Resep Membuat Sempolan Tanpa Ayam Yang Murah

Haloo guys… pada artikel ini saya akan membagikan resep membuat sempolan tanpa ayam yang murah dan gampang di dapatkan. Lets goo.

 

Sempol

resep membuat sempolan tanpa ayam

Siapa sih yang ga tau sempol. Sebuah jajanan pinggir jalan yang dahulu pernah hits, saking hitsnya di setiap jalan ke kampus dulu pasti ada. Karena rasanya yang gurih dan murah membuat sempol banyak dinikmati banyak orang.

Mulai dari anak – anak hingga dewasa terlihat menyukainya. Karena harganya yang murah membuat sempol bisa dibeli oleh anak – anak sekolah dasar dengan gampang. Rasanya yang gurih dan nagih membuat anak – anak kecanduan.

Namun karena sengitnya perdagangan membuat beberapa pedagang sempol yang menggunakan bahan yang kurang segar ke dalam adonan sempol. Sehingga kadang membuat para pemakannya sakit perut.

Kalian tidak usah panik karena disini saya akan membagikan resep membuat sempolan tanpa ayam yang murah dan gampang di buat. Sering kali orang meremehkan cara pembuatan sempol, namun kenyataannya jika kita salah mengolah sempol akan berakibat rasanya yang hambar bahkan terasa tidak enak.

Ada banyak sebab yang kita dapatkan jika salah mengolah. Contohnya dari jenis pemilihan bahan yang segar sampai cara memasak dan penyajiannya.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kreasi sempolan tanpa menggunakan ayam. Dengan menggunakan bahan yang dapat di dapatkan secara mudah dan sederhana.

Bahan Utama :

  1. 10 sdm Tepung Tapioka
  2. 1 sdm Tepung Terigu
  3. 1 siung Bawang Putih
  4. Kaldu Masako
  5. Garam secukupnya
  6. 1/4 sdt Lada
  7. 1 butir Telur
  8. Air Panas
  9. Tusukan Sate
  10. Minyak Goreng

Bahan Saus :

  1. 3 sdm Saus
  2. 1 siung Bawang Putih halus
  3. 50 ml Air
  4. 1 biji Cabai Merah halus

Cara Membuat Sempol Tanpa Ayam :

  1. Siapkan wadah dan masukan tepung tapioka, tepung terigu, garam, kaldu, dan air panas uleni sampai adonan dapat dibentuk.
  2. Setelah bisa dibentuk tempelkan sekiranya satu adonan setengah telapak tangan ke tusuk sate.
  3. Ambil panci lalu masukan air kedalamnya hingga hampir penuh dan berikan tiga sdt minyak goreng agar tidak menempel.
  4. Setelah itu masukan sempol ke dalam panci dan tunggu hingga semua adonan mengambang, jika sudah mengambang biarkan selama 5 menit hingga matang dan angkat.
  5. Siapkan wadah lalu masukan telur dan tambahkan kaldu lalu kocok hingga tercampur rata.
  6. Ambil wajan dan masukan minyak goreng tunggu hingga mendidih.
  7. Jika sudah mendidih masukan sempol ke dalamnya dan tunggu hingga setengah matang. Setelah setengah matang angkat dan tiriskan.
  8. Setelah sempol di angkat masukan sempol ke kocokan telur lalu masukan lagi ke dalam wajan dan goreng hingga coklat ke emasan dan matang.
  9. Siapkan wadah lain dan campurkan bahan saus hingga merata.
  10. Angkat sempol dari wajan dan tiriskan. Sajikan sempol dengan saus selagi hangat.

 

Bahaya Memakan Masakan Berminyak

Sempol merupakan salah satu jajanan yang menggunakan banyak minyak untuk mengolahnya. Jika kita mengkonsumsi makanan yang berminyak secara berlebih maka minyak tersebut akan memberikan dampak buruk pada tubuh. Berikut dampak buruk yang disebabkan minyak yang berlebih :

Obesitas dan Diabetes

Dari data yang ada meningkatnya orang yang memiliki obesitas di kalangan anak muda sering di kaitkan dengan. Pola hidup yang buruk salah satunya menkonsumsi makanan yang tidak seimbang yaitu makanan yang memiliki banyak lemak dan memiliki kalori tinggi.

Penyakit Jantung

Menyantap makanan yang memiliki minyak yang banyak dalam jangka yang panjang dapat menyebabkan penyakit jantung. Hal ini diawali oleh obesitas yang membuat banyak penyakit lainnya berdatangan, salah satunya penyakit jantung. Lemak yang menumpuk dalam tubuh dapat menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan serangan jantung, stroke dll.

Jerawat

Makanan yang mengandung minyak berlebih menyebabkan resiko terkena jerawat menambah. Karena dari hasil studi makanan yang memiliki lemak dan garam yang berlebih dapat membuat jerawat muncul lebih gampang.

Sistem Pencernaan

Minyak dari makanan yang kita makan sehari – hari dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Karena lemak yang terkandung di minyak akan sulit di cerna oleh lambung kita. Yang membuat lambung harus meminta bantuan enzim untuk mencernanya.

 

Itulah yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini mengenai sempol. Baca artikel lainnya mengenai berbagai macam usaha pada website ini. Jika kalian ingin memakan masakan yang sehat kalian dapat mencoba sayur lodeh sederhana.