Resep Masakan Minang Sambal Lado Tanak Spesial

Resep masakan minang sambal lado tanak

Kali ini saya akan membahas tentang resep masakan minang sambal lado tanak yang praktis namun rasanya tetap menggugah selera.

Sambel atau samba lado tanak ini berarti sambal matang atau bisa dibilang sambal yang sudah dimasak. Yang nantinya dicampur jengkol, petai, atau petai Cina tua dan ikan teri atau udang kecil. Mungkin juga tidak semua masyarakat yang ada di sekitar sumatera barat, pastinya sudah mengetahui masakan ini, sebab khas masakan ini memang cocok di daerah tanah datar.
Mungkin kita sudah sangat jarang untuk menemukan masakanĀ  satu ini dirumah makan padang, tetapi kalau didaerah asalnya hampir semua penduduk disana biasa membuat juga menyuguhkan masakan ini untuk menu makanan keluarga mereka. Sedikit gambaran tentang samba lado tanak, masakan ini adalah berbahan dasar santan, teri, pete atau jengkol dicampur dengan rempah-rempah yang akan membangkitkan selera makan anda.

Sambal Lado Tanak

Sambalado tanak banyak dimasak para kaum ibu di rumah mereka masing-masing di daerah sekitar Kabupaten Tanah Datar. Samba lado tanak adalah masakan yang diolah dari bahan-bahan cabai yang sudah digiling, santan kelapa yang sudah dimasak. Ikan teri, petai atau jengkol, telur yang di rebus kemudian dicampur rempah-rempah lain, dan dimasak di kuali dengan api dari bara kayu bakar.
Varian dari sambal tanak ini, yaitu jenis sambal tanak berbahan daun singkong dan juga sambal lado tanak berbahan jengkol, teri dan juga petai. Sambal lado tanak ijo pake cabe hijau, sambal lado tanak merah pake cabe merah, sambal tanak rimbang, sambal lado tanak khas Payakumbuh, sambal lado tanak Cangkuak, sambal lado tanak belacan atau sambal lado tanak terasi, sambal tanak maik, sambal lado Uwok (sambal kukus khas Padang), dll.
Sambal lado merupakan olahan masakan yang wajib untuk menjadi teman makan masyarakat minang selain resep sambal ijo dan sambal merah. Samba lado tanak ini artinya adalah sambel yang terbuat dari bahan cabai, baik itu dengan cabai merah ataupun cabai hijau keriting. Semakin merah sambal yang kita buat rasa yang dihasilkan akan lebih lezat dan biasanya selera makan juga semakin tinggi hingga merangsek naik dari perut hingga kerongkongan.
Berikut ini saya akan memberi resep sambal lado yang sangat enak. rahasia dan juga variasi olahan sambal lado tanak khas Minang. Sajian sedap istimewa pasti sangat lengkap dengan cara memasak sendiri di rumah dengan cara yang sangat simple, mudah dan juga praktis. Jadi Anda juga bisa menghadirkan masakan tersebut untuk menu tambahan pagi, siang, maupun malam. Sambal lado ini juga bisa untuk jualan usaha bisnis rumahan dalam masakan Padang dan restoran ala cafe siap saji.

Resep Sambal Lado Tanak

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • Jengkol atau petai 1 kg (rebus terlebih dahulu)
  • Teri medan kering/udang 1/2 kg (atau sesuaikan selera anda)
  • 2 btr kelapa, ambil santannya
  • 2 butir air kelapa
  • 4 bh asam kandis
  • Daun kunyit
  • Daun jeruk
  • Sereh/serai, memarkan
  • Garam

Bumbu Halus:

  • 1/2 kg cabe merah
  • Cabe rawit secukupnya atau sesuai selera pedas
  • 7 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 ruas jari kunyit, jahe, dan lengkuas

Cara Membuat:

  1. Pertama tumis bumbu halus hingga harum, masukkan cabe giling, daun kunyit, sereh kemudian aduklah hingga wangi harumnya keluar.
  2. Lalu masukkan teri/ udang.
  3. Kemudian tambahkan santan dan air kelapa dan aduklah hingga rata.
  4. Masukkan jengkol yang sudah direbus dan dipotong. Aduk terus jangan sampai pecah santan dan masaklah dengan api sedang hingga kering.
  5. Jika sudah mengering, matikan kompor.
  6. Sajikan Samba lado tanak dalam keadaan masih panas. Jika terasa sangat pedas anda bisa colek-colek sambalado tadi dengan nasi putih hangat.

Bagi kalian yang sudah membaca artikel ini jangan lupa juga untuk membaca tentang resep kopi hitam yang sangat cocok diminum saat cuaca dingin.

Jadi itu tadi sedikit ulasan tentang resep masakan minang sambal lado tanak yang praktis dan sederhana. Selamat Mencoba!