Resep Bolen Pisang Coklat Lumer

resep bolen pisang coklat lumer

Resep bolen pisang coklat lumer,renyah diluar,empuk berlapis dan enak untuk dijadikan camilan. Bolen pisang coklat salah satu kue yang sangat populer di indonesia khususnya bagi warga Bandung.

Olahan resep bolen pisang coklat lumer terkenal sebagai oleh – oleh khas Bandung,kue ini sangatlah di gemari oleh semua kalangan karena memiliki cita rasa yang manis,legit dan lumer di mulut ketika digigit.

Kue ini memiliki beberapa varian isian yang cukup banyak contohnya varian isi keju,coklat,green tea,strawberry dan tiramisu. Untuk cara membuatnya ternyata cukup mudah loh,kita bisa memulai dengan simak cara dibawah ini

Namun pertama – tama kenali terlebih dahulu apa sih itu Pisang Bolen?

Darimana asal Pisang Bolen ?

Sebelum kita mengetahui asal dari makanan Pisang Bolen mari kita ketehui lebih dulu awal mula darimana sih nama kue pisang bolen berasal.

Bananenbollen merupakan asal dari nama pisang bolen dari bahasa Belanda .Seperti yang sudah kita sudah ketahui bersama sejarah telah mencatat bahwa bangsa Indonesia pernah dijajah oleh Belanda atau yang dikenal dengan VOC, Vereenigde Oost-Indische Compagnie selama kurang lebih 350 tahun,sangat  lama bukan?

Diantara dari aneka ragam makanan lokal yang dapat kita jumpai saat ini ternyata banyak yang merupakan adaptasi dari makanan khas dari Belanda.Yups salah satunya adalah pisang bolen atau yang dalam bahasa Belandanya disebut dengan bananenbollen.

Jika saja di artikan dari kata bananenbollen,tentu saja kita bisa langsung menebaknya bahwa bananen  berarti banana atau pisang.

Sedangkan dalam bahasa inggris bollen berarti bulbs yang berarti sesuatu yang menggelembung hampir mirip seperti bola.Jadi secara simple dapat diartikan menjadi pisang yang dibungkus  sehingga menjadi seperti menggelembung.

Sekitar mulai dari tahun 1980-an di Indonesia kue pisang bolen mulai dikenal luas lebih tepatnya di kota Bandung.

Karena sangat terkenalnya kue ini,maka akan terasa tidak lengkap para wisatawan jika datang berkunjung ke kota Bandung tanpa membeli kue pisang bolen ini sebagai salah satu oleh-oleh khas dari kota Bandung itu sendiri.

Nah setelah mengatehui asal muasal dari pisang bolen yuk kita lanjut ke cara pembuatannya !

Resep Bolen Pisang Coklat Lumer

Bahan A :

  • 1 sdm minyak sayur
  • 75 gr margarin
  • 100 gr terigu

Bahan B:

  • 200 gr terigu
  • 75 gr margarin
  • 40 gr gula pasir
  • 80 ml air

Isian Bolen :

  • Keju secukupnya
  • Meses
  • 3 buah pisang apa saja

Bahan Olesan:

  • Kuning telur
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1 sdm kental manis

Cara Membuat Resep Bolen Pisang Coklat Lumer :

  • Pertama – tama gorenglah pisang terlebih dahulu dengan margarin kemudian tiriskan.
  • Siapkan wadah dan masukkan bahan pertama yaitu tepung terigu 100 gr,aduk – aduk dan masukkan kedalam kulkas selama 15 menit.
  • Masukkan bahan kedua yakni  tepung terigu 200 gr,2 sendok makan gula halus dan garam ke dalam wadah lalu aduk sampai rata.
  • Masukkan 75 gr margarin ke adonan yang sudah diaduk rata sambil tuang air sedikit demi sedikit lalu aduk.
  • Siapkan plastik,masukkan adonan ke dalam plastik dan taruh di kulkas kurang lebih 15 menit.
  • Keluarkan adonan pertama dan bagi adonan menjadi 20 bagian setelah dibagi adonannya.
  • Keluarkan adonan kedua dan bagi adonan menjadi 20 bagian seperti bagian yang pertama.
  • Gilas bahan A dan bahan B lau bentuk menyerupai amplop.
  • Diamkan 15 menit. Supaya adonan menjadi lentur.
  • Setelah di diamkan, taruh pisang dan cokelat, bentuk kotak.
  • Oven selama 40 menit dan sajikan.

