Rahasia Bumbu Kacang Sate Madura Yang Lezat

Resep Rahasia bumbu kacang sate madura cara membuat bumbu sate ayam madura dan bumbunya adalah salah satu makanan enak asal Madura. Makanan ini cocok disantap dengan lontong ataupun nasi.

Memiliki bumbu kuah kacang yang lezat, pedas, gurih dan juga manis yang membuat masakan ini jadi kaya akan rasa. Ingin mencoba membuat makanan ini di rumah kamu?

Sejarah Sate Madura

Rahasia Bumbu Kacang Sate Madura

SATE, satai, atau satay menggambarkan salah stau makanan yang cukup akrab di lidah masyarakat Indonesia. Sate adalah masakan daging, baik daging ayam, kambing, domba, sapi, ataupun ikan atau yang lainnya, diiris kecil dan dironce dalam sebilah lidi atau bambu, kemudian dibakar di atas bara api.

Salah satu yang cukup populer di seluruh Nusantara adalah Sate Madura. Sate Madura biasanya terbuat dari daging ayam. Selain daging ayam sebagai bahan utama, sate juga ada yang memakai daging kambing.

Sate Madura memang begitu mudah dijumpai di berbagai tempat di kota-kota di Indonesia. Umumnya, menggunakan gerobak yang menyerupai perahu khas Madura.

Pada awalnya, saat rombongan Jaram Panoleh adipati Sumenep Madura mendatangi kakaknya bernama Lembu Kanigoro atau Batoro Katong yang selaku adipati di Ponorogo. Saat dikasih hidangan makanan berupa sate, Jaran Panoleh beserta rombongan enggan untuk memakan masakan tersebut. Selain belum pernah menjumpai dan berbentuk aneh, roncean daging tersebut dipenuhi dengan bumbu,Cek juga tentang Cara Mudah Membuat Resep Bumbu Sate Madura.

Resep Rahasia Bumbu Kacang Sate Madura

Bahan-bahan untuk membuat sambal kacang

  • Kacang tanah yang telah digoreng sebanyak 250 gram
  • Gula merah yang telah diiris sebanyak 4 sendok makan
  • Kemiri yang telah digoreng sejumlah 4 butir
  • Cabai merah yang  keriting yang telah direbus sejumlah 3 buah atau sesuai selera
  • Garam halus sebanyak 1,5 sendok teh
  • Air bersih sebanyak 600 ml

Bahan-bahan utama untuk membuat Sate Madura

  • Daging ayam sebanyak 750 gram, resep ini memakai 5 buah paha ayam
  • Minyak goreng sebanyak 2 sendok teh
  • Kecap manis sebanyak 4 sendok makan

Bahan-bahan pelengkap Sate Madura Bumbu Kacang:

  • Lontong sejumlah 3 buah
  • Bawang goreng sebanyak 1,5 sendok makan atau sesuai selera
  • Kecap manis sebanyak 3 sendok makan
  • Jeruk limau sejumlah 3 buah
  • Sambal yang terbuat dari cabai rawit rebus yang berjumlah 12 buah yang telah dihaluskan atau diulek
  • Tusuk sate kurang lebih 30 buah

Cara membuat Sate Madura Bumbu Kacang

Rahasia Bumbu Kacang Sate Madura

 

  1. Cuci bersih dan potong-potong daging ayam. Lalu susun potongan daging ayam pada tusuk sate. Sisihkan.
  2. Buat sambal kacang dengan cara mencampurkan kacang tanah, gula merah, kemiri, cabai merah keriting, dan garam halus. Lalu haluskan semua bahan tersebut dengan cara diulek atau dengan menggunakan mesin pelumat makanan.
  3. Tuangkan air, aduk rata, lalu masak hingga matang.
  4. Setelah matang, ambil sebagian bumbu kacang, kurang lebih 150 gram. Kemudian tambahkan minyak goreng dan kecap manis ke dalamnya dan aduk hingga rata. Simpan kembali bumbu kacang yang tersisa untuk siraman ketika sate telah matang.
  5. Celupkan sate ayam yang masih mentah ke bumbu kacang tersebut hingga semua permukaan terbalur bumbu kacang.
  6. Bakar sate hingga setengah matang. Lalu celupkan lagi kembali ke dalam bumbu kacang dan bakar kembali hingga sate matang sempurna.
  7. Setelah sudah matang, sajikan sate madura bumbu kacang yang lezat ini di atas piring saji dengan ditemani lontong yang telah dipotong-potong, bumbu kacang, bawang goreng, kecap manis, air perasan jeruk limau, dan sambal.

Itulah dia cara membuat resep bumbu sate asli Madura. Selain daging ayam, resep ini juga bisa kamu gunakan untuk daging lain seperti sapi contohnya, Kunjungi juga Resep Tahu Bakso Mercon yang Pedas.

Setelah mencoba resep ini di rumah, share hasil foto dan pengalaman kamu membuat sate ayam di komentar ya. Terimakasih banyak.