Resep Sate Tahu Tempe yang Nikmat Lezat dan Muaknyus

Resep Sate Tahu Tempe

Tahu adalah suatu bahan utama yang sering digunakan ibu-ibu dapur untuk membuat sajian yang cukup nikmat. Ada banyak sekali olahan makanan berbahan dasar tahu seperti rese sate tahu tempe, resep tahu bakso mercon, tahu krispi,dan lain sebagainya.

Namun saya tidak memberikan resep itu semua, melainkan saya akan berbagi cara membuat sate tahu. Sate tahu merupakan makanan khas pula Jawa yang telah sangat populer dan sudah menyebar ke mana-mana. Makanan ini mempunyai rasa yang sangat gurih, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Sate tahu bisa kamu jadikan untuk menu harian kamu sebagai lauk pauk atau juga  camilan nikmat. Sama hal nya sate ayam atau pun sate kambing, sate tahu pun dicampurkan dengan sambal kacang, hal tersebut bermaksud untuk menghasilkan rasa yang lebih nikmat.

Cara membut sate tahu sangat gampang sekali, kalau kamu masih belum tau caranya, silahkan simak ulasan berikut.

Resep Sate Tahu Tempe

Sate tahu dan tempe mempunyai rasa yang tidak kalah enak dengan sate daging pada umumnya, karena bahan lainya sama saja dalam membuat sate, cuma bahan dasarnya saja yang diganti.Yuk langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat sate tahu dan tempe yang lezat :

Resep Sate Tahu Tempe

Bahan-bahan:

  • 2 potong tahu ukuran sedang
  • 1 potong tempe
  • 100 gram bawang merah
  • 70 gram bawang putih
  • 70 gram cabe merah
  • 50 gram kemiri
  • Ketumbar secukupnya
  • Daun jeruk secukupnya
  • Serai secukupnya
  • Minyak (untuk menumis)
  • Santan secukupnya
  • 8 tusuk sate
  • 1 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Potong tahu dan tempe persegi dengan ukuran -/+ 2 ½ cm.
  2. Blender bawang merah, bawang putih, cabe merah dan kemiri.
  3. Panaskan minyak, tambahkan daun jeruk, serai dan bumbu yang dihaluskan tadi, masak hingga matang. Kemudian tambahkan santan.
  4. Berikan tahu dan tempe, masak hingga tahu dan tempe matang, bumbui dengan garam.
  5. Jika sudah matang, dinginkan, tusuk secara bergantian (satu tusuk isi 3 potong tahu dan 3 potong tempe).
  6. Taruh ke dalam piring.
  7. Siram dengan bumbu yang dimasak tadi, sajikan selagi hangat.

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan:

1. Mencegah penyakit jantung

Proetin kedelai yang terkandung pada tahu bisa membantu menurunkan LDL  (kolesterol buruk) tanpa menurunkan HDL(kolesterol baik), yang mengakibatkan penurunan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan produksi energi

Tahu adalah sumber makanan yang sangat banyak akan zat besi, yang memberikan 30% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk zat besi dalam 100 gram.

Zat besi yang terdapat di dalam tahu terutama di pakai untuk bagian dari hemoglobin yang dibutuhkan dalam ransportasi dan pelepasan oksigen ke semua tubuh mempromosikan produksi energi.

3. Mencegah Kanker Payudara

Zat isoflavone sangat berfungsi dalam meningkatkan manfaat tahu bagi tubuh, kandungan zat ini bisa mencegah terjadinya gangguan menopause pada tubuh.

Seperti hot flashes atau perasaan tak enak dengan wajah dan kulit yang merah dan berkeringat terlalu banyak sekitar 30 detik sampai 5 menit.

4. Membuat rambut tumbuh sehat

Keratin adalah jenis protein yang merupakan suatu komponen penting yang membentuk rambut. Tahu sendiri adalah salah satu sumber protein.

Gemar makan tahu bisa memenuhi asupan keratin untuk rambut. Sehingga tahu sungguh baik bagi pertumbuhan rambut yang sehat.

Demikian resep sate tahu tempe yang nikmat lezat dan muaknyus, tapi jangan mengonsumsi terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik.

Kalau bisa membuat nya sendiri kenapa harus beli, jika buat sendiri pun bisa kalian atur sesuai selara yang anda inginkan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.