Resep Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang Yang Pasti Enak

Resep cara membuat bolu ketan hitam panggang yang pasti enak

Cara membuat bolu ketan hitam panggang gampang membuatnya dan pasti enak rasanya, bahannya pun mudah didapat. Kue bolu banyak digemari semua kalangan dari anak kecil sampai orang dewasa karena rasanya yang enak dan nikmat ditambah dengan teksturnya yang empuk.

Bolu Ketan Hitam

Resep cara membuat bolu ketan hitam panggang yang pasti enak

Bolu ketan hitam panggang merupakan varian dari kue bolu panggang yang mempunyai rasa enak, lezat dan sangat lembut. Bolu ini disukai banyak orang mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Setiap orang yang mencicipi bolu ketan hitam, pasti akan merasa ketagihan saat memakannya.

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang

Resep cara membuat bolu ketan hitam panggang yang pasti enak

Bahan:

  • 6 butir telur utuh
  • 200 gram gula pasir
  • 250 gram tepung ketan hitam yang dicampur dengan 50 gram tepung terigu dan diayak
  • 2 sdm santan kental
  • 200 gram minyak yang dicampur dengan mentega cair dengan perbandingan 1:1

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah yang bersih masukkan telur dan gula pasir lalu diaduk dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi sampai adonan mengental.
  2. Tuangkan tepung ketan hitam sambil di ayak dan masukkan santan secara bergantian dengan memasukkan tepung ketan hitam lalu aduk sampai merata.
  3. Tuangkan minyak yang sudah dicampur dengan mentega ke dalam adonan tersebut dan aduk sampai merata.
    Siapkan loyang berbagai bentuk dan ukuran sesuai selera dan aduk sambil dibalik sampai merata.
  4. Siapkan panggangan dengan mengatur suhunya sampai 180 derajat celcius. Lalu masukkan loyang yang sudah berisikan adonan bolu ketan hitam dan di panggang selama 30 menit.
  5. Tusuk adonan bolu dengan menggunakan tusuk gigi sebelum bolu diangkat untuk mengetes tingkat kematangannya.
  6. Jika tusuk gigi bersih dari adonan bolu artinya bolu ketan hitam sudah matang tetapi jika tusuk gigi terdapat sisa adonan bolu artinya bolu belum matang tunggu sampai beberapa menit lagi.
  7. Jika sudah matang angkat loyang dan sajikan diatas piring.

Baca Juga:Cara Membuat Coklat Cair untuk Piscok Dirumah dengan Mudah

Tips Membuat Bolu Panggang Agar Mengembang Dan Tidak Gagal

Rese cara membuat bolu ketan hitam panggang agar mengembang dan tidak gagal

1. Semua Bahan Harus Bersuhu Ruang

Telur yang dingin ternyata akan sulit mengembang saat dikocok, begitu juga dengan margarin. Jangan sampai menuangkan margarin yang baru saja dilelehkan langsung ke dalam adonan atau ketika margarin masih dalam keadaanpanas karena baru saja dilelehkan. Jika ingin menuangkan diamkan margarin untuk bebrapa menit jika agak hangat baru boleh untuk dimasukkan ke dalam adonan bolu.

2. Proses Melelehkan Margarin

Margarin yang sudah mencair juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama di suhu ruang. Caranya jika proses mengaduk adonan sudah setengah berjalan, segera untuk melelehkan margarin di atas panci dengan keadaan api yang kecil. Jika margarin sudah hampir mencair semua, segera untuk mematikan api dan angkat lalu pindahkan margarin ke dalam wadah. Kemudian, sambil tetap mengocok adonan, margarin yang masih hangat siap untuk dituang kedalam adonan.

3. Perhatikan Wadah dan Alat yang Digunakan

Wadah dan alat yang digunakan untuk membuat bolu harus dalam keadaan kering. Jangan sampai ada air, minyak, atau mentega yang menempel pada wadah yang akan digunakan. Wadah yang lembap pun tidak boleh untuk dipakai, karena akan membuat adonan bolu menjadi bantat.

4. Cara Menuang Bahan-Bahan

Menuangkan bahan ke dalam adonan bolu juga harus dengan cara perlahan. Contohnya tepung terigu di ayak terlebih dulu agar tidak ada gumpalan tepung terigunya. Tuangkan sebagian dulu dan aduk dengan menggunakan spatula. Jika sudah tercampur sampai merata barulah tuangkan lagi sampai habis. Agar mengaduk adonan tidak membutuhkan waktu yang lama, gabungkan saja bahan bolu seperti tepung terigu, baking powder, susu bubuk, cokelat bubuk, atau maizena menjadi satu. Dan untuk bahan bolu yang cair juga bisa digabungkan seperti margarin yang bisa digabungkan dengan pasta, susu cair, ataupun santan. Tapi pastikan juga takaran bahannya sudah sesuai dengan resep. Jika salah sedikit saja, bolu bisa menjadi bantat.

5. Lama Mengocok Adonan

Adonan bolu tidak boleh dikocok dengan waktu yang lama. Saat mengocok telur, gula dan emulsifier gunakanlah mixer dengan kecepatan yang rendah. Kemudian naikkan kecepatan mixer agar adonan bolu dapat mengembang dan naikkan lagi kecepatan mixer ke yang paling tinggi agar dapat mengokohkan adonan bolu agar tidak cepat kempes.

Waktu untuk mengocok adonan bolu juga harus disesuaikan. Jika terlalu cepat berhenti mengocok adonan, bolu akan kurang stabil dan akan menyebabkan bolu cepat kempes bahkan dalam keadaan bolu masih dipanggang. Tetapi jika mengocok adonan dalam waktu yang lama, bolu akan terlalu banyak kemasukan udara yang akan menyebabkan bolu menjadi bantat.

6. Mengatur Temperatur Oven

Panaskan oven terlebih dahulu. Karena, jika terlalu lama untuk menunggu oven agar panas, adonan bolu yang sudah mengembang akan menjadi turun kembali. Cukup panaskan oven selama 5 sampai 10 menit saja. Apabila oven terlalu panas akan membuat adonan bolu menjadi cepat gosong.

Jika adonan bolu belum mengembang dengan sangat sempurna, jangan pernah untuk membuka tutup pintu oven. Jika ingin mengetahui keadaan bolu sudah matang atau belum, cukup dengan menusuk bagian tengah bolu saja dengan menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate. Jika sudah tidak ada adonan bolu yang menempel pada tusuk gigi atau tusuk sate artinya bolu sudah matang dengan sempurna.

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika kamu ingin lebih mengetahui bagaimana cara membuat bolu panggang agar mengembang kamu bisa membaca atikel Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang. Semoga artikel ini bermanfaat.