Olahan Buah Pala yang Baik dan Benar di Jamin Enakk

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan olahan buah pala yang baik dan benar. Namun, tahukah kamu apa itu buah pala?? mari kita simak…

Buah pala adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sangat terkenal dan bisa digunakan sebagai bahan tambahan masakan. Selain itu, buah pala ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat buah pala dan kandungan nutrisinya. mesin pemecah pala.

Olahan Buah Pala yang Baik dan Benar di Jamin Enakk

Cara Membuat Sirup Buah Pala

sirup pala

Siapa bilang buah pala hanya cocok untuk dijadikan bumbu dapur dan dibuat manisan? Kini pala banyak diolah menjadi minuman yang tak hanya memberikan efek segar tetapi juga menyehatkan. Rasanya yang manis makin enak dengan tambahan es batu yang dingin. Slurppp ... suegerrr!

Buah berbentuk bulat ini banyak dijumpai di Indonesia. Buah pala selama ini memang hanya dikenal sebagai bumbu dapur atau dibuat berupa manisan buah. Tak heran jika kini buah yang rasanya asam manis ini menjadi populer dan banyak dicari.

Pengolahan buah pala menjadi sirup ini dilakukan secara tradisional oleh masyarakat. Sirup didapatkan dengan mengesktrak daging buah pala ini tanpa menggunakan bahan pengawet dan kimiawi lainnya. Nah, dari ekstrak ini dicampurlah dengan gula sehingga jadilah sirup pala sangat yang enak.

Nah, untuk meminumnya sirup pala ini cukup dengan dicampurkan dengan air. Agar lebih enak sirup pala ini ditambahkan dengan air dingin hingga rasanya makin segar dan enak.

Sirup ini tidak dapat langsung dikonsumsi, namun harus dicampur dulu dengan menggunakan air. Buah-buahan yang suka diolah ini menjadi sari buah atau sirup antara lain : pala, pisang, jambu biji, mangga, sirsak, wortel, tomat, kueni, markisa, nangka, jahe, asam semua jenis jeruk, dan lainya. Sari buah ataupun sirup buah mampu bertahan selama sekitar tiga bulan.

Bahan yang dibutuhkan:

1) Buah yang Masih Segar : 5 kg

2) Gula pasir kusus untuk sirup 1 ¼ kg : 125 gr

3) Asam sitrat : 3 gr / liter sari buah pala

4) Natrium benzoat : 1 gr

5) Garam : 20 gr

6) Air secukupnya

Alat yang Digunakan

1) Pisau buah

2) Panci

3) Alat Parutan kelapa

4) Pengaduk

5) Tungku atau kompor

6) Wadah dan tutup yang sudah steril

7) Kain saring atau kain blacu

8) Corong

9) Wadah besar

CARA PEMBUATANYA

1) Pilih buah yang telah tua, segar dan matang dan kemudian cuci dengan air bersih;

2) Irislah buah sampai menjadi kecil-kecil;

3) Parut buah hingga menjadi bubur; * Selanjutnya pisahkan airnya

4) Tambah juga gula pasir, air, natrium benzoate, asam sitrat dan garam dapur.

5). Campur hingga rata. Berikutnya pengerjaan pembuatan sari buah (6-9) :

6) Saring campuran tersebut menggunakan saringan;

7) Masukkan hasil penyaringan ini ke dalam botol kemudian tutup rapat. Endapan hasil saringan ini dapat diolah sebagai bahan pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain sebagainya;

8) Masukkan botol itu yang sudah ditutup rapat dalam air mendidih selama 30 menit;

9) Angkat wadah tersebut lalu segera dinginkan.

Pilihlah berbagai macam pala, dan olah masing-masing secara terpisah, kemudian gabungkan minuman jusnya untuk menciptakan rasa yang berbeda kemudian lihat perbedaan warna yang diperoleh dengan buah pala kekuningan, hijau, dan merah.

Sekian olahan buah pala ini, semoga acara ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.