Manfaat Yang Bisa Diperoleh Dari Jeruk Untuk Kesehatan

Jeruk merupakan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C dan anti oksidan yang tinggi, dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu.

Kandungan phytochemicals dapat mencegah beberapa penyakit seperti kanker. Mengutip Boldsky, berikut manfaat jeruk.

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

Ada sepuluh manfaat jeruk untuk kesehatan tubuh kita : Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan

Jeruk merupakan sumber serat yang sangat baik larut dan tidak larut. Oleh karena itu, jeruk sangat bagus untuk membuat perut Anda tetap sehat. Serat yang ada di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar.

Jeruk juga dapat merangsang cairan pencernaan dan memperbaiki pencernaan. memakan jeruk adalah cara paling enak untuk menghilangkan sembelit.

2. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Jeruk merupakan sumber magnesium yang kaya dan akan membantu mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut sebagai hesperidin secara alami hadir dalam jeruk juga membuat tekanan darah terkendali.

3. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya kanker. Dan senyawa yang disebut limonene, banyak ditemukan dalam jeruk yang memiliki sifat penghambat kanker. Senyawa ini bekerja untuk mendeteksi pada sel kanker dan menghancurkannya, tanpa memberi kesempatan untuk menyebar.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Antioksidan yang hadir dalam jeruk ini bertugas untuk melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol oksidisasi ini biasanya menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung. Hal itu dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Namun bisa dicegah dengan antioksidan yang ada pada Jeruk. Kandungan ini bisa membantu menetralisasikan efek radikal bebas dan melindungi jantung dari penyakit.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jeruk memiliki banyak vitamin C, yang dikenal sebagai peningkat kekebalan tubuh. Bila kekebalan tubuh kuat, tubuh akan mampu melawan infeksi lebih baik dan mencegah datangnya penyakit. Tak hanya itu, polifenol yang ada di dalamnya merupakan antivirus untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh sebelum menyebabkan infeksi.

6. Memurnikan Darah

Jeruk adalah pembersih darah yang alami. Flavonoid yang ada di dalamnya bertugas meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C yang ada di dalamnya meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serat makanan yang dimiliki jeruk membuat perut tetap bergerak, sehingga dapat menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.

7. Memperkuat Tulang

Setiap makanan atau buah-buahan yang mengandung kalsium harus dikonsumsi dengan makanan kaya vitamin D agar tubuh kita benar-benar menyerap kalsium dari makanan. Jeruk memiliki vitamin D yang cukup, yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan membantu mencapai tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang bisa membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.

8. Memperkuat Gigi

Jeruk sangat baik untuk kesehatan gusi. Buah ini dapat memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Jeruk juga mencegah perkembangan plak serta melapisi gigi di lapisan pelindung dan mencegah korosi. Vitamin C di dalamnya dapat mengurangi peradangan dan juga membuat napas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang berada di mulut

9. Mencegah Penyakit Ginjal

Mengonsumsi jus jeruk secara teratur bisa membantu mencegah penyakit batu ginjal. Karena jeruk dapat mengusir kelebihan sitrat dalam urin dan mengurangi keasamannya. Jeruk juga membantu ginjal supaya berfungsi dengan baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula.

10. Membantu Mencegah Asma

Memakan jeruk secara teratur dapat membantu menurunkan frekuensi serangan asma. Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi terjadinya radang saluran napas. Serta juga dapat menetralkan kerusakan oksidasi yang disebabkan radikal bebas karena bisa menyebabkan meningkatnya peradangan dan menyebabkan asma. Flavonoid yang ada dalam jeruk mengurangi sensitivitas bronkial.