Resep Keripik Pisang Coklat Lumer Khas Lampung yang Enak!

keripik pisang coklat lumer

Resep keripik pisang coklat lumer dapat tiru di rumah. Resep keripik pisang coklat sangatlah mudah. Namun, kalian tetap perlu ketelitian. Sehingga keripik tidak akan lengkat satu sama lain. Serta teksturnya akan renyah. Dengan rasa yang enak.

Keripik pisang merupakan camilan yang terkenal. Selain harganya cukup terjangkau. Kalian bisa dengan mudah mendapat bahan dasarnya. Yaitu buah pisang. Kalian bisa membeli di pasar. Jika punya, kalian bisa mengambil dari kebun sendiri.

Resep keripik pisang bisa dikatakan mudah. Hal ini karena buah pisang sendiri merupakan buah yang tidak mengenal musim.  Sehingga pisang akan selalu ada setiap saat. Jadi, kamu tidak perlu untuk menunggu musim tertentu untuk memanen buah pisang.

Jika dibanding olahan pisang yang lain. Keripik pisang memang dikatakan lebih rumit. Coba saja kalian bandingakan dengan pengolahan pisang goreng yang mudah. Tapi keripik pisang memang lebih dinikmati. Juga tahan lama dibanding pisang goreng.

Selain faktor di atas. Penyebab camilan khas lampung ini lebih populer. Karena rasa manis coklat yang disuguhkan. Apalagi anak – anak yang begitu suka coklat. Serta mereka masih konsumtif. Yuk, kita belajar resep keripik pisang coklat berikut :

Resep Keripik Pisang Coklat Lumer

keripik pisang coklat lumer

Bahan – Bahan :

  • 1 sisir pisang (kupas lalu cuci bersih)
  • Air kapur sirih
  • Garam secukupnya
  • 150 gr coklat batangan
  • Minyak goreng secukupnya

Resep Keripik Pisang Coklat Lumer :

  1. Pisang raja yang sudah di kupas direndam dalam air dicampur dengan garam. Perendaman dilakukan kurang lebih 1 jam.
  2. Berikutnya pisang diiris tipis-tipis. Kemudian kembali direndam dengan air garam lebih kurang 5 menit lalu diangkat. Supaya kalian bisa mengiris lebih cepat serta memiliki ketebalan yang sama. Sebaiknya diiris menggunakan alat khusus untuk mengiris pisang yang mau dijadikan keripik.
  3. Proses selanjutnya irisan pisang direndam kurang lebih 30 menit dalam air kapur sirih. Siapkan semua perlengkapan membuat keripik pisang selagi menunggu rendaman pisang. Termasuk minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  4. Setelah direndam dalam air kapur sirih kemudian diangkat. Lalu kembali direndam dalam air garam sebentar.
  5. Kelima, goreng semua irisan pisang  dalam minyak panas dengan api yang sedang. (kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying)Tunggu hingga matang atau warnanya berubah menjadi cerah kuning kecoklatan.
  6. Angkat lalu diamkan beberapa saat hingga panasnya sudah setingkat dengan suhu ruangan.
  7. Panaskan minyak di dalam wajan dengan api kecil
  8. Masukkan coklat batang. Aduk perlahan coklat batang hingga meleleh. Pastikan apinya kecil ya.
  9. Saat sudah benar – benar leleh, matikan kompot. Tetap aduk coklat agar tidak Kembali mengeras.
  10. Masukkan keripik pisang yang sudah jadi ke dalam lelehan coklat.
  11. Aduk keripik pisang agar terbalur lelehan coklat dengan merata.
  12. Jika sudah merata, angkat keripik dan tunggu dingin.
  13. Keripik pisang coklat lumer dapat kalian nikmati bersama keluarga.

Tips Memasak Keripik Pisang Coklat Lumer :

Sebaiknya, kalian menggunakan pisang yang masih muda. Boleh juga menggunakan pisang yang setengah matang. Jika kalian menggunakan pisang yang sudah matang. Maka, hasil keripik tidak akan bagus.

Selain itu, jika menggunakan pisang yang matang. Pisang tidak akan bisa diiris tipis dengan bagus. Tekstur pisang matang sudah lember. Berbeda dengan pisang setengah matang yang masih segar.

Meski hanya camilan sederhana. Keripik pisang coklat memiliki segudang manfaat, loh! Karena banyaknya nutrisi yang dikandung pisang dan coklat. Sehingga keripik pisang coklat memiliki banyak sekali manfaat.

Diantaranya sebagai anti depresan, sumber antioksidan. Selain itu kadar gula dalam darah akan lebih stabil dan teratur. Kalian juga akan memiliki energi. Serta sistem pencernaan kalian akan lebih lancar. Banyak juga ya ternyata manfaatnya.

Jadi kalian tidak akan rugi mengonsumsi camilan satu ini. Meski begitu, porsinya harus tetap dijaga ya. Memakan sesuatu secara berlebihan pasti akan membawa dampak buruk. Walaupun makanan itu mengandung banyak manfaat.

Gimana, nih? Sudah tahu kan resep keripik pisang coklat khas lampung yang dijamin enak? Sekarang kalian bisa memasak di rumah. Kalian bisa menyimpan di dalam toples akan lebih tahan lama. Untuk dinikmati saat bersantai bersama keluarga.