Kandungan Minyak Atsiri Kayu Putih Bisa Melangsingkan Badan?

Hallo fellas!

Pada kesempatan kali ini, disini penulis akan membahas mengenai Minyak Atsiri Kayu Putih. Iya, pasti teman-teman sudah tidak asing lagi dengan kata Minyak Atsiri. Salah satu minyak nabati, yang di ekstrak menggunakan berbagai macam jenis tumbuhun, yang pastinya juga memiliki beragam manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Minyak Atsiri Kayu Putih

Daun Kayu Putih

Gambar diatas merupakan gambar dari daun kayu putih. Minyak Atsiri Kayu Putih merupakan salah satu Minyak Essensial yang diperoleh dari hasil penyulingan atau destilasi daun kayu putih. Minyak ini memiliki manfaat yang cukup besar, baik untuk perekonomian masyarakat sekitar hutan, maupun kegunaanya sebagai obat-obatan, bahan wangi-wangian, dan juga bahan insektisida.

Kandungan Minyak 

7 Khasiat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan Halaman all - Kompas.com

Minyak ini memiliki banyak sekali kandungan yang berkhasiat. Minyak Kayu Putih diekstrak dari daun dan ranting, mengandung sineol (C10H18O).

Yang dimana merupakan kandungan utama, juga bentuk alkohol dari terpineol (C10H17OH), dan beberapa jenis terpen seperti α-pinenea, valerat dan benzoat aldehid.

Nah salah satu kandungan diatas ada yang memberi efek dapat melangsingkan seperti menghirup kencur, sirih merah, sereh wangi, lengkuas merah, yaitu sineol.

1,8 sineol ini merupakan senyawa monoterpena, yang berperan sebagai antimikrob, antioksidan, kekebalan tubuh, analgesik, dan juga spasmolitik. Selain itu juga, berpotensi sebagai antiinflamasi.

Selain itu, senyawa 1.8 sineol juga berpotensi menjadi obat virus corona lhoo. Iya, virus yang sedang menggemparkan Dunia. Karena, merupakan senyawa monoterpena yang sering dilaporkan memiliki kemampuan antiradang dan antioksidan yang telah disebutkan juga diatas.

Senyawa itu kemudian juga terbukti dapat berperan sebagai co-medication pada penyakit radang saluran pernapasan. Contohnya seperti asma dan COPD atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease.

Minyak jenis ini merupakan Minyak Atsiri asli Indonesia sendiri diketahui memiliki kandungan senyawa 1,8 sineol yang cukup tinggi, yakni mencapai 47,61%.

Nah selain memiliki kandungan yang juga banyak sekali khasiatnya, lalu manfaat lainnya yang didapat ketika menggunakan Minyak jenis ini apa saja ya? Yuk mari simak bersama!

Manfaat Minyak Atsiri Kayu Putih

Berikut ini 8 Manfaat yang bisa didapatkan jika kita menggunakannya secara rutin

  • Merawat Luka

Cara Rawat Luka Akut Yang Tepat Di Rumah - Jakpus News

Orang dari suku Aborigin Australia sering menggunakan minyak iniuntuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Hingga kinipun, telah digunakan untuk mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan. Cara menggunakannya bisa dengan bentuk krim atau salep khusus dengan bahan aktif kayu putih yang pastinya untuk membantu perawatan luka ringan di rumah. Selain itu juga, dimanfaatkan untuk meredakan gejala herpes. Caranya mudah, cukup dengan mengoleskan saja kebagian yang sakit.

  • Menyegarkan Napas

Selain menggunakan mint sebagai senjata ketika mulut sedang bau, tenyata kayu putih pun memiliki khasiat yang sama pula. Kandungan zat antibakteri didalam miyak kayu putih ini dapat membantu melawan kuman penyebab bau mulut. Ngga heran lagi nih, banyak produk obat kumur atau pasta gigi dengan menggunakan bahan aktif kayu putih

  • Mencegah Gigitan Serangga

Gigitan nyamuk termasuk dapat membahayakan kesehatan kita, apalagi digigit oleh  Aedes aegypti yang nyatanya dapat menyebabkan DBD. Penggunaannya bisa dengan cara mengoloskan ke tubuh atau dengan menggunakan alat khusus diffuser yang diletakkan di ruangan.

