Resep Kopi Mocca yang Mudah dan Dijamin Enak

resep kopi mocca

Artikel yang sebelumnya yaitu membahas tentang resep kopi matcha tapi sekarang aku mau membahas tentang resep kopi mocca ya temen-temen.

Resep kopi mocca ini aku sengaja tulis karna banyaknya request.an dari para warganet karena ingin tau cara membuatnya.

Cara membuat kopi ini sangatlah mudah iya hanya dengan menggunakan mesin grinder kopi kamu sudah bisa langsung menikmati kopinya ya hehe simple kan.

Oke mungkin langsung saja kita simak iya!

Dari Apa Sih Rasa Mocca Itu?

resep kopi mocca

Rasa mocca terbuat dari apa — dari apa yha ? minuman kopi yang terbuat dari campuran espresso dengan coklat dan susu. Saat ini campuran Mocha-Java biasa dicampur dengan varietas lainnya untuk menciptakan ciri khas yang unik.

Semua lidah orang Indonesia memiliki kecocokan dengan rasa pahit kopi, ya mungkin iya. Mulai dari lelaki — perempuan, pria-wanita, serta tua maupun muda.

Bahkan, jika saja kopi tidak memiliki efek tertentu, atau baik untuk semua umur. Anak kecil pun pasti akan suka dengan rasa dan aroma kopi yang menenangkan.

Tetapi dengan adanya efek tertentu hampir semua orang tua melarang anaknya untuk meminum kopi, sebenarnya boleh tapi tidak terlalu sering.

Saya juga mengakui tentang rasa dari kopi itu sendiri, rasa yang sangat enak dan juga bikin ketagihan.

Rasa kopi sebenarnya terbuat dari beberapa campuran yang banyak orang mengatakan itu berbahaya, untuk lebih amannya menggunakan kopi hitam yang hasil panenan nya sendiri.

Mocha adalah jenis kopi yang paling digemari oleh para kaum hawa. Mocha terbuat dari beberapa jenis campuran bahan, mulai dari bahan dasar yaitu kopi itu sendiri, krimer, susu, dan yang paling menentukan cita rasanya adalah perpaduan dari bubuk cokelat atau pun sirup cokelat.

Di luar rasanya yang memang sangat-sangat nikmat. Untuk makanan, saya memang salah satu dari sekian juta manusia yang meng-idolakan makanan yang bernama cokelat.

Di dunia ini, banyak sekali ragam kopi yang sudah eksis hingga saat ini. Minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang kemudian dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk.

Bubuk ini, mempunyai penikmatnya sendiri di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Setiap ragam kopi juga memiliki rasa yang berbeda — beda.

Manfaat Kopi Mocca

Bagi Anda penggemar minuman mocha late, secara ilmiah ada manfaat yang bisa diperoleh. Menyeruput minuman perpaduan kopi dan cokelat bisa memberi efek membantu meningkatkan perhatian.

Riset yang dilakukan peneliti asal Clarkson University, Amerika Serikat, Ali Boolani, ini berlangsung selama setahun. Partisipan diminta untuk minum cokelat, kopi tanpa cokelat, serta kopi plus cokelat alias mocha. Selanjutnya, partisipan menjalani tes untuk mengevaluasi kognitif serta suasana hati.

“Cokelat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga terjadi peningkatkan kognitif dan perhatian. Sementara minum kopi saja meningkatkan kecemasan. Sehingga kehadiran cokelat dalam kopi bisa mengurangi efek kecemasan,” kata Boolani.

Dampak yang dihasilkan dari minum sajian kopi satu ini paling pas bagi mereka yang sedang ingin meningkatkan fokus atau perhatian.

“Hasil riset menunjukkan cokelat dan kopi merukan pilihan yang baik bagi siswa atau siapa saja yang sedang membutuhkan dorongan untuk meningkatkan perhatian,” katanya lagi.

Hasil studi manfaat mengonsumsi minuman kopi campur cokelat ini sudah dipublikasikan dalam jurnal BMC Nutrition.

Resep Kopi Mocca

Bahan-Bahan:

  • 3 sendok makan kopi bubuk
  • 300 ml air panas
  • 600 ml susu non fat
  • 200 ml krim kental
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 100 gr kacang walnut
  • 100 gr whipped cream
  • 4 buah blackberry segar

Cara Membuat:

  1. Seduh kopi bubuk dengan air panas
  2. Tambahkan susu non fat, krim kental dan gula pasir, kemudian tuang ke dalam gelas saji
  3. Semprotkan sebagian whipped cream, tambahkan kacang walnut di atasnya
  4. Hias dengan sisa whipped cream dan blackberry
  5. Hidangkan untuk 6 porsi.

