Resep Jamur Tiram Crispy Untuk Usaha Rumahan

resep jamur tiram crispy untuk usaha Saat ini bisnis makanan ringan dengan modal kecil semakin banyak diminati oleh pemilik modal yang ingin memperoleh keuntungan maksimal dari usaha itu. Salah satunya adalah bisnis jamur tiram kripsi. Camilan yang sehat ini sudah digemari oleh semua kalangan namun resep jamur crispy yang sebenarnya tidaklah mudah karena banyak pengusaha yang gagal untuk membuatnya agar tetap krispy dan renyah tahan lama.

Cara Membuat Crispy Jamur Tiram

resep jamur crispy

Agar jamur yang kalian bisa tetap renyah dan juga enak, maka sebaiknya perhatikan terlebih dahulu cara membuat crispy jamur tiram sebagai berikut:

  • Bahan utama

Siapkan beberapa bahan utamanya terlebih dahulu yang terdiri dari 250 gram jamur tiram, bumbu tabur beraneka rasa sebagai topping utama, dan minyak goreng yang jumlahnya cukup banyak untuk menggoreng deep fried.

  • Bumbu celupan

Bumbu celup ini akan di gunakan untuk mencelupkan jamur tiram sebelum di beri bumbu tepung yang kering. Siapkan 50 gram tepung terigu, dua siung bawang putih yang telah di haluskan sebelumnya, garam dua sendok teh , setengah sendok teh baking powder, setengah sendok teh merica bubuk, ketumbar bubuk setengah sendok teh , dan 150 ml air. untuk melarutkan semua bumbu .

  • Bahan pelapis

Bahan pelapis ini yang nantinya akan digunakan terakhir setelah jamur tiram dicelupkan ke dalam bumbu celupan tersebut. kalian harus menyiapkan 250 gram tepung terigu berprotein , 25 gram tepung beras, 25 gram maizena, setengah sendok teh baking powder, setengah sendok teh kaldu ayam bubuk, setengah sendok teh merica bubuk, dan satu sendok teh garam.

  • Cara membuatnya

pertama kalian mencuci bersih dahulu jamur tiram dari sisa-sisa log kayu yang mungkin masih menempel namun jangan terlalu keras untuk bagian atasnya karena nanti jamur bisa robek. Kemudian potong jamur tiram secara memanjang atau disuwir dengan bagian yang sama lalu tiriskan untuk menghilangkan air yang ada pada jamur. Kemudian campur semua bumbu celupan. Ambil jamur tuiram yang telah di suwir sebelumnya tadi dan masukkan ke dalam bumbu celupan, kemudian angkat dan goyang-goyangkan jamur sehingga bumbu celupan tidak menggumpal pada jamur terlalu banyak. kemudian Masukkan jamur ke dalam bahan pelapis. Gulingkan jamur dan remas perlahan sehingga semua tepung menempel rata dan sempurna pada jamur. Lakukan cara ini berulang-ulang hingga semua jamur tertutup dengan tepung. lalu Panaskan minyak dengan jumlah yang agak banyak dan masukkan jamur ke dalamnya dengan metode deep fry. Goreng hingga berwarna coklat keemasan. Setelah itu tiriskan jamur tiram hingga minyak hilang dan masukkan ke dalam wadah palstik. Kemudian masukkan bumbu tabur, tutup wadah dan kocok sehingga jamur pastikan semua jamur terkena bumbu tabur. Masukkan kembali beberapa jamur ke dalam wadah plastik dan beri bumbu tabur yang berbeda sehingga kalian mendapatkan variasi camilan jamur tiram yang banyak. Kemudian sajikan dengan saus.

resep jamur crispy

Bahan-bahannya :

  • Jamur Tiram segar (sekitar 2ons)
    1 Butir telur
    Garam Secukupnya
    Penyedap Rasa Secukupnya
    100 gr Tepung Terigu
    50 gr Tepung Maizena
    2 gr Baking Powder

CARA MEMBUAT

1.Bersihkan jamur segar dari kotoran. Iris -iris memanjang.                                                                                          2.Letakkan irisan jamur ke dalam wadah, siram dengan air panas, aduk-aduk sebentar.
3.Tiriskan jamur tiram, sedikit tekan/peras, hingga air berkurang.
4.Lalu , Kocok telur ayam, beri garam dan penyedap rasa, rasa disesuaikan dengan selera kalian masing-masing.
5.Kemudian , Celupkan jamur ke dalam kocokan telur, lumuri jamur sampai rata.
6.Selanjutnya , Masukkan celupan jamur tadi ke dalam adonan tepung, aduk-aduk dan diremas-remas hingga tepung menempel sempurna pada adonan jamur.
7.Lalu , Panaskan wajan pada kompor atau  tungku kemudian masukan adonan dengan mengunakan  api yang sedang saja, jangan terlalu panas, goreng jamur tiram yang sudah bertepung hingga keringnya bisa sempurna, angkat tiriskan,

8.siap disajikan dengan aneka topping/taburan.