Resep Gudeg Nangka Muda Enak dan Mudah Dibuat !

resep gudeg nangka muda

Resep gudeg nangka muda yang menjadi primadona sangat mudah. Makanan khas jogja ini memiliki banyak sekali peminat. Bahkan, Jogja memiliki julukan khusus. Yaitu kota gudeg. Karena begitu terkenalnya gudeg khas Jogja.

Sebenarnya gudeg tidak hanya ditemukan di daerah Yogyakarta saja. Kita juga dapat menemukan gudeg di berbagai daerah lain di provinsi Jawa Tengah. Menu gudeg ini sendiri kemudian menjadi populer. Bahan utamanya berupa buah nangka muda.

Cita rasa gudeg yang manis dan gurih memang menjadi ciri khas dari makanan ini. Rasa khas dari makanan ini berasal dari proses memasak yang cukup lama. Proses memasak gudeg berlangsung hingga beberapa jam lamanya.

Proses memasak gudeg berlangsung hingga beberapa jam lamanya.Tujuannya untuk memasak buah nangka. Sehingga benar-benar empuk dan bisa dikonsumsi. Uniknya lagi, gudeg dimasak bersama dengan daun jati. Dimana daun jati ini yang memberikan warna coklat.

Normalnya, gudeg dimasak dengan santan dan gula biasanya disajikan dengan nasi putih. Ditambahkan dengan berbagai jenis lauk pauk seperti telur rebustahu, tempe. Atau ayam kampung dan sambal goreng krecek yang terbuat dari kulit sapi.

Berikut resep gudeg nangka muda yang dapat kalian tiru. Pastikan mengikuti langkah dengan urut. Agar rasa gudeg kalian enak.

Resep Gudeg Nangka Muda

resep gudeg nangka muda

Bahan – Bahan :

  • 1 kg nangka muda. Potong potong
  • 200 gr gula aren. Sisir halus
  • 10 butir telur
  • 10 lembar daun salam
  • 2 liter santan
  • 4 cm lengkuas. Potong memanjang
  • 1 liter air kelapa

Bumbu Dihaluskan :

  • 15 siung bawang merah
  • 10 butir kemiri, sangrai
  • 10 butir bawang putih
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 2 sdm garam
  • 1/2 sdt merica bubuk

Resep Gudeg Nangka Muda :

  1. Cuci bersih nangka. Rebus sebentar lalu angkat dan tiriskan. Siapkan panci, alasi dasarnya dengan daun salam. 
  2. Letakkan irisan lengkuas tepat di atas daun salam
  3. Masukkan potongan nangka muda, gula aren, dan telur.
  4. Campur kan setengah air kelapa dengan bumbu halus. Aduk merata.
  5. Tata potongan nangka di dalam panci dan tuang bumbu.
  6. Tuang sisa air santan kelapa. Pastikan nangka muda dan telur rebus terendam.
  7. Masak dengan api kecil dan panci tertutup selama 2 jam. Agar rasa dan bau tidak pecah.
  8. Setelah airnya mengering sedikit, angkat dan sisihkan telurnya.
  9. Tuang santan dan aduk hingga potongan nangka hancur.
  10. Masukkan kembali telur. Rendam dengan air santan.
  11. Masak lagi dengan api kecil selama 3-4 jam. Jangan lupa diaduk sesekali.
  12. Masak hingga matang dan santan habis. Gudeg akan berwarna coklat kemerahan.
  13. Setelah matang, siram kan aren atau kuah opor ke atas gudeg.
  14. Sajikan dengan nasi putih dan lauk lain.

Tips Menikmati Gudeg :

Kalian dapat menambah beberapa pelengkap gudeg. Diantaranya nasi putih, kuah aren, dan opor ayam. Jika ingin lebih lengkap. Tambahkan tahu, sambal goreng krecek dan sambal. Sehingga gudeg semakin nikmat.

Kalian juga bisa menikmati gudeg ditambah dengan kerupuk. Rasa manis gudeg akan lebih nikmat jika ditambah kerupuk. Nah, ada tips nih agar hasil gorengan kerupuk lebih renyah. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Jadi, kerupuk akan renyah dan tambah enak.

Sebagai makanan berat dengan berbagai badan dan rempah. Gudeg kaya sekali akan manfaat dan nutrisi. Kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Banyak penyakit yang bisa kalian hadang dengan memakan sajian ini.

Beri – beri dapat dicegah. Nafsu makan juga bertambah. Meningkatkan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer. Juga dapat mengatur suhu tubuh, menurunkan kolesterol. Massa otot bertambah, mencerdaskan otak, serta meredakan pilek.

Jadi, tidak akan rugi jika kalian mengonsumsi gudeg. Sudah merasakan makanan yang lezat. Kalian juga akan mendapat banyak sekali manfaat. Tubuh kalian tentu akan lebih sehat lagi.

Namun, selalu ingat untuk mengonsumsi dalam batas wajar. Sesuatu yang berlebihan jelas tidak baik. Meskipun banyak manfaat. Memakan gudeg juga harus diberi jeda. Jangan setiap waktu menikmati sajian ini.

Gimana? Mudah sekali kan resep gudeg nangka muda di atas? Selain mudah dan enak. Manfaat gudeg yang sangat banyak membuat kita semakin menyukai gudeg. Kalian juga dapat menikmati gudeg meski sedang tidak ke Yogyakarta. Dengan mengikuti resep gudeg nangka mudah. Selamat mencoba!