  • Meringankan Sesak Napas

Untuk penderita sinusitis dapat memanfaatkan minyak jenis ini saat mengalami sesak napas. Dengan cara menghirup uap hangat yang ditetesi sedikit dengan Minyak Atsiri Kayu Putih ini. Larutan ini akan bereaksi di selaput lendir. Tidak hanya mengurangi lendir, zat ini berkhasiat juga melonggarkan saluran pernapasan.

  • Meredakan Batuk

Selama bertahun-tahun juga dimanfaatkan sebagai pereda batuk. Dan beberapa obat batuk alami yang dijual bebas juga mengandung minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya. Dengan menggosokan minyak ke bagian dada dan tenggorokan juga dapat meredkaan gejala batuk karena flu ataupun salesma.

  • Mengontrol Gula Darah

Minyak ini berpotensi juga sebagai pengobatan diabetes. Para Ahli sendiri percaya bahwa hal tersebut mungkin berperan untuk mneurunkan gula darah pada penderita diabetes.

  • Meredakan Nyeri Sendi

Minyak kayu putih ini membantu mengurasi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan banyak kondisi. Kemudian juga dapat membantu orang yang mengalami sakit punggung atau mereka yang baru pulih dari cedera sendi ataupun otot.

  • Mengurangi Ketombe

Apakah Baking Soda Efektif Mengurangi Ketombe pada Kulit Kepala? - Tirto.ID

Salah satu Jenis Minyak Atsiri yang dapat mengatasi masalah rambut adalah Minyak Atsiri Kayu Putih ini. Penelitian menyebutkan, bahwa campuran dari minyak atsiri kayu putih dapat melawan jamur Malassezia di kepala. Dengan begitu, produksi kulit ketombe di kepa dapat dikurangi.

Efek Penggunaan

Jika tidak diaplikasikan atau digunakan sesuai semestinya, pasti akan mengalami efek samping entah ringan atau bisa saja berbahaya. Jika mengalami gejala keracunan minyak ini, yang terjadi diantaranya adalah sakit perut, merasa pusing, pupil mata mengecil, perasaan tercekik di tenggorokan, mual, diare, kelemahan otot. Kemudian akan mengalami iritasi kulit jika penggunaan Minyak Atsiri Kayu Putih tanpa diencerkan atau tanpa minyak pembawa terlebih dahulu.

Maka dari itu, sebelum penggunaan cek lah terlebih dahulu pada bagian kulit terkecil, dan tunggu selama 24 jam, jika tidak mengalami reaksi apapun maka tandanya itu cocok, dan sebaliknya jika kulit kemerahan, gatal iritasi maka segera dihentikan pemakaiannya agar tidak menimbulkan efek yang lebih serius, dan konsultasilah dengan dokter untuk mempercepat penyembuhan atau meminimalisir efek samping/alergi.

Itulah beberapa penjelasan atau informasi mengenai Minyak Atsiri Kayu Putih.  Nah untuk pembuatannya bisa dimana saja, yang terpenting siapkan bahan yang lengkap dan juga alatnya, salah satunya alat destilasi minyak atsiri. Untuk mengetahui jenis-jenis lainnya, seperti Minyak Atsiri Lemon, silahkan bisa kunjungi Jenis Minyak Atsiri.

Mohon maaf jika terdapat kekurangan atau kesalahan didalam artikel ini, jika ada saran atau kritik yang membangun bagi penulis, silahkan bisa disampaikan lewat komentar chat dibawah.

Dan jangan lupa juga untuk share artikel ini sebanyak-banyak nya kepada fellas lainnya. Terima Kasih