Nah mudah kan cara membuat kopi moccanya? kalo mudah kenapa ngga langsung coba aja iya hehe.Semoga berhasil 🙂

Sejarah Kopi Mocca

Kopi moka merupakan varietas kopi arabika dari Yaman yang memiliki penampilan pohon dengan tajuk berukuran mini begitupun daunnya kecil-kecil, sehingga tampak berbeda nyata bila dibandingkan dengan tanaman varietas kopi arabika lainnya.

Begitupun buah maupun biji kopi moka berukuran kecil, bahkan terkecil di antara semua varietas kopi arabika.

Kopi moka asli Yaman dikenal memiliki cita rasa yang unik yaitu  memiliki cita rasa manis khas fruity (rasa buah) dengan memunculkan karakteristik after taste cokelat. Jadi meskipun diseduh tanpa campuran cokelat, tetap muncul ada rasa cokelat di dalamnya.

Dari cita rasa kopi moka dari Yaman itulah lahir varian kopi espresso yang dinamakan mochacino atau moccacino yang merupakan espresso dicampur sirup cokelat, susu serta krim kocok yang  di Indonesia lebih dikenal sebagai kopi moka.

Oleh karena itu, sering timbul kerancuan antara kopi moka dan kopi moka. Pada cita rasa kopi moka yang ditanam di Jember tidak muncul rasa cokelat, sehingga karakter cita rasa kopi moka ini agak berbeda dari kesan cita rasa kopi moka asli Yaman yang dicirikan dengan karakter rasa cokelat.

Nampaknya perbedaan ketinggian tempat tumbuh yang dibarengi perbedaan jenis tanah serta iklim  merupakan penyebab perbedaan karakter cita rasa kopi moka asli Yaman dan kopi moka yang ditanam di Jember.

Perbedaan Serta Kesamaan Moccacimo dan Cappucino

Bagi kamu yang menggemari kopi bukan berarti mengenal beberapa jenis kopi yang berada di pasaran. Ada bermacam pula cara membuat kopi selain biji kopi yang berada di pasaran. Misalnya kopi hitam, moccacino, cappucino, dan masih banyak lagi cara penyajiannya.

Namun satu yang menarik dari beberapa jenis kopi yang telah disebutkan, ada moccacino dan cappucino.

Mungkin hanya segelintir orang sudah mengetahui perbedaan tersebut. Tapi bagi orang awam masih belum bisa mengindentifikasi apa yang membuat dua jenis penyajian kopi ini berbeda. Berikut merupakan hal yang membedakan antara moccacino dan cappucino.

1. Komposisi

Moccacino merupakan minuman yang terdiri dari bahan berupa susu, kopi dan cokelat. Kopi yang digunakan biasanya jenis espresso yaitu kopi hitam. Kemudian dikombinasikan dengan cokelat bubuk, lalu diberikan whiped cream di atas minuman tersebut.

Sedangkan Cappucino hampir sama dengan Mocca pada dasarnya, terbuat dari kopi hitam dan perpaduan susu.

Namun yang membedakan adalah tanpa tambahan cokelat, serta diberikan busa dari bahan dasar susu. Sehingga bisa diberikan berupa latte art di atas minuman tersebut yang berbahan busa susu.

2. Selera.

Bila kalian tipe orang penyuka kopi hitam, tapi tak terlalu suka dengan sensasi pahit dari kopi hitam. Cappucino bisa menjadi alternatif.

Sebab campuran kopi hitam dan susu akan memadukan rasa pahit serta lembutnya manis gula. Lalu mata kamu akan bisa terhibur dengan beberapa bentuk menarik dari latte art.

Berbeda bagi kalian penyuka campuran kopi dan cokelat yang bisa memilih Moccacino. Begitu banyaknya bubuk cokelat yang ditambahkan, akan memanjakan lidah dengan kombinasi pahitnya kopi hitam. Tentu akan menjadi pilihan bagi kalian yang menyukai minuman manis.

3. Kesamaan.

Namun satu hal yang menyamakan dari Cappucino dan Moccacino adalah asalnya dari Eropa. Bila Moccacino berasal dari Italia.

Sama halnya dengan Cappucino yang ditemukan pada daratan Eropa pada masa dulu. Kedua minuman berdasar kopi dan susu ini akan membuat pilihan kopi menjadi semakin bervariatif.

Selain perbedaan yang telah dibahas di atas itu,sebenarnya ada perbedaan juga lagi dari kedua jenis kopi ini yaitu dari cara menanam kopi.Dan dari cara membudidayakan kopinya pun juga berbeda iya.

Semoga bisa menambah pengetahuanmu.

Cukup sekian dari saya apabila ada kesalahan maupun kekurangan di dalam artikel saya ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya ya temen-temen.Semoga bermanfaat 🙂