Resep Nugget Ayam sayur yang Menyehatkan Gurih dan lezat

resep nugget ayam

Bahan Bahan Resep Nuget Ayam :

  • 500 gr dada ayam (dagingnya saja) cuci bersih
  • 3 sdm tepung panir
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka/kanji
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt royco ayam (jika suka)
  • 2 butir telur ayam

Bahan Pencelup Resep nugget Ayam:

  • 4 sdm terigu
  • Secukupnya air dan garam

Bahan Pelapis Resep Nugget Ayam :

  • Secukupnya tepung panir kasar

Langkah Membuat Resep Nugget Ayam :

  1. Potong kecil-kecil daging ayam
  2. Blender daging ayam dengan telur sampai halus sesuai dengan perkiraan anda masing masing
  3. Tuangkan hasil blenderan ke dalam wadah, kemudian masukkan terigu, panir, kanji, bawang putih, garam, merica, dan royco
  4. Aduk rata hingga menjadi adonan seperti dibawah ini
  5. Kemudian masukkan adonan ke dalam loyang yg telah dioles minyak goreng, ratakan
  6. Kukus ± 30 menit, angkat dan biarkan dingin
  7. Potong-potong nugget sesuai selera
  8. Buat bahan pencelup: campur terigu garam dan air secukupnya hingga kekentalan seperti adonan peyek, tidak encer dan tidak terlalu kental, lalu celupkan nugget ke dlm pencelup
  9. Setelah dicelupkan lalu gulingkan kedalam tepung panir kasar sambil ditekan-tekan agar panir menempel sempurna dan nugget tertutup rapi
  10. Nugget ayam siap digoreng, atau dikemas/ simpan dlm wadah kedap udara untuk stok di dalam Freezer, insyaallah tahan sebulan di dalam freezer ya…(saya bikin 2x resep ini ya)
  11. Goreng nugget dalam minyak panas hingga kuning kecoklat coklatan, angkat, tiriskan, sajikan dgn saos sambal
  12. Nugget ayam siap disajikan

10 Manfaat Jika Anda Mengkonsumsi Nugget Ayam

1.Mengandung zat besi

Daging ayam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga menjaga kita agar terhindar dari anemia. Selain itu, akan sangat bagus  jika seorang wanita yang sedang haid mengkonsumsi daging ayam sebab dapat membantu mengatasi kurang darah dengan membantu pembentukan sel darah merah.

Selain itu, terdapat vitamin B5 yang berguna membantu kita merasa tenang dan menghindarkan kita dari stress. Hal ini juga merupakan salah satu penyebab kenapa daging ayam penting dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid. Dan juga sangat bagus dikonsumsi wanita yang sedang hamil.

2.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Banyak sekali kandungan mineral yang terkandung dalam daging ayam, meningkatkan manfaat daging ayam  yang telah kita ketahui sebelumnya.

Mineral juga sangat penting dalam daging ayam ini membuat tubuh manusia menjadi lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit sehingga jika kita sedang flu atau sakit, yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, sangat sangat dianjurkan kita mengkonsumsi sup ayam dalam kondisi hangat atau panas karena berguna meringankan sakit yang kita alami.

3.Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Banyak sekali sumber yang menyebutkan dan mempercayai serta  membuktikan bahwa daging ayam ini banyak mengandung kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Hal tersebut adalah benar. Lalu kenapa hal ini termasuk kedalam pembahasan manfaat daging ayam? Sebab daging ayam memiliki kandungan niacin yang dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga daging ayam ini aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol.

Maka daripada itu sangat disarankan bagi mereka yang menderita kolesterol mengkonsumsi ayam dengan memilih daging ayam tanpa lemak dan memasaknya dengan cara merebus tanpa menggorengnya.

4.Memperkuat tulang dan menambah masa otot

Tak perlu untuk diragukan lagi bahwa daging ayam sangat membantu dalam pengembangan masa otot sekaligus juga meningkatkan berat badan. Bagi mereka yang melakukan pembentukan masa otot melalui  gym, biasanya akan disarankan oleh pelatihnya untuk mengkonsumsi masakan daging ayam dengan cara direbus saja.

Mungkin rasanya akan terasa aneh bagi mereka yang belum terbiasa, akan tetapi rebusan daging ayam ini akan membantu menaikkan masa otot dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Dan tentunya perlu diingat untuk membeli daging yang sehat tanpa adanya lemak.

5. Penting untuk pertumbuhan anak

Selain itu, kandungan fosfor yang terdapat pada daging ayam dan kalsiumnya juga sangat berguna bagi tubuh kita terutama bagi pertumbuhan anak.