Taburan bolen :

Untuk taburan bolen kita bisa mengkreasikan menurut kreasi kita sendiri namun biasanya taburan untuk bolen adalah messes coklat atau keju parut tapi kita juga mengkreasikan nya dengan bolen pisang coklat lumer yang bertabur dengan wijen.

Tentu saja akan menambah kesan yang bagus tanpa mengurangi cita rasa dari bolen pisang coklat lumer tersebut.

Tips tambahan :

A) Beri jarak antar adonan bolen saat akan dipanggang untuk hasil yang krispi dan garing.Kalau tidak terlalu suka yang garing dan krispi, tata rapat adonan saat diloyang.

B) Olesan maksimal 2 kali.

Bila 2 kali, maka yang pertama hanya olesan tanpa topping.Panggang selama 20 menit, keluarkan,lalu kasih olesan lagi dan topping,lalu panggang lagi 20 menit sisanya.

baca juga Resep Keripik Pisang Coklat 

Manfaat Buah Pisang

buah pisang

Manfaat pisang bagi kesehatan tubuh jelas tidak perlu diragukan lagi. Selain harganya yang terjangkau dan mudah didapatkan rasanya pun lezat. Buah ini memiliki segudang nutrisi baik dan baik untuk sistem saluran pencernaan.

Lalu,apa sajakah manfaat buah pisang bagi kesehatan?

1.Sumber vitamin B6

Kandungan vitamin B6 dari pisang mudah diserap tubuh,dalam satu buah pisang ukuran sedang dapat menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian.

Vitamin ini berfungsi untuk mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi,memproduksi sel darah merah,metabolisme asam amino, serta dapat membantu membersihkan ginjal dan hati dari senyawa yang berbahaya.

2.Sumber vitamin C

Buah pisang sebagai sumber vitamin C.Satu buah pisang berukuran sedang bisa menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan,membantu produksi kolagen, penyerapan zat besi dan kesehatan otak.

3.Menjaga kulit

Manfaat lainnya adalah baik untuk kesehatan kulit.Hal ini terjadi karena buah pisang yang kaya akan mineral mangan. Satu buah pisang ukuran sedang dapat menyediakan sekitar 13% dari kebutuhan mangan harian.

Kandungan mangan dapat membantu tubuh membuat kolagen dan melindungi kulit serta sel yang lain dari kerusakan akibat radikal bebas,Mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan fungsi dan kesehatan otak.

4.Sumber energi

Buah sebagai sumber energi bagi tubuh.Buah Pisang mengandung tiga gula alami yakni fruktosa,sukrosa dan glukosa. Jenis gula yang alami memberi tubuh sumber energi yang bebas dari kolesterol dan lemak.

Oleh karena itu,buah pisang sangat ideal untuk dikomsumsi terutama untuk anak-anak dan para atlet,sebagai camilan saat siang hari,untuk sarapan pagi atau sebelum dan sesudah berolahraga.

5.Menurunkan risiko kanker usus besar

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi dengan buah dan sayur, termasuk pisang dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan kandungan serat dan antioksidan yang terdapat pada buah pisang.

6.Menjaga kekebalan tubuh

Beberapa kandungan vitamin yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan dan mencegah infeksi di dalam tubuh seperti vitamin A,B6 dan C, hal ini akan menjadikan tubuh anda akan terasa lebih segar dan tidak cepat lemas saat menjalankan aktifitas sehari – hari.

7.Melancarkan Pencernaan dan Metabolisme

Pisang yang sudah matang bisa membantu memperlancar pembuangan sisa-sisa tubuh dari proses metabolisme.

