Resep Roti Pisang Bakar yang Cocok Untuk Sarapan

Kali ini saya akan membuat artikel tentang resep roti pisang bakar, sedikit tentang pengertianya dan juga manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu ada juga resep untuk membuat teh tarik malaysia yang cocok untuk menemani anda sambil memakan roti pisang bakar

Roti panggang (bahasa Inggris: toast) merujuk kepada kepingan roti yang dibakar atau dipanggang. Dengan proses radiasi termal sehingga roti menjadi lebih kecoklatan dan garing.

Warna kecoklatan adalah hasil dari reaksi Maillard. mengubah rasa roti dan membuatnya lebih kering sehingga lebih mudah untuk menaburkan topping di atasnya. Memanggang roti adalah metode umum untuk membuat roti basi menjadi lebih enak.

Roti sering dipanggang menggunakan toaster atau pemanggang roti, tetapi oven juga bisa digunakan. Meskipun banyak jenis roti yang dapat dipanggang. yang paling umum digunakan adalah “roti iris”, mengacu pada roti yang sudah diiris dan dikemas saat dibeli dan mungkin berwarna putih, coklat, multigrain, dan lain-lain.

Roti panggang umumnya dimakan dengan olesan mentega atau margarin, dan bahan olesan dengan rasa dasar manis, contohnya selai atau jelly. Di beberapa wilayah, ada juga yang menggunakan olesan dengan rasa gurih seperti selai kacang dan ekstrak ragi yang juga populer.

Ketika dioles mentega, roti panggang juga dapat disajikan sebagai pendamping hidangan gurih, terutama sup atau semur, atau ditaburi atasnya dengan bahan-bahan yang lebih sehat seperti telur atau kacang panggang sebagai makanan ringan. Roti panggang adalah menu sarapan umum.

Sementara jenis roti iris paling umum, seperti bagel dan muffin Inggris juga dipanggang. Studi ilmiah pada awal 2000-an menemukan bahwa roti panggang mungkin mengandung karsinogen yang disebabkan oleh proses pencoklatan.

1. Resep Roti Pisang Bakar

Resep Roti Pisang Bakar

Bahan-bahan

  • 6 lembar roti tawar
  • 1 Pisang kepok
  • Margarin untuk olesan
  • Dark Cooking Chocolate

Cara Membuat

  1. Siapkan bahan, oles roti tawar dengan margarin, potong-potong pisang dan coklat
  2. Ambil 1 lembar roti tawar yg sudah di olesi mentega atau margarin. kemudian isi dengan coklat tambahkan potongan pisang, tambahkan lagi potongam coklat nya,
  3. kemudian tutup dengan 1 lembar roti tawar di atasnya
  4. Kemudian ambil gelas, letakkan di atas roti di usahakan isi benar benar ada di tengah.
  5. lalu tekan sambil di putar pelan- pelan gelasnya sampai tercetak berbentuk bulat,
  6. Panaskan teflon yang sudah diolesi margarin.
  7. panggang roti sampai kering dan kecoklatan,
  8. angkat dan sajikan…di makan hangat-hangat… kriuk di luar tapi dalamnya lumer coklatnya

Manfaat Roti Bakar Untuk Kesehatan Tubuh

Anda suka sarapan roti panggang? Jika ada yang bilang makan roti menambah berat badan, tunggu dulu. Ternyata roti panggang selain enak dimakan punya manfaat baik untuk kesehatan.

1. Bagus untuk penderita diabetes

Menurut penelitian yang diterbitkan European Joural of Clinical Nutrition tahun 2018 mengungkapkan indeks glikemik yang lebih rendah ditemukan dalam roti panggang.

Indeks glikemik ini yang menghitung efek makanan terhadap kadar gula dalam darah. Jika Anda rutin mengonsumi setiap hari akan terasa perbedaannya.

2. Menambah energi

Kandungan pati yang baik tanpa indeks glikemik yang tinggi membuat roti panggang baik untuk dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan tambahan energi baik dari kandungan pati dalam roti panggang.

3. Menyembuhkan diare

Makan roti panggang diklaim bisa memadatkan tinja sehingga secara perlahan menyembuhkan diare. Selain konsumsi roti panggang, makan apel dan pisang juga bisa bantu sembuhkan diare.

4. Mengusir mual

Bingung mengusir rasa mual yang melanda, Anda bisa makan roti panggang yang sudah diolesi mentega ditambah susu untuk mengatasinya. Cara ini belum banyak diketahui orang tapi ternyata efektif untuk menghilangkan mual-mual.