Resep Kentang Roll Sosis Enak dan Lezat!

resep kentang roll sosis

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa resep kentang roll sosis yang mudah di bikin.

Sosis kentang adalah jajanan yang mungkin masih belum begitu populer di negara kita. Makanan jenis ini sudah banyak di beberapa daerah seperti di ibu kota, jajanan yang satu ini kini mulai dikenal dan disukai sebagai jajanan pinggir jalan yang lezat terutama oleh kaum remaja dan anak-anak.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

resep kentang roll sosis

Manfaat kentang sudah sejak dulu  dijadikan menu diet bagi orang-orang yang memiliki keluhan gejala penyakit diabetes. Kentang termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian yang berasal dari Amerika, dan sudah dibudidayakan pada negara-negara lain termasuk Indonesia.

Di negara asalnya , kentang sudah lama dijadikan makanan pokok bagi penduduknya. Tidak heran lagi dengan kentang karena kentang merupakan salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Dan kentang juga memiliki kandungan yang tersimpan manfaat yang baik bagi tubuh.

Kandungan Kentang

Pada kentang memiliki zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral penting lainnya. Hal ini yang menyebabkan kentang baik dikonsumsi dalam menu makan sehari-hari. Dibawah ini merupakan  kandungan gizi Kentang yang terdapat dalam satu porsi 173 Gr Kentang .

Pada kentang memiliki kandungan gizi memang ia sangat tinggi kandungan vitamin B6 dan Potasium, lalu apa saja manfaat kentang bagi kesehatan tubuh kita.

1. Pencegahan kanker

Manfaat lain pada kentang yaitu adanya Vitamin B6  yang dapat melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Memakan kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Kentang juga dapat mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Karena pada kentang memiliki kandungan  zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Zat yang rendah pada kentang, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

3. Mengurangi resiko batu ginjal

Pada kentang memiliki kalsium dan zat besi dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Terhadap orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang ‘haram’ bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

4. Kesehatan Jantung

Manfaat lain yag ada pada kentang adalah Zat gizi yang mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Tidak hanya iru kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

5. Membangun dan pembentukan sel

Vitamin B6 merupakan vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 ini membutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri merupakan protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian lain protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Oleh karena  itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.

Manfaat Sosis Bagi Kesehatan Tubuh

resep kentang roll sosis

1. Mengurangi depresi

Manfaat sosis daging yang pertama bisa membantu anda di dalam mengurangi depresi. Jenis makanan ini akan semakin di butuhkan pada trismeter akhir untuk mencegah depresi karena kelelahan atau kondisi kehamilan yang semakin berat. Hal ini yang menyebabkan kehamilan tubuh ibu hamil membutuhkan nutrisi yang sangat penting.

2. Protein untuk pembentukan janin

Manfaat sosis yaitu sangat bagus untuk ibu yang sedang hamil kerena memiliki kandungan senyawa protein yang sangat baik bagi ibu hamail, karena untuk membantu membangun pertumbuhan berbagai jenis organ seperti sistem pernafasan, otak, tulang, otot, sistem pembentukan tubuh. Sehingga pada kehamilan akan menbatu ibu hamil bisa memilki bayi sehat dan tidak kekurangan nutrisi.

3. Mendukung metabolisme tubuh

Sosis sangat lah bagus untuk proses metabolisme karena membutuhkan dukungan yang kuat dari sosis daging. Metabolisme ini akan membentuk tubuh yang sehat karena semua proses pencernaan. Proses penyerapan nutrisi dan pengolahan berbagai zat yang masuk keorgan tubuh bisa di lakukan dengan baik. Lalu, metabolisme juga akan mendukung proses fisiologis sehingga tubuh menjadi lebih kuat.

4. Untuk pemeliharaan sel tubuh

Selain itu sosis sangat  bagys untuk sel tubuh yang sehat. Hal ini yang menyebabkan karena makanan ini bisa menjadi asupan yang sangat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati. Dengan adanya makanan ini yang cukup maka tubuh bisa tetap sehat sepanjang masa.

5. Menghasilkan tenaga

Sosis juga memiliki kandungan zat yang baik untuk tubuh terutama untuk membantu pembentukan tenaga. Banyak jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak diperlukan tubuh sebagi cadangan energi.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selai itu sosis juga memiliki zat yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena sistem imunitas mendapakan dukungan dari berbagi jenis organ tubuh yang sehat. tubuh mampu melindungi dari serangan kuman, dan parasit. Sosis juga akan meningkatkan kemampuan sistem syaraf.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat lain dari sosis adalah sangat penting untuk memilahara kesehatan jantung. Sosis juga dapat membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol dalam tubuh yang di dapatkan dari makanan. Jenis makanan ini bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung.