Salah satu manfaat dari mengkomsumsi buah pisang bagi pencernaan adalah membantu meredakan berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit,karena seratnya. Ditambah lagi,Mengkomsumsi buah pisang akan meringankan kerja ginjal dalam proses pembersihkan darah.

Sementara pisang yang belum matang merupakan sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang berada di usus besar dengan mengonsumsi pisang yang belum matang dapat membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selain banyak manfaat dari buah pisang,Resep Bolen pisang coklat lumer ternyata masih memiliki banyak manfaat lainnya,yaitu dari isian coklat yang berada di dalam adonan kulit pisang!

Lalu apa saja sih manfaat dari mengkomsumsi coklat?

Manfaat Memakan Coklat Untuk Kesehatan

coklat

Siapa sih yang tidak menyukai coklat yang merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang. Karena mempunyai rasa yang manis dan lembut di mulut coklat menjadi sangat digemari.

Coklat yang dikomsumsi ada berbagai bentuknya mulai dari yang mengkomsumsi coklat batang,dikomsumsi dengan membuatnya menjadi minuman cokelat hangat dan ada juga yang suka mengonsumsi dengan dibuat kue-kue dengan rasa cokelat seperti bolen pisang coklat ini.

Sealain rasanya coklat juga dikenal dengan manfaatnya yang dapat memperbaiki suasana hati seseorang yang sedang buruk. Saat sedang merasa sedih, kesal ataupun marah tak jarang orang mengkomsumsi cokelat.

Setelah mengkomsumsi coklat biasanya suasana hati seseorang akan menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Tetapi, sebenarnya apa saja sih manfaat coklat bagi tubuh manusia?

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Coklat panas dapat membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak di tempat yang dibutuhkan.

Lavado yang merupakan ekstrak dari kakao ternyata dapat mengurangi dan mencegah kerusakan pada jalur saraf yang ditemukan pada pasien yang menderita penyakit Alzheimer. Gejala penurunan seperti kognitif dapat diperlambat dengan ekstrak ini.

Supaya dapat membantu menjaga otak agar tetap sehat dan memperkecil penurunan daya ingan pada orang yang sudah tua salah seorang ilmuwan dari Harvard Medical School menyarankan agar minum dua cangking coklat panas dalam sehari.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Sepertiga dari risiko terkena penyakit jantung dapat diturunkan dengan mengkomsumsi coklat.Menurut sebuah penelitian kesimpulan tingkat komsumsi coklat yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko gangguan kardiometabolik yang lebih rendah.

3. Mengurangi Kolesterol

Dalam The Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein atau bisa disebut dengan LDL, yang biasa kita kenal kolesterol jahat.

Melakukan komsumsi coklat batangan yang teratur dengan coklat yang mengandung sterol dan flavanols, sebagai bagian dari diet rendah lemak, dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol serta dapat meningkatkan tekanan darah.

4. Mencegah Stroke

Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang memakan satu porsi coklat memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil untuk mengalami stroke daripada mereka yang tidak menkomsumsinya.

Sedangkan orang-orang yang mengonsumsi sekitar dua ons coklat dalam waktu seminggu memiliki 46 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena terkena stroke.

5. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Menurut sebuah Jurnal yaitu dari International Society of Sport Nutrition yang mengkatankan bahwa ketersediaan oksigen akan terpenuhi selama melakukan pelatihan kebugaran bila mengomsumsi coklat hitam.

Hal ini terjadi karena coklat hitam mengandung zat flavonol yang dikenal sebagai epicatechins, yang dapat meningkatkan pelepasan oksida nitrat di dalam tubuh.

6. Meningkatkan Aliran Darah dan Menurunkannya

Untuk menghasilkan nitric oxide kandungan flavanol yang biasanya terdapat dalam coklat hitam akan merangsang endotelium dan lapisan arteri.

Fungsi dari nitric oxide sendiri adalah untuk mengirim sinya ke arteri supaya tubuh bisa menjadi lebih rileks,dan bisa menurunkan resistensi terhadap aliran darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

7. Baik untuk Perkembangan Janin

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi sekitar 30 gram coklat setiap hari selama masa kehamilan dapat memberikan manfaat besar pada pertumbuhan dan perkembangan janin yang berada di dalam kandungannya.

