Inilah Beberapa Penyebab AC Anda Sering Mati Sendiri

penyebab ac mati sendiri

Inilah Beberapa Penyebab AC Anda Sering Mati Sendiri– Kerusakan pada AC sangat merepotkan terutama jika AC sedang sangat dibutuhkan. Masalah AC yang juga sering terjadi yaitu AC yang mati dan hidup sendiri. Kejadian ini bisa dikarenakan masalah teknis yang simpel hingga menjadi penanda adanya kerusakan yang lebih serius pada komponen AC. berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai penyebab masalah ini.

penyebab ac mati sendiri

Penyebab Munculnya Gangguan AC yang Mati dan Hidup Dengan Sendirinya

Timer Menyala

Inilah Beberapa Penyebab AC Anda Sering Mati Sendiri-Timer yang mungkin masih aktif kadang juga menjadi penyebab sepele munculnya kondisi AC yang mati dan hidup sendiri. Banyak juga pengguna yang sering lupa mematikan AC atau tidak sengaja memencet tombol pengaktif timer AC. Dikarenakan kesalahan sederhana ini, pengguna sering keliru menganggap adanya masalah serius pada AC mereka. Mungkin Untuk mengatasi penyebab ini, pengguna hanya perlu mematikan timer AC.

Cara cepat untuk mengatasi masalah timer ini yaitu bisa dengan mencabut aliran listrik pada AC. Lalu tunggulah 2-5 menit sebelum memasang kembali aliran listrik AC. Selanjutnya, lepas baterai pada remote dan masukkan kembali. Cobalah menyalakan kembali AC, perhatikan apakah timer masih aktif.

Gangguan pada Thermistor AC

Thermistor merupakan alat penting dalam AC. Thermistor juga berguna untuk melakukan pengaturan suhu pada sistem AC. Kerusakan pada alat ini akan berdampak pada fungsi AC secara keseluruhan. Ketidaknormalan fungsi dari komponen ini akan juga berakibat pada kompresor AC.

Permasalahan pada thermistor AC juga bisa diatasi dengan menjauhkan komponen ini dari evaporator AC. Cara ini cukup efektif, namun hanya bertahan untuk beberapa saat saja. Permasalahan thermistor yang lebih serius membutuhkan penggantian komponen ini dengan yang baru.

Tekanan Freon Kurang

Mungkin Tekanan yang berkurang pada freon bisa menyebabkan AC mati dan hidup sendiri. Berkurangnya tekanan pada freon bisa dikarenakan adanya kebocoran ringan pada bagian evaporator, pipa instalasi, maupun kondensor. Gangguan freon yang lebih ringan bisa dikarenakan nepel menjadi kendur karena getaran mesin. Serta adanya sambungan pipa AC yang tidak terpasang dengan baik.

Permasalahan pada tekanan freon yang kurang memerlukan deteksi terlebih dahulu dengan pengecekan. Coba cek tekanan freon bila kurang maka isi ulang freon. Namun, jika freon tidak ada tekanan sama sekali, ini menandakan adanya kebocoran. Maka perbaikan harus diarahkan dengan mencari bagian yang bocor kemudian melakukan penggantian atau penambalan pada bagian tersebut.

Permasalahan pada Tombol Power AC

Penyebab ini mungkin hampir sama dengan masalah timer AC, penyebab ini sering muncul karena ketidaksengajaan. Pengguna juga kadang tidak sadar ketika mereka tidak memasang dengan benar tutup indoor AC mereka. Penutupan yang tidak tepat membuat penutup AC menjepit komponen power AC. Hal inilah yang bisa membuat AC mengalami mati dan hidup sendiri.

Dalam kondisi tombol yang terjepit penutup AC maka penanganannya cukup dengan pemasangan kembali bagian penutup dengan benar. Sedangkan itu, untuk penyebab masalah pada power yang lainnya, seperti tombol sudah rusak, sensor AC bermasalah, dan kabel yang kendur, perlu tindakan berbeda.

Masalah pada PCB Modul

Kerusakan pada modul bisa disebabkan karena adanya korsleting pada listrik. Korsleting listrik dapat terjadi karena sambaran petir saat hujan deras atau karena ketidakstabilan aliran listrik. Permasalahan AC yang mati dan hidup dengan sendirinya dikarenakan gangguan modul memerlukan pengecekan dan perbaikan dari teknisi yang berpengalaman.

AC kadang mengalami kerusakan yang menyebabkan AC hidup dan mati dengan sendirinya. Penyebabnya adalah masalah pada PBC modul, timer AC yang aktif, gangguan pada power AC, dan lain sebagainya. Permasalahan yang lebih serius membutuhkan penggantian AC dengan yang baru.

penyebab ac sering mati

Fungsi / Manfaat AC bagi Kesehatan

1. Menghindari Dehidrasi

Inilah Beberapa Penyebab AC Anda Sering Mati Sendiri-Dehidrasi disebabkan oleh suhu panas yang berlebih, kemudian ketika berkeringat, cairan tubuh pun akan berkurang. penggunaan AC ini dapat mengrangi resiko bagi kamu terkena dehidrasi karena AC menghilangkan suhu panas sebagai penyebab keringat.

2. Mengatasi Heatstroke

Heatstroke adalah suatu keadaan di mana suhu tubuhmu meningkat secara drastis yang diakibatkan terpapar suhu panas yang berlebih. Penggunaan AC dapat menjadi solusi untuk menurunkan suhu tubuh dan juga kestabilan suhu tubuhmu.

