Hasil Olahan Jagung Yang Di Jadikan Resep Bahan Masakan Nasi Jagung

olahan jagung tradisional

pengolahan jagung tradisional – pada masa paceklik atau kesulitan menanam, beras sulit didapat dan banyak orang tidak bisa makan nasi, terutama bagi masyarakat miskin pedesaan. Tanaman yang menghasilkan saat itu adalah jagung, yang tidak membutuhkan banyak perawatan dan udara. olahan jagung tradisional

Pada akhirnya masyarakat secara kreatif memanfaatkan jagung sebagai bahan pangan untuk mencari nasi. Begitu pula dengan jagung yang banyak diproduksi di pulau Madura dan Nusa Tenggara yang memiliki kondisi tanah yang lebih gersang dibandingkan padi, sehingga mereka mempertimbangkan untuk menjadikan jagung sebagai makanan pokok beras.

Tak heran jika beras jagung memiliki harga yang murah di pasaran selama ini, karena dibandingkan dengan beras, harga jagung memang lebih murah. Selain itu, nasi jagung ternyata dibuat dengan sengaja pada saat sulit makan nasi. Kesan makanan rakyat miskin dan masa-masa sulit, nasi jagung memiliki kandungan gizi yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari nasi beras.

Kandungan gizi nasi jagung tidak bisa diabaikan karena manfaatnya yang menyehatkan. Sampai saat ini nasi jagung masih dikonsumsi dan masakannya bisa dipadukan dengan nasi bahkan sering membuat orang kangen karena memberikan nuansa pedesaan yang alami dan nyaman.

Nasi jagung juga bisa menjadi nasi putih keluarga olahan jagung tradisional bagi para pelaku diet sehat. Wah, begitulah sejarah asal muasal nasi jagung yang dijual dibungkus daun pisang. Tak hanya enak, tapi juga ceritanya unik.

 

Bahan-bahan untuk membuat nasi jagung:

olahan jagung tradisional

  • Beras biasa sebanyak 300 gram
  • Beras jagung sebanyak 100 gram yang telah direndam air terlebih dahulu selama 2 jam
  • Air bersih sebanyak ½ liter

 

Bahan-bahan untuk membuat ikan asin goreng tepung:

  • Ikan asin bulu ayam sebanyak 100 gram
  • Kemiri sejumlah 5 buah
  • Bawang putih sejumlah 5 siung
  • Ketumbar sebanyak ½ sendok teh
  • Kunyit sepanjang 3 cm
  • Tepung beras sebanyak 150 gram
  • Air bersih sebanyak 100 ml
  • Gula pasir sebanyak ½ sendok teh
  • Garam halus sebanyak ¼ sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya

 

Bahan-bahan untuk membuat sambal bajak:

  • Cabai merah berukuran besar sejumlah 3 buah
  • Cabai rawit sebanyak 20 buah
  • Minyak goreng sebanyak 4 sendok makan
  • Garam halus sebanyak ¼ sendok teh
  • Terasi yang telah dibakar sebanyak 1 sendok teh

Cara membuat Nasi Jagung

    1. Campur dan masak beras biasa, beras jagung, dan air.
    2. Jika air telah menyusut habis, lanjut dikukus hingga nasi matang. Proses pengukusan ini membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit.
    3. Setelah matang, sisihkan terlebih dahulu.
    4. Membuat bakwan jagung: haluskan kencur, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk hingga menjadi bumbu halus.
    5. Campurkan bumbu halus tersebut dengan tepung terigu dan air. Lalu aduk hingga rata.

 

Proses Pembuatan Olahan Jagung Menjadi Nasi Jagung

  1. Tambahkan jagung, telur, udang, daun bawang, daun seledri, garam, dan gula pasir. Aduk hingga semua bahan rata.
  2. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan adonan bakwan jagung dengan cara dituang menggunakan sendok sedikit demi sedikit. Goreng hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Membuat sayur lodeh tempe tahu: buat bumbu halus dari campuran bawang merah, bawang putih, kunyit, terasi, kemiri, dan lengkuas.
  4. Masak air dengan tambahan garam, gula pasir, dan daun salam.
  5. Sementara itu, tumis bumbu halus hingga keluar aroma harum. Lalu tambahkan udang rebon, tahu, dan tempe. Aduk hingga rata, lalu masukkan ke dalam rebusan air.
  6. Masukkan cabai rawit, dan lanjutkan memasak hingga airnya mendidih.
  7. Tuang santan sembari diaduk-aduk hingga matang sempurna. Lalu matikan api dan sisihkan.
  8. Membuat urap: sayuran direbus satu persatu secara bergantian.
  9. Daun singkong yang telah direbus, kemudian diremas-remas dan diiris halus.
  10. Buat bumbu halus dari campuran cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, terasi, kencur, daun jeruk, gula pasir, dan garam. Campur bumbu halus tersebut dengan kelapa parut. Lalu bungkus dengan menggunakan daun pisang. Lalu dikukus sekitar 15 menit.
  11. Setelah matang, campurkan dengan sayur-sayuran seperti daun singkong, kacang panjang, dan tauge.
  12. Membuat ikan asin goreng tepung: buat bumbu halus dari campuran kemiri, bawang putih, ketumbar, kunyit, gula pasir, dan garam. Lalu campur dengan tepung beras dan beri air sedikit demi sedikit sembari diaduk-aduk hingga rata.
  13. Masukkan ikan asin satu demi satu, lalu goreng dengan menggunakan minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya dengan api sedang.
  14. Setelah matang dan kering, segera angkat dan tiriskan.
  15. Membuat sambal bajak: goreng cabai merah, cabai rawit, dan terasi. Angkat dan tiriskan sebentar, lalu haluskan dengan ditambah garam.
  16. Panaskan minyak goreng, lalu masak bumbu yang telah dihaluskan tadi. Aduk hingga rata, tutup, matikan api, dan tunggu selama 2 menit. Lalu hidangkan.

Setelah semua bahan matang, sajikan nasi jagung di atas piring saji dengan tambahan lauk pauknya seperti bakwan jagung, sayur lodeh tempe tahu, urap, ikan asin goreng tepung, dan sambal bajak. olahan jagung tradisional