Resep Bolu Kukus Pisang Lezat Dan Sederhana!

resep bolu kukus pisang

Bolu Kukus adalah makanan manis (sweet goods), Resep Bolu Kukus Pisang terbuat dari bahan utama: tepung terigu, gula, telur dan margarin. Sejarah Bolu Kukus memanglah sangat panjang dan tidak bisa dilepaskan dengan sejarah roti, yang berasal dari zaman mesir kuno.

Resep Bolu Kukus Pisang

resep bolu kukus pisang

Bahan-Bahan :

  • 8 sdm tepung terigu serbaguna
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 butir telur
  • 3 buah pisang Ambon matang, dilumatkan
  • 1 sachet kental manis
  • 1 sdm soda kue
  • 5 sdm margarin, lelehkan

Langkah-Langkah :

  1. Siapkan bahan. Aduk menggunakan garpu, telur dan gula pasir hingga gula larut. Ayak/saring terigu dan soda kue ke dalam telur tadi secara bertahap, aduk rata. Dandang kukusan sudah bisa dipanaskan ya. Tutup kukusan dibungkus serbet bersih.
  2. Masukkan kental manis, aduk rata. Tambahkan pisang lumat, aduk rata.
  3. Masukkan margarin cair, aduk hingga rata. Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Kukus sekitar 30 menit dengan api sedang.
  4. Tes tusuk dengan tusuk gigi bersih. Jika tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi, angkat loyang, dingin kan. Keluarkan bolu dan potong-potong. Siap disantap, enak banget

Manfaat Bolu Pisang

resep bolu kukus pisang

Pisang juga merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak digemari juga oleh si Kecil. Ibu bisa menarik minat si Kecil untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah pisang ini agar sumber gizinya juga terpenuhi. Lalu, bagaimana jika si Kecil tidak terlalu suka dengan buah-buahan, terutama pisang? Tentunya, Ibu juga harus memiliki trik khusus untuk menarik minat serta selera si Kecil.

Salah satu caranya adalah dengan cara mengubah bentuk pisang matang menjadi kreasi yang unik dan menggiurkan untuk dicicipi si Kecil. Kini, Ibu dapat mencoba kreasi bolu pisang. Olahan makanan yang terbuat dari pisang ini juga bisa Ibu padukan dengan beberapa rasa kesukaan si Kecil, seperti dengan keju, cokelat hingga coklat kacang. Inidia beberapa manfaat yang bisa teman-teman dapatkan dari pisang itu sendiri :

1. Dapat Bantu Menjaga Merat Badan

Pisang ternyata bisa menahan nafsu makan, sebab di dalamnya terdapat kandungan serat yang mampu menahan rasa lapar sampai waktunya makan. Tetapi, sebagai makanan olahan yang berbahan pisang, porsi pisang tetap perlu dikontrol agar tidak terjadi obesitas pada si Kecil.

2. Merupakan Sumber Energi

Apabila Ibu-ibu sekalian ingin memberikan si Kecil suplemen yang alami agar si Kecil selalu dalam kondisi bugar, maka pisang adalah jawaban dari permasalahan tersebut. Pisang bisa menjadi sumber energi yang sangat baik sehingga selama si Kecil aktif, ia tetap dapat mencukupi kebutuhan energinya.  Dikutip dari sebuah buku The Book of Anti Aging: Rahasia Awet Muda, pisang termasuk jenis buah terbaik karena mengandung serat yang tinggi dan juga nutrisi.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat lain dari pisang ialah kandungan senyawa pectin atau serat tidak larut yang mampu menjaga pencernaan dan menjauhkannya dari diare. Diambil dari buku Say Yes to Homemade MPASI: Stiletto Book, daging pada buah pisang yang bertekstur lembut bisa juga untuk melapisi dinding lambung dan juga usus sehingga bisa menjadi lapisan anti radang untuk perut. Pisang juga baik untuk si Kecil yang sedang mengalami peradangan lambung atau usus.

Menu bolu pisang tersebut bisa Ibu gunakan untuk camilan di rumah ataupun sebagai bekal sekolah untuk si Kecil. Bunda juga bisa mengajak si Kecil berperan serta kedalam membuat kreasi masakan tersebut.

Mendampingi Buah Hati tumbuh sehat dan juga kuat tentu akan memberikan kepuasaan tersendiri bagi sang Ibu. Jadi tidak ada salahnya jika teman-teman ingin mencoba berkarya dengan berbagai macam-macam menu sehat untuk tumbuh kembang si Kecil.

Itu lah beberapa manfaat dari Resep Bolu Kukus Pisang yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Resep Bolu Kukus teman-teman juga akan menemukan berbagai macam resep bolu kukus disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya bagikan disini, dan share juga ke teman-teman lainnya supaya mereka juga mengetahui apa yang kita ketahui, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!