Resep Bubur Jagung Mutiara Mudah Dibuat Saat Santai!

resep bubur jagung mutiara

Siapa yang tidak mengenal dengan makanan bubur? yup, bubur adalah makanan yang berbahan dasar dari nasi. Makanan tersebut bisa di jumpai saat sarapan. Selain bubur dengan bahan dasar nasi ternyata ada juga bubur dengan berbahan dasar jagung. Dalam artikel kali ini akan membahas resep bubur jagung mutiara.

Jagung manis bisa diolah menjadi macam-macam hidangan, salah satunya adalah bubur jagung. Banyak sekali toping untuk membuat bubur jagung, karena setiap daerahnya bubur jagung dimasak dengan bahan yang berbeda-beda. Salah satu bubur jagung yang akan dibahas adalah dengan bahan pendukungnya yaitu mutiara.

Bubur jagung mutiara adalah makanan atau jajanan dari daerah aceh selain Kanji Rumbi dan Bu Pedah. Bubur ini dapat dinikmati oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Bubur ini hampir mempunyai rasa yang sama dengan sop asparagus yang biasa ada di hotel atau di kafe.

Bubur jagung mutiara bisa dinikmati saat sedang bersantai. Selain rasanya yang enak bubur ini juga memiliki banyak manfaat dan gizi yang banyak, karena mengandung bahan utama dari jagung.

Cara pembuatan bubur jagung mutiara ini tidak terlalu sulit dan tidak terlalu memakan waktu. Untuk mencari bahan-bahannya juga bisa di temukan di pasar atau di warung-warung. Bahan-bahan yang dipakai bebas dari bahan kimia jenis apapun, yaitu dengan bahan jagung manis yang di campur tepung maizena, tepung beras dan santan.

Resep Bubur Jagung Mutiara

Bahan :

  • 2 buah jagung manis
  • 100 gram sagu mutiara
  • 3-5 sendok makan gula pasir
  • 1 sachet santan kara yang berukuran 65 ml, campurkan dengan air hingga menjadi 500 ml
  • 1-2 sachet skm putih
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 200 ml air untuk tambahan

Langkah membuat bubur jagung mutiara :

  1. Kupas kulit jagung dan bersihkan rambut-rambut dari jagung, lalu cuci jagung hingga bersih.
  2.  Jika sudah bersih pipil jagung dari bongkolnya. Untuk mempermudah saat mepipil bisa menggunakan mesin pemipil jagung. Dengan menggunakana mesin tersebut akan mempermudah saat pemipilan dan tidak memakan waktu yang banyak.
  3. Blender setengah jagung yang sudah dipipil. Blender jagung hingga halus.
  4. Rebus santan, garam dan pandan bersamaan hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih masukkan jagung pipil dan jagung yang sudah di blender. Masak hingga jagung matang.
  6. Tambahkan sagu mutiara dan masak dengan api besar selama 5 menit. Jika sudah matikan kompor dan diamkan adonan selama 30 menit sampai sagu mutiara mengembang.
  7. Setelah mengembang nyalakan kembali kompor dan tambahkan air, karena air sebelumnya sudah menyusut. Masukkan gula pasir dan skm putih, aduk hingga merata. Masak hingga mendidih dan matang. Setelah itu bisa dirasakan apa yang kurang.
  8. Bubur jagung siap di nikmati!

Mudah bukan cara pembuatannya? Ada juga beberapa resep yang bisa diliat di cara membuat bubur jagung, karena di artikel tersebut ada banyak resep bubur jagung yang bisa di coba selain bubur jagung mutiara.

Tips :

  • Pilihlah jagung manis yang masih muda, karena tekstur pada bijinya terasa lembut dan rasa yang manis. Pada saat di hancurkan juga tidak terlalu sulit. Ciri-ciri pada jagung manis yang masih mudah adalah mempunya tekstur lembut tidak terlalu keras dan berwarna kuning terang.
  • Untuk penggunaan skm putih bisa di gunakan 1 sachet saja, tapi jika menyukai yang manis bisa menggunakan 2 sachet.

Itulah resep bubur jagung mutiara yang bisa di coba saat sedang di rumah. Selamat mencoba!