Kenapa? Karena dua zat penting ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan memperkuatnya, sehingga tidak hanya baik untuk anak tapi juga untuk Anda.

Dalam hubungannya pria dengan organ reproduksinya, daging ayam juga baik dikonsumsi pria untuk meningkatkan salah satu hormonnya yaitu hormone testosterone.

6. Meningkatkan nafsu Makan

Sedapnya daging ayam yang telah diolah menjadi berbagai macam hidangan mulai dari rendang ayam, sup, sate, dan lainnya mungkin akan menunda diet anda.

7. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat adalah impian semua orang. Agar mewujudkan hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi daging ayam secara rutin.

Lagi-lagi, manfaat daging ayam yang satu ini dihasilkan oleh kandungan zat antioksidan di dalamnya, kali ini ‘diwakilkan’ oleh vitamin C. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, vitamin C adalah vitamin yang identik dengan kulit.

8. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Penyakit anemia atau sering dikenal dengan kekurangan darah juga menjadi salah satu penyakit yang bisa dicegah dan diatasi dengan cara mengonsumsi daging ayam.

Manfaat daging ayam dalam mengatasi anemia ini dikarenakan unggas tersebut mengandung zat besi, yang mana zat besi ini sendiri memang fungsi utamanya untuk memperlancar produksi dan peredaran darah di dalam tubuh.

9. Mencegah Alzheimer

Salah satu penyakit akibat gangguan fungsi otak, yakni Alzheimer, dapat dicegah dengan daging ayam. Hal ini dihasilkan oleh vitamin B yang ada di dalamnya.

Selain mencegah akan terjadinya penyakit Alzheimer, manfaat ayam bagi kesehatan melalui vitamin B adalah untuk meredakan stres. Akan tetapi untuk hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna menguatkan klaimnya.

10. Membuang Racun

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan berubah menjadi racun yang berbahaya. Namun, tubuh sudah memiliki sistem alami untuk mengolah dan membuang racun-racun tersebut sebelum benar-benar membahayakan tubuh.

Masalahnya, ada saatnya sistem tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga yang terjadi adalah, racun tubuh terus mengendap.

Mengonsumsi Ayam Setiap Hari, Amankah?

pada dasarnya aman aman saja sebenarnya jika Anda ingin mengonsumsi ayam setiap hari. Namun, Anda juga harus memerhatikan kondisi ayam seperti jenis ayam, bagian tubuh ayam, dan cara mengolah daging ayam yang tepat.

1. Jenis Ayam

Bagi Anda yang sering mengonsumsi jenis ayam negeri, perlu anda diketahui bahwa ayam jenis ini kerap mendapat suntikan antibiotik dan hormon, dengan tujuan agar ayam dapat tumbuh dengan sehat. Namun, zat-zat yang disuntikkan kepada ayam tersebut bisa menimbulkan efek yang negatif bagi kesehatan manusia, mulai dari gangguan sistem reproduksi hingga gangguan hormon.

Sementara jika Anda lebih sering atau suka mengonsumsi jenis ayam kampung, kendati ayam ini tidak mendapat suntikan hormon, namun lingkungan atau habitat ayam tersebut acap kali tidak terlalu higienis. Jika tidak diolah dengan cara yang benar, risiko penyakit akibat infeksi akan mengintai Anda.

2. Bagian Tubuh Ayam

Bagian tubuh pada ayam juga menentukan bahwa apakah ayam menjadi makanan yang benar-benar menyehatkan bagi kita atau tidak.

Dada atau paha adalah bagian daging ayam yang paling disarankan untuk dikonsumsi. Pada dasarnya, disinilah kandungan protein ayam yang paling tinggi berada . Sementara itu, kulit ayam tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu banyak sebab tingginya kandungan lemak yang terdapat di dalamnya.

3. Cara Mengolah Ayam

Para ahli menyarankan supaya sebaiknya mengolah daging ayam dengan cara direbus atau dipanggang. Selain tidak mengurangi kadar nutrisi di dalamnya, metode pengolahan ayam tersebut tidak menjadikan ayam menjadi tinggi lemak seperti jika Anda mengolahnya dengan cara digoreng.

Ayam goreng mungkin memang lebih menggugah selera. Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena justru dapat memicu peningkatan kadar kolesterol ‘jahat’.

Itu dia informasi mengenai manfaat ayam bagi kesehatan

Mungkin sekian artikel yang saya sampaikan kali ini, jika anda memiliki produk minuman atau sebagainya yang berbentuk cairan bisa anda kemas kedalam botol buatan anda sendiri menggunakan mesin induksi sealer agar botol minuman anda rapat dan terjaga kestrilannya dah kehigienisannya. Semoga bermanfaat