Dibawah ini adalag beberapa resep kentang roll sosis yang bisa anda buat di rumah.

 

Resep Kentang Roll Sosis

resep kentang roll sosis

Bahan Kentang Rol Sosis :

  • bahan:
  • 5 pcs sosis sapi
  • 5 pcs kentang ukuran sedang
  • 1 cup keju parmesan
  • 2 sdm tepung terigu
  • ½ sdt bubuk paprika
  • ½ sdt bubuk bawang bombai
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt lada hitam
  • 1 butir telur

Cara Membuat Kentang Rol Sosis :

  1. Bersihkan kulit kentang dan rebus hingga matang dengan beri sedikit taburan garam
  2. Parut kasar kentang tersebut (pastikan kentang sudah kering)
  3. Andukkan kentang parut, keju parmesan, tepung terigu, bubuk paprika, bubuk bawang putih, bubuk bawang bombai, garam dan lada
  4. Kocok telur, lalu tuangkan dalam adonan, aduk rata
  5. Setelah itu potong sosis dengan ukuran 2 cm, kemudian bungkus dengan adonan kentang dan diamkan dalam freezer 15 menit
  6. Goreng sosis dalam minyak panas hingga coklat keemasan
  7. Sajikan dengan saus sambal

Resep Kentang Sosis Cheese Roll

resep kentang roll sosis

Bahan Kentang Sosis Cheese Roll :

  • 1 kg kentang
  • 170 gr/ 1pack keju (parut)
  • 20 buah sosis
  • 70 gr maizena
  • Secukupnya penyedap ayam
  • Secukupnya ladaku
  • 350 gr tepung roti
  • Secukupnya tepung terigu+air

Cara Membuat Kentang Sosis Cheese Roll :

  1. Pertama kukus terlebih dahuku kentang lalu tumbuk saat kentang masih hangat agar kentang mudah hancur.
  2. Kemudian tambahkan maizena aduk rata. Campur ladaku dan penyedap secukupnya tambahkan keju parut lalu aduk rata. (icip untuk rasa yang di inginkan)
  3. Sediakan plastik bersih sebagai alasnya. Pisahkan kentang sekitar 50gr bentuk bulat, kemudian pipihkan cukup menggunakan tangan saja.
  4. Setelah itu taro sosis diatas kentang yang sudah dipipihkan lalu gulung dan rapihkan
  5. Lalu masukan Kentang Roll tadi ke adonan tepung cair sampai rata, kemudian masukan kedalam tepung roti sampai rata. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Apabila masih ada sisa adonan kentang, kita bisa bikin cemilan potato cheese stick. Caranya tinggal pipihkan adonan kentang lalu potong memanjang.
  7. Goreng di api sedang agar Sosis potato Cheese Roll matang sempurna sampai ke dalam tanpa gosong.

Resep Kentang Sosis Gulung

resep kentang roll  sosis

Bahan Kentang Sosis Gulung :

  1. 500 gr kentang
  2. 2 saset dancow putih
  3. 5 sdm maizena
  4. 6 buah sosis
  5. 6 lembar keju slice
  6. Tusuk sate
  7. Penyedap rasa
  8. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kentang Sosis Gulung :

  1. Pertama kukus kentang hingga matang, setelah itu kupas kulit nya, dan campur dengan semua bahan, diauk2 jadi satu, kentang halus, susu, penyedap, dan maizena.
  2. Setelah iyu bentuklah kentang sesuai dengan selera, bikin adonan kentang dulu, masukan selembar keju, tumpuk dengan sosis lalu gulung adonan hingga menutupi sosis.
  3. Tusuk ke tusukan sate, ini aku buat stok, jadi masukin freezer, sebelum digoreng juga lebih baik masukin kulkas dulu, biar adonannya nyatu, tapi gapapa sih kalo mau di goreng langsung, Kemudian gorengnya sampe bener2 berkulit ya, dan kalau bisa kentangnya terendam semua, biar gak copot2 dan ancur.

Bagaimana dengan resep kentang roll sosisnya? itulah resep yang saya bagikan kali ini sangat mudah bukan untuk membuatnya?. Apabila kalian ingin cepat dan juga praktis dalam mengolahnya pakailah mesin pengupas kulit kentang ya. Itulah resep kentang roll sosis yang saya bagikan kali ini semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba!