandungan anti-inflamasinya juga mampu mengurangi dampak rheumatoid arthritis atau penyakit rematik secara perlahan-lahan.

Orang tua yang sudah berusia 40-60 tahun dan sedang memiliki gangguan ini disarankan untuk mengonsumsi wedang jahe sehari sekali.

2. Menetralkan mual

Saat sedang berada di perjalanan atau kondisi badan sedang tidak fit, tubuh juga kerap mengalami mual yang susah dihentikan. Untuk mengatasi mual yang cukup parah ini, anda disarankan untuk mengonsumsi wedang jahe. Manfaat wedang dapat mengurangi mual dan rasa hanya di perut akan membuat Anda cepat tidur.

3. Melancarkan sistem pernapasan

Saat sedang mengalami flu atau batuk, khasiat wedang jahe bisa digunakan untuk meredakan sakit itu. Pilek atau batuk bisa dikurangi sehingga Anda tetap bisa melakukan aktivitas harian dengan tenang.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Jahe dibuat menjadi minuman yang akan memberikan kandungan mineral, asam amino, dan protein. Manfaat wedang jahe juga dapat melancarkan peredaran darah, karena kandungan tersebut  akan masuk ke dalam pembuluh darah.

Saat darah mampu mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke ternyata bisa menurun.