Resep Keripik Bayam Enak Dan Mudah!

resep keripik bayam

Resep Keripik Bayam adalah resep yang akan saya bagikan pada teman-teman sekalian dan simak sedikit fakta tentang bayam berikut ini.

Bayam sudah menjadi salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi oleh sekian banyak orang. Selain bernilai gizi tinggi, olahan bayam saat ini pun sudah beragam . Ada yang mengolahnya dengan cara ditumis, dibuat salad, atau kreasi lainnya seperti camilan kripik bayam satu ini.

Resep Keripik Bayam Enak

resep keripik bayam

Bahan-Bahan :

  • 50 lembar daun bayam segar
  • 250 gr tepung beras
  • 50 gr tepung kanji
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 cm kunyit
  • 2 butir kemiri
  • secukupnya garam
  • minyak goreng
  • secukupnya air

Langkah-Langkah :

  1. Cuci bersih daun bayam dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, dan kunyit
  3. Kemudian buat adonan tepung beras serta tepung kanji dan tambahkan air secukupnya. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan air hingga encer. Untuk adonan keripik bayam nya jangan terlalu kental ya teman-teman, karena nanti bisa menjadi kurang kriuk.
  4. Panaskan minyak, setelah panas, kecilkan apinya. Celupkan daun bayam satu persatu. Goreng sampai kuning keemasan.
  5. Setelah dingin, simpan keripik bayam di wadah tertutup

Manfaat Sayur Bayam

Mencegah Anemia

Hal ini dikarenakan bayam merupakan salah satu asupan zat besi yang baik. Tetapi, sayur bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasatinya yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

Menjaga Tekanan Darah

Bayam mempunyai manfaat untuk menjaga tekanan pada darah. Ini dikarenakan bayam mempunyai kandungan potasium yang bisa menurunkan tekanan pada darah.

Resiko terkena penyakit hipertensi pun akan berkurang dikarenakan folat yang bisa menenangkan pembuluh darah. Dengan terjaganya tekanan darah, maka stres pada sistem kardiovaskuler juga akan berkurang. Tubuh pun akan mendapat oksigen dengan cukup baik.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan bayam yang sangat kaya akan beta-karoten, xanthene serta lutein sangatlah baik bagi kesehatan pada mata. Dengan mengkonsumsi sayur bayam secara rutin setiap hari, kebutuhan untuk vitamin A akan selalu terpenuhi.

Dilansir dari Hellosehat, mengonsumsi bayam juga dapat mengatasi beberapa masalah pada mata seperti mengurangi rasa gatal di mata, membantu mengobati ulkus mata dan masalah lainnya. Selain itu, kandungan lutein dan xanthene dalam bayam bertugas sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak pada mata.

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Bayam kaya akan serat dan mineral. Serat dan mineral tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Bayam yang mempunyai kandungan kalium tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu, penderita hipertensi disarankan mengonsumsi bayam secara rutin.

Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K yang terkandung didalam sayur bayam bisa membantu menyerap kalsium oleh tulang sehingga tulang bisa menjadi lebih kuat. Rendahnya asupan vitamin K bisa mengakibatkan risiko patah tulang menjadi sangat tinggi.

Oleh karena itu, mengkonsumsi bayam sangat penting dikarenakan sebagai pengubah protein matriks pada tulang, meningkatkan penyerapan kalsium serta mengurangi jumlah kalsium yang bisa meninggalkan tubuh malalui urine.

Mengkonsumsi sayur bayam pun sangat baik bagi seseorang yang sudah lanjut usia. Karena sayur bayam juga mempunyai manfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang.

Itu lah beberapa manfaat dari Resep Keripik Bayam yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari mesin untuk alat pres kedap udara silahkan membaca artikel berikut Mesin Vacuum Sealer teman-teman juga akan menemukan spesifikasi lengkapnya disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!