Resep Pindang Tongkol Bumbu Kuning Enak Parah

resep pindang tongkol bumbu kuning

Tongkol

Tongkol merupakan ikan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan banyak dijual di pasar tradisional. Ikan ini masih satu famili dengan ikan tuna yakni famili scrombidae. Ikan tongkol dapat dioleh menjadi berbagai menu makanan yang cocok untuk hidangan keluarga, nah pada artikel kali ini akan membahas resep pindang tongkol bumbu kuning, tapi sebelum memasak pastikan memilih ikan tongkol yang segar. Bagaimana sih ciri ikan tongkol yang masih segar? Berikut ciri cirinya.

 

Ciri ciri ikan tongkol yang segar

resep pindang tongkol bumbu kuning

1. Bau ikan

Ciri yang pertama adalah bau ikan. Bau pada ikan pada umumnya bau amis tetapi ikan yang masih segar memiliki bau amis yang khas bau ikan. Berbeda dengan ikan yang diawetkan menggunakan formalin, biasanya memiliki bau amis yang cenderung ke tengik atau seperti bau obat. Ikan dengan formalin juga memiliki ciri seperti sedikit lalat yang hinggap di badan ikan.

2. Insang ikan

Ciri yang selanjutnya adalah insang ikan. Insang ikan tongkol yang masih segar memilii warna merah dan keset atau tidak berair. Tetapi jika insang mulai terlihat merah keabu abuan serta berair atau berlendir maka ikan tongkol sudah tidak segar.

3. Kondisi daging

Selanjutnya adalah kondisi daging. Daging ikan tongkol yang masih segar berbeda dengan daging tongol yang mulai membusuk, teksturnya kenyal tetapi tidak empuk. Teksturnya ikan tongkol yang masih segar kurang lebih seperti tahu. Jika daging tongkol sudah mulai empuk dan benyek menandakan bahwa ikan sudah tidak segar dan tidak baik untuk di konsumsi.

4. Sisik dan sirip

Ikan tongkol yang masih segar memiliki sisik dan sirip yang menempel dengan kuat dan tidak lepas dengan sendirinya. Pada umumnya pedangang akan mengupas dengan pisau agar sisiknya tida menusuk kulit. Bagian siripnya juga sedikit tajam dan kencang.

5. Warna

Ciri selanjutnya adalah warna ikan tongkol. Waran tongkol yang masih segar memiliki warna yang cerah, tidak berlendir dan tidak kusam. Apabila warna tongkol mulai gelap menandakan bahwa ikan mengalami pembusukan. Warna ikan tongkol yang masih segar berwarna mengkilap silver.

6. Mata ikan

Bagian mata ikan tongkol yang segar berwarna hitam, putih bening. Sedangan mata ikan tongkol yang sudah tidak segar berwarna abu abu, kuning dan mudah lepas.

Nah diatas itu merupakan ciri ciri ikan yang masih segar ya. Apabila ingin membeli ikan perhatikan ciri ciri diatas. Selanjutnya bagaimana resep pindang tongkol bumbu kuning enak parah? Berikut resepnya.

Resep Pindang Tongkol Bumbu Kuning

Bahan bahan

  1. 4 ekor tongkol potong potong dan buang tulang
  2. 1 butir telur ayam
  3. 3 lembar daun jeruk
  4. 1 ruas jari lengkuas, iris tipis
  5. Cabai rawit merah secukupnya
  6. 3 buah cabai keriting, iris
  7. 2 buah cabai hijau besar, iris
  8. 100 ml air matang
  9. Garam secukupnya
  10. Kaldu bubuk jamur
  11. Minyak sayur
  12. Bumbu yang dihaluskan
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe

Langkah langkah

  1. Balut ikan tongkol dengan kocokan telur hingga rata
  2. Panaskan minyak sayur dan goreng ikan tongkol hingga matang, angkat
  3. Haluskan bumbu lalu tumis dengan minyak sayur hingga harum
  4. Masukkan daun jeruk, lengkuas dan aduk hingga rata dan harum
  5. Setelah di kira harum, masukkan cabai lalu aduk aduk
  6. Tuangkan air dan masukkan garam, gula serta kaldu bubuk jamur, aduk kembali hingga rata hingga mendidih
  7. Setelah mendidih masukkan ikan yang sudah digoreng tadi, aduk hingga rata
  8. Masak hingga kuah kental dan jika rasa sudah pas angkat
  9. Siap untuk disajikan.

Sekian artikel tentang resep pindang tongkol bumbu kuning yang mudah. Semoga bermanfaat. jangan lupa kunjungi artikel lainnya tentang cara masak sotong yang enak.

Terima kasih see uu..