Resep Perkedel Tahu Telur yang Enak, Mudah dan Ekonomis

Perkedel adalah makanan yang pada umumnya dibuat dari bahan dasar kentang, tetapi kali ini kami akan membuat resep perkedel tahu telur yang terbuat dari bahan dasar telur dan tahu yang dihaluskan lalu digoreng.

Untuk cara bikin perkedel tahu pada umumnya di lumuri dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng, proses ini sama dengan membuat perkedel dari bahan kentang rebus.

Resep perkedel tahu telur merupakan jenis makanan yang banyak disukai. meskipun jarngf orang membuatnya, namun yang menkonsumsi makanan ini sangat banyak dengan cara membeli diwarung-warung makan.

Resep Perkedel Tahu Telur

Resep Perkedel Tahu Telur

Bahan:

  • ¼ kg Telur puyuh yang sudah di rebus dan di kupas kulitnya
  • Tahu putih sebanyak 2 kotak
  • Telur sebanyak 1 butir
  • 1 batang Daun bawang yang sudah diiris kecil-kecil
  • Cabe rawit sebanyak 4 buah
  • Bawang merah sebanyak 2 siung
  • Bawang putih sebanyak 1 siung
  • Kemiri sebanyak ½ butir
  • Garam secukupnya
  • Dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat :

  1. Tahu putih di haluskan hingga benar-benar halus. Lalu haluskan bumbu yang telah disiapkan kemudian campur dengan tahu yang sudah di haluskan.
  2. Kalau telah di campur semua, tambahkan dengan bawang dan telur
  3. Aduk semua bahan yang telah di campur hingga rata
  4. Panaskan minyak didalam wajan, letakan telur puyuh kedalam adonan tahu. Bentuk bulat-bulat, kemudian goreng kedalam minyak yang sudah di panaskan
  5. Goreng adonan tahu hingga matang dan warna nya menjadi kuning keemasan. Angkat tahu dan tiriskan.
  6. Cocok jika dinikmati dengan sambal bawang.
  7. Perkedel siap untuk dinikmati

Manfaat mengonsumsi telur

Tidak hanya sebagai sumber protein, telur pun memiliki banyak kandungan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng. Sebab kandungan gizi yang banyak terdapat pada telur inilah, telur banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1. Untuk kesehatan mata

Ternyata telur mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang memiliki peran utama pada kesehatan mata. Ini terutama dibutuhkan bagi orang yang sudah tua, karena terjadi penurunan pada kemampuan penglihatannya. Telur memiliki kandungan antioksidan kuat yang bisa melindungi kesehatan retina mata, sehingga kesehatan mata tetap terjaga walaupun sudah berumur.

2. Untuk kesehatan otak

Telur mengandung kolin, yaitu zat yang sangat di butuhkan dan biasanya dikelompokkan dalam vitamin B. Kolin bisa membantu melindungi kesehatan otak karena diperlukan untuk membangun membran sel dan membantu produksi molekul sinyal dalam otak.

3. Mengandung asam amino penting dalam jumlah cukup

Asam amino merupakan senyawa penyusun protein, yang sangat dibutuhkan untuk segala bentuk perkembangan sel-sel yang terjadi dalam tubuh, baik yang bekerja untuk tujuan struktural maupun fungsional.

Kandungan protein yang terdapat pada telur bisa menambah massa otot dan membantu kerja otot. Telur besar satu butir mengandung 6 gram protein, yang terdiri dari asam amino penting dalam jumlah yang pas dengan yang diperlukan tubuh.

Demikian resep perkedel tahu telur yang enak, mudah dan ekonomis. Bagaimana sangat mudahkan pembuatan perkedel tahu telur yang kami sajikan ini, sehingga kamu juga dapat membuat sajian ini dengan sangat istimewa.

Silahkan anda sajikan perkedel ini sebagai lauk makan atau cemilan waktu senggang anda, bahkan tidak hanya perkedel tahu saja olahan tahu crispy sambal matah pun sangat enak bila di jadikan sajian untuk makanan keluarga. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.