Resep Roti Tawar Panggang yang Sehat dan Bikin Anda Ngiler!!!

Resep Roti Tawar Panggang

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang resep roti tawar panggang, sedikit tetang pengertianya dan juga manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga ada cara membuat teh poci lemon yang sangat menyegarkan dan juga cocok untuk menemani anda sembari memakan roti panggang.

Roti panggang (bahasa Inggris: toast) merujuk kepada kepingan roti yang dibakar atau dipanggang dengan proses radiasi termal sehingga roti menjadi lebih kecoklatan dan garing.

Warna kecoklatan adalah hasil dari reaksi. Maillard mengubah rasa roti dan membuatnya lebih kering sehingga lebih mudah untuk menaburkan topping di atasnya. Memanggang roti adalah metode umum untuk membuat roti basi menjadi lebih enak.

Roti sering dipanggang menggunakan toaster atau pemanggang roti, tetapi oven juga bisa digunakan. Meskipun banyak jenis roti yang dapat dipanggang, yang paling umum digunakan adalah “roti iris”, mengacu pada roti yang sudah diiris dan dikemas saat dibeli dan mungkin berwarna putih, coklat, multigrain, dan lain-lain.

Roti panggang umumnya dimakan dengan olesan mentega atau margarin, dan bahan olesan dengan rasa dasar manis, contohnya selai atau jelly. Di beberapa wilayah, ada juga yang menggunakan olesan dengan rasa gurih seperti selai kacang dan ekstrak ragi yang juga populer.

Ketika dioles mentega, roti panggang juga dapat disajikan sebagai pendamping hidangan gurih, terutama sup atau semur, atau ditaburi atasnya dengan bahan-bahan yang lebih sehat seperti telur atau kacang panggang sebagai makanan ringan. Roti panggang adalah menu sarapan umum.

Sementara jenis roti iris paling umum, seperti bagel dan muffin Inggris juga dipanggang. Studi ilmiah pada awal 2000-an menemukan bahwa roti panggang mungkin mengandung karsinogen yang disebabkan oleh proses pencoklatan.

1. Resep Roti Tawar Panggang

Resep Roti Tawar Panggang

Bahan-bahan

  • 6 lbr roti tawar
  • 2 butir telur
  • 40 gr gula pasir
  • 250 ml susu cair
  • 20 gr margarine
  • 1/2 sdt vanili

Cara Membuat

  1. Siapkan bahan-bahannya.
  2. Potong-potong roti tawar, susun di loyan 10×20 cm yg sudah dioles margarine.
  3. Kocok gula pasir, telur dan vanilli bubuk dengan whisk hingga gula larut saja.
  4. Masak diatas kompor susu cair dan margarine hingga larut. Matikan api kompor.
  5. Masukkan larutan telur dalam larutan susu hingga tercampur rata.
  6. Tuang merata pada loyang berisi potongan roti.
  7. Beri parutan keju diatasnya. Dan taburan kismis.
  8. Lalu panggang dioven selama 25-30 menit dengan api sedang (tergantung oven masing-masing).
  9. Jika sudah kecoklatan dapat diangkat.
  10. Dinginkan, potong-potong dan sajikan.

Manfaat Roti Panggang Untuk Kesehatan Tubuh

Roti panggang kerap dijadikan sebagai sarapan lantaran pengolahannya yang praktis dan tidak memakan banyak waktu. Maka tak heran jika banyak orang menyukai jenis roti yang satu ini.

Pengolahan roti panggang bisa dipadukan dengan bahan lainnya. Misalnya ditambah dengan selai, margarin, susu, keju, atau ditambah dengan telur dan sayuran agar menjadi roti panggang sandwich.

1. Meningkatkan energi di dalam tubuh

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam roti panggang bisa meningkatkan energi pada tubuh. Dengan mengonsumsi roti tawar yang dipanggang saat sarapan akan membuat perut terasa kenyang. Sehingga kamu tidak merasa lapar sampai siang.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut tentu kamu perlu mengonsumsi roti panggang lebih dari satu. Hal itu untuk mencegah rasa lapar yang tiba-tiba.

2. Bisa sebagai obat bagi penderita diare

Manfaat lain dari mengonsumsi roti panggang yaitu bisa sebagai obat bagi penderita diare. Sebab roti panggang dianggap bisa memadatkan tinja dan lebih mudah dicerna oleh lambung. Dengan begitu diare yang kamu rasakan perlahan akan sembuh.