Resep Kopi Susu yang Pastinya Bakal Nyegerin Tenggorokanmu

Di artikel aku yang sebelumnya yaitu membahas tentang resep kopi bavaria sekarang beralih ke resep kopi susu iya.

Resep kopi susu aku dapet dari sendiri iya yang awalnya itu aku hanya mau coba-coba aja tapi akhirnya jadi deh.z

Resep kopi susu ini pun cara membuatnya sangat gampang ya karena menggunakan mesin grinder kopi yang seperti ala-ala cafe itu.

Sebenarnya kopi susu ini bahan dasarnya yaitu dari kopi bubuk hitam yang di tambah dengan susu saja.

Cara membuat kopi bubuk ini pun mempunyai proses dari awal sampai bisa dikonsumsi oleh khalayak umum.

Oke mungkin langsung saja kita simak iya temen-temen!

Kandungan Susu Dalam Resep Kopi Susu

resep kopi susu

Untuk menghasilkan susu organik, sapi perah di peternakan dibiarkan berkembang biak secara alami tanpa suntikan apa pun.

Jadi, susu yang dihasilkan sapi perah tersebut bebas dari kandungan bahan kimiawi sehingga lebih aman untuk dikonsumsi, terutama oleh anak-anak.

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi di dalam susu organik:

1. Vitamin D

Salah satu nutrisi penting yang terkandung di susu organik adalah vitamin D.

Selain untuk perkembangan tulang, vitamin D juga berperan penting untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil, yaitu dengan membantu penyerapan kalsium, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mendukung perkembangan motorik.

Kandungan vitamin D di susu organik lebih tinggi daripada susu non-organik.

2. Protein

Kandungan protein dalam susu organik lebih tinggi bila dibandingkan dengan susu jenis lainnya. Terdapat dua jenis protein di dalam susu organik, yaitu kasein dan whey.

Keduanya sangat dibutuhkan anak dalam proses tumbuh kembangnya, antara lain untuk memelihara jaringan tubuh, menjaga kesehatan tulang, serta mendukung pertumbuhan otot.

3. Kalsium

Susu organik juga kaya akan kalsium. Pada anak-anak, kalsium diperlukan untuk membantu pembentukan tulang dan gigi.

Tak hanya itu, kalsium juga berperan dalam produksi hormon dan enzim, serta fungsi otot dan saraf. Itulah alasan mengapa susu organik dianggap dapat menunjang pertumbuhan anak.

4. Zat besi

Kadar zat besi di susu organik juga tergolong cukup tinggi. Zat besi sangat diperlukan anak untuk membentuk salah satu komponen sel darah merah, yaitu hemoglobin. Komponen inilah yang bertugas menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Tanpa zat besi yang cukup, pembentukan sel darah merah di tubuh anak akan terhambat, begitu juga dengan suplai oksigen ke seluruh tubuhnya. Hal ini tentu akan mengganggu tumbuh kembang anak.

5. Omega-3 & omega-6

Susu organik mengandung lebih banyak omega-3 dibandingkan susu biasa. Omega-3 sangat penting bagi anak-anak, karena zat ini dibutuhkan untuk proses perkembangan motorik dan mental anak.

Sedangkan omega-6, berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membantu penyerapan nutrisi, serta mendukung pembentukan sel dan jaringan baru dalam tubuh anak.

6. Prebiotik Baik untuk Pencernaan Anak

Susu pertumbuhan organik kaya akan vitamin dan mineral. Contohnya, kandungan FOS & GOS, di mana keduanya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran cerna anak.

FOS dan GOS membantu memelihara bakteri baik yang hidup di dalam usus.Hal ini membuat pencernaannya mampu bekerja optimal dalam menyerap nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang dan daya tahan tubuhnya.

Memberikan susu organik bisa menjadi pilihan untuk membantu tumbuh kembang anak.

Namun bila Si Kecil memiliki alergi protein susu sapi atau kondisi kesehatan lainnya, Anda diajurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter anak sebelum mulai memberikan susu organik.

Produsen Susu Terbesar di Dunia

Tidak hanya konsumsi yang masih rendah, namun pasokan susu nasional hanya mampu mencukupi 30 persen.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan susu secara nasional, Indonesia masih mengandalkan impor dari negara lain sekitar 70 persen.

Berikut ini ada beberapa negara dengan produksi susu terbesar di dunia berdasarkan data FAO tahun 2015, diantaranya:

1. Amerika Serikat, 91,3 juta ton pertahun

Dengan meningkatkan produksi 1,76 liter sussu setiap ekor sapi, menempatkan Amerika Serikat menjadi negara dengan produksi susu sapi terbesar di dunia dan urutan kedua untuk produksi susu secara keseluruhan.