8. Dapat Melindungi Kulit dari Matahari

Ternyata,coklat juga mengandung senyawa bioaktif yang bagus untuk kulit Anda.

Senyawa biokaktif yang disebut dengan Flavonol terdapat di dalam coklat dapat melindungi dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit serta meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit.

Jadi jika Anda ingin memiliki kulit yang terlindung ketika di bawah paparan sinar matahari, mengonsumsi coklat mungkin bisa menjadi salah satu alternatif selain melakukan perawatan wajah.

Nah selesai membaca manfaat dari coklat,mari kita lanjut ke Jenis pisang apa saja yang bisa dipakai dalam pembuatan Resep bolen pisang coklat lumer lebih dulu ya !

Jenis Pisang Yang Cocok Untuk Dipakai

1.Pisang Ambon

Karena dikenal dengan ukurannya yang besar serta memiliki aroma tajam dan daging yang lembut Pisang ambon bisa langsung dimakan dan cocok diolah jadi kue.Karena aromanya bisa membuat kue menjadi lebih sedap.

2.Pisang Cavendish

Pisang cavendish emiliki pertumbuhan yang paling pesat dari pisang lainnya.

Tidak memakan banyak ruang waktu ditanam karena bisa ditanam di pot dan di kebun yang minimalis.

Selain untuk dikomsumsi pisang ini juga biasa diolah menjadi kue pisang ataupun dibuat menjadi es krim pisang.

3.Pisang Raja

Pisang satu ini kulitnya berwarna kuning oranye. Dengan tekstur daging buah kenyal dan memiliki rasa manis yang legit. Jika digoreng maka manisnya akan makin terasa.

4.Pisang Mas

Pisang mas memiliki ciri kulit tipis dengan daging empuk. Rasanya manis meskipun ukuran pisangnya kecil. Aroma dari pisang ini tak begitu tajam. Buah pisang mas biasanya lebih sering dimakan langsung ketimbang diolah dulu.

Namun, seiring berkembangnya zaman banyak juga yang telaten mengolah pisang ini sebelum mengonsumsinya. Misalnya saja untuk dibuat cake atau campuran butter cream. Bisa juga dihidangkan sebagai pisang celup coklat

 

Tips Saat Membuat Bolen Pisang

1.Cara menggiling adonan bolen pisang

Sebelum adonan digiling,adonan isi dan kulit harus diistirahatkan terlebih dahulu lalu pastikan adonan isian sudah harus dibungkus dengan rapat agar tidak mudah sobek di bagian kulitnya.

Saat menggulung adonan harus dilakukan sebanyak dua kali sehingga dapat menghasilkan efek kulit yang berlapis.

Supaya tidak menunggu terlalu lama,selagi menggulung adonan, kita juga bisa memanaskan oven terlebih dahulu.Hal ini agar saat ingin memanggang, oven sudah dalam keadaan panas dan siap untuk digunakan.

Agar adonan tidak gosong, kita juga sebaiknya tidak mengoles adonan telur terlalu awal.Oleskan adonan dengan telur 15 menit sebelum adonan dipanggang agar hasil adonan tersebut terlihat cantik.

2.Pisang dikukus atau ditumis

Sebagai isian bolen,pisang bisa ditumis atau dikukus menggunakan alat pengukus makanan terlebih dahulu.

Saat kita mengukus pisang, sebaiknya tidak perlu dimatangkan cukup setengah matang saja.

Hal ini dikarenakan pisang akan dioven bersama dengan pastry setelahnya dan supaya tidak terlalu lembek.

Sementara jika ditumis, pisang harus dioles dengan margarin atau minyak secukupnya terlebih dahulu.

Jika mengoles pisang dengan margarin atau minyak jangan terlalu banyak karena nanti bisa menyulitkan dalam proses pengisian.

Bagaimana? tentu saja sangat mudah bukan? Sekarang kalian sudah bisa membuat kreasi oleh – oleh khas bandung,Resep bolen pisang coklat lumer sendiri di rumah!

Selamat mencoba.