Resep Beef Yakiniku Asli yang Dapat Menguggah Selera

Resep Beef yakiniku asli

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang resep beef yakiniku asli ala jepang yag mudah dibuat dan sederhana.

Beragam makanan khas Asia termasuk masakan Jepang banyak digemari di negeri ini. Banyak restoran yang menyajikan menu khas Jepang bertebaran, mulai dari warung pinggir jalan sampai di hotel berbintang. Salah satu menu yang jadi favorit oleh banyak orang adalah Beef Yakiniku ini yang memiliki cita rasa yang enak.

Menu beef yakiniku ini pasti selalu ada di resto masakan Jepang di daerahmu. Di salah satu resto cepat saji, Beef Yakiniku sangat digemari dan dikenal karena dimasak memakai paprika hijau dan bawang bombay serta disajikan dengan salad.

Yakiniku

yakiniku adalah cara memasak dengan cara membakar daging dan juga masakan seperti barbeque pada umumnya. “Yaki” yang berarti “dibakar” dan juga niku yang berarti daging. Jadi daging yang sudah direndam dalam saus yakiniku, kemudian dibakar di atas bara api. Satu yang sangat pasti, daging yang sudah dibakar nantinya akan dimakan dengan cocolan saus yakiniku yang dibuat dengan rasa yang sangat lezat.

Beberapa restoran yakiniku juga ada teknik yang berbeda dengan cara merendam daging terlebih dahulu dalam saus yakiniku, sebelum daging tersebut dibakar. Namun, untuk daging berkualitas, cara membuat yakiniku ini biasanya langsung dibakar tanpa marinate. Ada banyak ragam versi saus yakiniku, tetapi pada umumnya hasil akhirnya adalah rasa yang sangat gurih dan manis dengan aroma wijen yang sangat kuat.

Saus pada yakiniku ini biasanya terbuat dari shoyu atau kecap asin khas Jepang, mirin, gula, bawang putih, minyak wijen, dan juga biji wijen yang sudah disangrai terlebih dahulu. Kunci dari masakan yakiniku ini adalah biji wijen yang menambah aroma pada sausnya. Beberapa versi lainnya pun juga menggunakan sake dan perasan jeruk atau pun dengan cuka beras.

Rasa akhirnya lebih ke gurih dengan tetap ada rasa manis. Pada perkembangannya, saus yakiniku kerap digunakan pula untuk merendam daging (marinate), saus olesan di daging yang akan dibakar, maupun sebagai saus cocolan. Selain itu, yakiniku juga akhirnya ditujukan pula ke dalam hidangan yang dimasak terlebih dahulu dengan saus yakini walaupun proses memasaknya dengan cara dioseng dalam wajan, ataupun dibakar di atas kompor, juga dengan teknik teppanyaki atau bisa dibilang dimasak di plat datar (teppan).

Resep Beef Yakiniku Asli

bahan bahan yang digunakan:

  • 300 – 500 gram daging sapi has dalam (sirloin), diiris tipis-tipis
  • 3 siung bawang putih diparut dan haluskan
  • 1 buah bawang Bombay diiris memanjang
  • 1 sdm minyak wijen
  • 3 sdm kecap asin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm tepung maizena yang dicampur dengan sedikit air
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 2 – 3 sdm kecap manis (tergantung selera)
  • Jahe seukuran ibu jari, parut dan ambil airnya
  • Daun bawang dipotong panjang-panjang
  • Cabe merah dibuang isi dan diiris memanjang.

Cara Membuat Resep Beef Yakiniku Asli:

  1. Cuci terlebih dahulu daging yang sudah diiris sampai bersih lalu letakkan ke dalam sebuah mangkuk yang cukup besar.
  2. Masukkan bawang bombay, bawang putih, jahe, merica, kecap asin, minyak wijen, daun bawang dan juga cabe merah ke dalam daging di mangkok. Aduk terus sampai rata lalu diamkan selama 15 – 30 menit.
  3. Panaskan minyak, tumis daging sapi. Saat hampir matang, masukkan cabe atau paprika dan juga bawang Bombay. Aduk sesekali sampai daging matang.
  4. Tambahkan kecap manis dan aduk lagi.
  5. Tuangkan tepung maizena yang sudah dicampur air, aduk sampai sausnya mengental. Setelah matang, angkat dan sajikan bersama nasi putih.

Manfaat Daging Sapi

1. Membantu mencegah anemia

Anemia atau yang sering disebut sebagai kurang sel darah merah atau hemoglobin, bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi di tubuh. Mengonsumsi daging sapi, bisa mencegah anemia. Sebab, daging sapi merupakan sumber zat besi yang baik karena dapat diserap lebih baik oleh tubuh, dibandingkan dengan zat besi dari tumbuhan.

2. Menjaga massa otot

Sama seperti kebanyakan daging hewan, daging sapi juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Daging sapi juga mengandung semua jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh kita, dan sering juga disebut dengan sumber protein yang cukup lengkap.

Mengonsumsi daging sapi secara teratur, dapat mempertahankan massa otot. Massa otot yang terjaga, bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit sakropenia.

3. Baik untuk stamina

Beta-alanine yang terdapat pada daging sapi, adalah komponen yang penting untuk fungsi otot. Pasalnya, zat ini dapat memicu pembentukan karnosin di tubuh.

Baca juga ni cara buat bubur sunsum yang mantap.

Jadi itu tadi resep beef yakiniku asli sekaligus kandungan gizi daging sapi. Selamat Mencoba!