Resep Kopi Hitam yang Mudah dan Pastinya Yahud

resep kopi hitam

Resep kopi hitam ini adalah resep yang sudah turun menurun dari masa nenek moyang ya teman-teman.

Aku juga dapet resep kopi hitam ini dari nenek saya loh.

Hampir semua resep yang aku tulis di artikel aku itu kebanyakan semua dari nenek saya,Contohnya resep donat singkong juga aku dapatkan dari nenek.

Dulu cara membuat kopi hitam ini dibuat dengan cara tradisional dan hanya menggunakan mesin seadanya.

Tetapi sekarang seiring berkembangnya zaman,cara membuatnya pun kini dengan menggunakan mesin grinder kopi.

Oke tak usah lama-lama berbincang-nya ya langsung saja kita simak resep kopi hitam.

Fakta Tentang Kopi Dalam Resep Kopi Hitam

resep kopi hitam

Siapa yang tidak suka kopi? Meminum kopi sekarang ini sudah menjadi budaya tersendiri bagi orang Indonesia.

Kadang pula orang yang sedang merasa stress akan memilih untuk meminum kopi dan berkumpul bersama teman-temannya di warung kopi untuk menyegarkan kembali pikirannya.

Kopi yang terkenal sebagai pembangkit semangat di kala mengantuk ini ternyata memiliki fakta-fakta yang kebanyakan belum diketahui banyak orang lho. Berikut fakta tentang kopi.

1. Tubuh Tidak Membutuhkan Kopi Saat Terjaga

fakta kopi yang pertama, yaitu tubuh tidak memerlukan kopi saat baru terjaga. karena sebenarnya tubuh sudah memproduksi kortisol, yang efeknya sama dengan kopi. kalau kamu mengkonsumsi kopi saat tubuh memproduksi kortisol, kamu akan malah kecanduan kopi. gambar via: Penabiru

Di dalam tubuh manusia, secara alami akan diproduksi hormone yang disebut dengan kortisol. Hormone ini efeknya menyerupai kafein yang terdapat dalam kopi.

Kortisol dibuat pada saat-saat tertentu setiap harinya, berdasarkan dengan ritme sirkadian tubuh manusia.

Jadi sangat penting bagi kamu yang suka minum kopi untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk minum kopi.

Ahli syaraf di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Steven Miller, mengatakan, minum kafein, termasuk juga kopi, sebaiknya dilakukan sesudah jam 09.00 pagi.

Menurut riset yang telah dilakukan, hormon kortisol yang ada pada tubuh pada saat pagi akan meningkat, khususnya pada jam 08.00-09.00 pagi.

Apabila tubuh mengonsumsi kafein di saat hormon kortisol tinggi, hal itu akan membuat tubuh menjadi kecanduan.

Selain itu jangan juga mengkonsumsi kopi atau kafein dalam jangka waktu 6 jam sebelum waktu tidurmu, agar waktu tidurmu tidak terganggu karena kamu masih terjaga karena efek kafein dalam kopi tersebut.

2. Kopi Tidak Membuat Lebih Cepat Dehidrasi

fakta kopi lainnya yaitu sebenarnya kopi tidak membuat seseorang menjadi dehidrasi. jika dikonsumsi dalam jumlah normal, kopi tidak akan mempengaruhi output urin seseorang. gambar via: fbi bali radio 91.8

Banyak orang yang berpikiran bahwa kafein yang terdapat dalam kopi akan menjadikan seseorang lebih cepat merasa dehidrasi.

Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar kok, jika memang kopi dikonsumsi dalam jumlah yang normal ya.

Bahkan, penelitian menunjukkan output urin seseorang tidak begitu berpengaruh ketika orang tersebut mengkonsumsi minuman yang memiliki kafein atau yang tidak berkafein.

Jadi tak perlu takut untuk mengkonsumsi kopi, selama dalam jumlah yang tidak berlebihan. Karena suatu yang berlebihan itu tidak akan baik.

3. Awal Mula “Kekuatan” Kopi Ditemukan Oleh Kambing

awal efek kopi dulunya ditemukan oleh kambing yang digembala di ladang pohon kopi.Kambing-kambing gembala itu mulai bergerak lincah setelah memakan buah kopi di daerah tersebut. gambar via: Efek Gila

Dulu, efek kafein pada kopi, pertama kali disaksikan oleh para gembala di Ethiopia yang sedang menggiring kambing mereka ke daerah yang terdapat tanaman kopi.