Dari udara dingin yang dikeluarkan AC, suhu tubuh akan cepat kembali normal.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

AC memiliki kemampuan untuk menyaring polusi dan bakteri. Kemampuan ini akan meningkatkan kualitas udara di ruangan. Kualitas udara yang baik tentunya akan melancarkan dan bisa mencegah gangguan pernapasan.

Namun ingatlah, kondisi hal ini hanya berlaku jika AC-mu bersih, AC yang kotor justru akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan kalian.

4. Mengurangi Asma dan Alergi

Sebelumnya telas dijelaskan bahwa AC dapat meningkatkan kualitas udara. Nah, kualitas udara yang baik juga dapat menjauhkan anda dari asma serta alergi.

Penggunaan AC dapat menghilangkan polusi, bakteri, serta menghambat pertumbuhan jamur dan lumut yang dapat menyebabkan asma maupun alergi.

5. Elemen untuk Relaksasi

AC yang menyejukkan akan memberikan kenyamanan serta dapat mengurangi tingkat stres dari diri seseorang. Agar mendapatkan suatu relaksasi yang lebih lagi, anda juga bisa menambahkan musik klasik dan juga lilin aromatherapy yang aromanya akan disebarkan angin dari AC.

6. Meningkatkan Produktivitas

Sebelumnya telah disebutkan, penggunaan AC pada ruangan dapat memberikan kenyamanan pada seseorang. Dalam kondisi nyaman seperti ini, seseorang akan cenderung bekerja atau beraktivitas dengan hati dan pikiran yang nyaman pula.

7. Menjaga Temperamen

Udara panas dapat menurunkan kinerja otak, sehingga menyebabkan peningkatan pada detak jantung dan tekanan darah. Dengan kata lain, AC juga dapat bermanfaat untuk menjaga dirimu dari rasa emosi dan juga cepat marah.

8. Mengatasi Sulit Tidur

AC juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Suhu tubuh yang sudah panas cenderung membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur, pada kondisi ini AC akan berperan untuk menetralkan suhu tubuhmu.

9. Menjaga Suhu Ruang untuk Bayi

Penggunaan AC juga dapat berguna untuk kesehatan pada bayi anda. Bayi belum bisa mengatur suhu tubuhnya, dan di sini inilah AC memiliki peran untuk menstabilkan suhu tubuhnya.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa penggunaan AC ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan karena penggunaan AC akan memengaruhi kebersihan udara dan juga suhu panas berlebih.

Cara Merawat Ac

Inilah Beberapa Penyebab AC Anda Sering Mati Sendiri-AC (air conditioner) atau pendingin ruang kini menjadi kebutuhan utama dalam sebuah rumah, apalagi di daerah tropis seperti Indonesia. Bukan tidak mungkin dalam satu rumah sebuah AC dihidupkan sepanjang hari demi menambah kesejukan ruangan.

Namun seperti barang pada umumnya, semakin banyak digunakan nilai barangnya pun akan menurun dan berakhir rusak.

Umumnya, mulai mengalami kendala setelah jangka waktu pemakaian 2-4 tahun. Sebenarnya, jika Anda mampu merawat dan menggunakannya dengan benar, sebuah AC dapat awet hingga 10 tahun lebih.

1. Gunakan Timer

Gunakan fitur timer saat menghidupkan AC sehingga akan mati secara otomatis tepat pada waktunya.Atur waktu sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Sebaiknya AC dihidupkan maksimal selama 5 jam dalam satu kali pemakaian.Selanjutnya itu biarkan mesin dingin kembali. Fitur timer juga menjaga mesin AC tidak cepat rusak.

Sebaiknya jangan sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Ini akan membuat mesin AC cepat panas. Selain itu, suhu 22 derajat adalah suhu ruangan yang sama dengan iklim Indonesia.

2. Bersihkan Filter AC

Bersihkan dan cuci filter AC dengan rutin minimal 1-2 bulan sekali. Jika sudah terlalu kotor Anda dapat mengganti dengan filter baru.

Debu yang menumpuk pada filter mungkin akan menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu. Akibatnya AC akan cepat rusak.

3. Bersihkan Kumparan Ac

Selain filter, kumparan AC juga perlu diperhatikan kebersihannya sebab debu juga kerap menumpuk pada bagian ini. Debu yang menumpuk pada kumparan dapat mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Ini dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan menimbulkan korslet. Periksa kumparan secara rutin setiap tahun dan bersihkan.

4. Periksa Termostat

Periksa selalu thermostat (pengatur suhu) untuk memastikan AC bekerja dengan baik dan menjaga temperatur ruang tetap stabil. Atur thermostat dengan temperatur yang lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang/kegiatan. Atau, jika benar-benar tak ada orang di rumah, sebaiknya matikan AC.

5. Cek Kipas

Periksa kipas yang sudah terpasang di atas unit kondensator bagian luar. Pastikan kipas masih berada dalam kondisi yang bagus. Ganti pisau kipas jika terdapat retak atau pecahan.

6. Servis Secara Berkala

Lakukan servis secara berkala. Anda bisa menggunakan jasa layanan perbaikan AC untuk memeriksa kelayakan. Umumnya produsen AC menyediakan layanan servis untuk membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil, dan mencegah kerusakan besar pada AC. Merawat AC secara teratur tidak hanya menghemat uang, tapi juga membuat rumah tetap nyaman. Untuk area Jogja, anda bisa memanfaatkan Jasa Service AC Jogja kami tentunya.

Jika AC anda kurang bersih ini ada cara membersihkan ac

Nah,itulah tadi pembahasan mengenai pengebab ac sering mati sendiri.Semoga Bermanfaat.