Resep Roti Tawar Semangka yang Cantik dan Sangat Lezat

Resep Roti Tawar Semangka

Setelah saya membuat resep tentang cara bikin roti tawar yang empuk dan lembut, kali ini saya akan memberikan olahan roti tawar lain nya yaitu resep roti tawar semangka yang cantik dan sangat lezat. Yuk kita simak ulasan berikut!

Roti tawar adalah camilan favorit untuk di jadikan sebagai menu sarapan. Tekstur nya yang empuk dan juga lembut membuat orang-orang menyukai roti tawar. Apalagi saat dipadukan padukan dengan selai. Kandungan roti tawar terdapat serat, karbohidrat, dan protein yang tinggi.

Di saat membuat roti tawar, tepung yang pakai biasanya tepung terigu atau tepung gandum. Begitu juga dengan roti tawar semangka, di sini kandungan nya akan lebih banyak dibandingkan roti tawar lainnya.

Roti tawar semangka saat ini memang mudah didapatkan. Di setiap toko bahan makanan pasti menjual roti tawar. Namun sesekali tidak ada salahnya lho membuat roti tawar sendiri di rumah. Dengan resep cara buat roti tawar semangka yang benar dijamin deh hasilnya pasti lembut dan enak, nggak kalah dari produksi pabrikan

Resep Roti Tawar Semangka

Resep Roti Tawar Semangka

Bahan:

  • 260 gr tepung terigu protein tinggi
  • 10 gr susu bubuk
  • 35 gr mentega
  • 40 gr gula pasir
  • 1 butir telur utuh, kocok lepas
  • 100 ml susu cair
  • 4 gr ragi instan
  • pewarna makanan merah, hijau secukupnya
  • 1-2 sdm kismis

Cara Membuat:

  1. Campur tepung, ragi, gula, susu bubuk, aduk rata. Masukkan telur,lalu mixer sebentar, tambahkan susu cair mixer sampai setengah kalis
  2. Kemudian masukkan mentega dan mixer lagi hingga adonan kalis elastis
  3. Buat adonan menjadi 2 bagian, satu bagian berikan pewarna merah, yang satu bagian lagi dibagi 2
  4. Adonan yang satu berikan pewarna hijau, yang satunya lagi biarkan tidak di beri warna dan yang setengah berikan pewarna merah
  5. Campur pewarna pada adonan, uleni dengan tangan saja, tambahkan kismis ke adonan berwarna merah sebagai bijinya
  6. Diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat
  7. Gilas adonan merah hingga memanjang, gulung
  8. Adonan putih gilas memanjang letakan adonan merah, bungkus
  9. Terakhir adonan hijau, gilas memanjang, taruh kembali adonan tadi dan bungkus lagi
  10. Diamkan diloyang yang sudah dioles dengan mentega, biarkan mengembang dua kali lipat
  11. Panaskan oven 180 derajat
  12. Panggang roti selama 15-20 menit hingga matang
  13. Angkat dan olesi langsung permukaannya dengan mentega.

Manfaat Roti Tawar

1.Sebagai penambah energi

Energi yang di dapatkan tubuh dengan memakan roti tawar dilihat dari berapa jumlah lapis roti tawar yang di konsumsi pada saat itu.

2. Mengandung serat

Ternyata roti tawar juga memiliki serat didalamnya. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga sistem pencernaan menjadi sehat.

Makanan yang mempunyai serat selai dari roti tawar adalah buah dan sayuran. Jadi mengonsumsi roti tawar tidak hanya sebagai penambah energi tetapi bisa juga memenuhi kebutuhan sistem pencernaan akan serat harian.

3. Baik untuk tulang

Tulang berguna untuk penopang tubuh sehingga rangka manusia menjadi tegak dengan baik. Tapi di sisi lain tulang juga dapat mengalami keropos kalau tidak mempunyai nutrisi yang cukup. Tulang memerlukan nutrisi seperti kalsium yang terbukti baik guna  menjaga kepadatan tulang.

Demikian resep roti tawar semangka yang cantik dan sngat lezat. Eh tapi roti pizza mie juga tidak kalah enak lhoo, cara membuat nya juga mudah dan praktis, Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.