Negara-negara yang menjadi sentra produksi susu sapi Amerika Serikat adalah California, Wisconsin, Idaho, New York, dan Pennsylvania.

Peternakan sapi yang besar di Amerika Serikat, rata-rata memiliki 15.000 ekor sapi. Tapi tak sedikit juga peternakan kecil yang hanya memiliki 30 ekor sapi.

Dari kesemuanya memberikan kontribusi yang signifikan dalam hal produksi susu sapi. Permintaan susu sapi domestik didominasi untuk kepentingan bahan baku produksi mentega, krim, yoghurt, es krim, keju dan produk susu lainnya untuk diekspor ke negara-negara lain di seluruh dunia.

Diantara negara tujuan ekspor produk susu dan turunannya ini adalah: Meksiko, Arab Saudi, beberapa di Asia Tenggara, Kanada, Taiwan, dan China.

2. India, 60,6 juta ton per tahun

Secara keseluruhan, India adalah negara dengan produksi susu terbesar di dunia. Sedangkan untuk produksi susu sapi.

India merupakan negara kedua terbesar di dunia, dengan menyumbang 9,5% dari total produksi susu sapi di dunia. Secara substansi, pada musim 2015 lalu, produksi susu sapi India mengalami kenaikan yang cukup besar.

Berkat dukungan perencanaan yang cermat dan pendekatan ilmiah, produksi susu sapi India tiap tahun mengalami kenaikan.

Di India, 80% produksi susu berasal dari petani kecil yang terhimpun dalam 130.000 koperasi susu di tingkat desa di wilayah Uttar Pradesh, Andhra Pradesh, Gujarat dan Punjab.

Selain menjadi produsen susu sapi terbesar di dunia, India juga termasuk salah satu negara yang mengonsumsi susu terbesar juga.

Sementara negara yang menjadi tujuan ekspor susu sapi asal India adalah negara-negara seperti: Pakistan, Bangladesh, Uni Emirat Arab, Nepal, Bhutan, dan Afghanistan.

3. Cina, 35,7 juta ton per tahun

Pada statistik produksi susu sapi secara global, Benua Asia merupakan produsen terbesar dibandingkan empat benua lainnya. Salah satu negara produsen susu sapi terbesar dunia ini adalah negeri Tirai Bambu.

Dalam berinvestasi, Cina memang tidak main-main. Agar bisa memenuhi kebutuhan pasar susu di Rusia, peternakan-peternakan di Cina menanamkan modalnya pada sebuah peternakan dengan 100.000 ekor sapi perah.

Artinya, para peternak di Cina, berani berinvestasi 3 kali lebih besar dibandingkan para peternak di Amerika Serikat.

4. Brasil, 34,3 juta ton per tahun

Peningkatan dukungan dari pemerintah dan biaya produksi yang rendah adalah beberapa alasan utama di balik ini peningkatan produksi susu sapi negara Brasil.

Sebenarnya, produksi susu sapi di Brasil memiliki hubungan yang erat dengan India. Mereka banyak mendatangkan sapi yang besar yang terkenal bisa menghasilkan susu dalam jumlah besar. Sapi asli dari Gujarat, India.

Di Brasil, sektor produksi susu sapi, kontribusi terhadap perekonomian nasional secara keselurhan, mengingat bahwa sekitar satu juta orang Brasil bekerja di sektor ini.

5. Jerman, 31,1 juta ton per tahun

Dengan lebih dari 4,2 juta sapi perah, Jerman menjadi pemuncak produsen susu sapi di Uni Eropa. Beberapa tantangan yang dihadapi oleh petani susu Jerman adalah meningkat harga tanah dan kian langkanya buruh yang memiliki keterampilan memelihara ternak serta mengolah susu sapi.

Resep Kopi Susu

Bahan-Bahan Dalam Resep Kopi Susu:

  • 1 sdm kopi bubuk hitam
  • 3 sdt gula pasir
  • 1 sdm creamer
  • Air panas secukupnya
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 sdt bubuk coklat plain

Cara Membuat:

  1. Masukan kopi bubuk, gula pasir, dan bubuk coklat plain dalam satu gelas ataupun cangkir.
  2. Tambahkan air panas 160 ml ke dalam gelas/cangkir.Setelah itu, tambahkan susu kental manis(kalau bisa susu tuang barengan dengan air panas).
  3. Aduk-aduk sampai semua ter-mix(campur rata).
  4. Biar rasa kopi yang lebih nendang bin nikmat, bisa ditambahkan krimer diatasnya.
  5. Aduk sampai merata dan kopi susu siap disruput.

Hanya ini yang bisa saya berikan,apabila ada kekurangan di dalam artikel saya ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya ya temen-temen.Semoga bermanfaat.Sekian dan terimakasih.