Pada saat itu kambing-kambing gembala tersebut memakan buah kopi di daerah itu, dan mulai bergerak dengan lincah seperti sedang menari.

4. Kopi Memiliki Banyak Manfaat Untuk Tubuh

kopi itu ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. mulai dari melawan radikal bebas, merendahkan resiko penyakit parkinson, diabetes tipe II, alzheimer, demensia, dan lainnya. 

Di dalam kopi terdapat kandungan banyak antioksidan yang akan membantu tubuh untuk melawan radikal bebas.

Hal itu juga yang membuat peminum kopi lebih rendah terkena resiko penyakit parkinson yang belum ditemukan obatnya,diabetes tipe II dan masalah jantung tertentu.

Namun kebanyakan peminum kopi, sering memiliki kebiasaan yang tidak sehat, yaitu seperti merokok dan minum alkohol.

Karena nikotin memiliki efek mempercepat penghapusan kafein dari tubuh dan perokok merasa perlu untuk mempertahankan tingkat kafein dalam tubuh sehingga meningkatkan asupan kafein.

Tetapi penelitian tersebut masih harus disesuaikan dengan faktor-faktor lain seperti olahraga, gaya hidup, dan pola makan.

Selain itu kopi juga bisa memperkecil resiko penyakit alzheimer dan demensia yang biasanya ditandai dengan melemahnya daya ingat, gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi.

Dan juga berbahasa, yang biasanya di derita oleh orang yang sudah berumur 65 tahun ke atas.

Bahkan dengan minum 4 cangkir kopi sehari, bisa membantu mengurangi 80% kemungkinan pengembangan sirosis, atau kondisi di mana berkembangnya beberapa penyakit yang mempengaruhi kesehatan hati.

Dan dengan meminum dua cangkir kopi berkafein setiap harinya, akan meningkatkan memori jangka pendek serta kecepatan reaksi.

5. Kopi Mengandung Nutrisi Penting dan Bisa Membakar Lemak

fakta kopi selanjutnya yaitu di dalam kopi terdapat banyak nutrisi penting dan juga bisa membantu membakar lemak.Makanya kopi itu sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam masa diet.Namun tetap perlu diingat bahwa konsumsilah kopi secara wajar dan jangan berlebihan.

Tetapi, lebih baik pilih kopi yang tanpa bahan kimia, dan juga dihidangkan dengan gula yang tidak berlebihan. Kopi tersebut akan jauh lebih terasa nutrisinya.

Beberapa studi juga membuktikan bahwa kafein dalam kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 3-11%.

Karena kafein memang suatu bahan kimia alami yang memiliki kekuatan untuk mendorong proses pembakaran lemak.

Jadi kopi itu baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

Resep Kopi Hitam yang Mudah dan Pastinya Yahud

Bahan-Bahan:

  • Bubuk Kopi Hitam secukupnya sesuai dengan kekentalan yang diinginkan kami menyarankan 1 Sdm
  • Gula sesuai dengan selera
  • Coklat Bubuk 1/2 sdt

Cara Membuat Kopi Hitam :

  1. Panaskan dua cangkir air dengan api sedang jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar.
  2. Jika air sudah panas atau hampir matang masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air kemudian aduk hingga air mendidih kemudian masukkan bubuk coklat.
  3. Siapkan saringan kopi dari kain halus, dan dua buah mug sedang.
  4. Tuang kopi ke salah satu mug sedang kemudian mulailah menyaring kopi ke mug lain angkat tinggi-tinggi mug ketika menyaring dan lakukan berkali-kali sampai mengeluarkan busa.
  5. Siapkan cangkir dengan gula kemudian saring lagi untuk terakhir kali ke dalam cangkir gula yang telah disiapkan. Hias Kopi dengan grande sesuka anda. Rasa akan berbeda tergantung dengan bubuk kopi yang anda gunakan.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan,apabila ada kekurangan ataupun kesalahan dalam artikel saya,saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Oiya tak lupa juga rekomendasi buat kalian simak cara membuat donat ubi kuning juga ya temen-temen.Semoga bemanfaat.Sekian dan terimakasih.