Manfaat Pepaya Yang Berguna Untuk Kesehatan Tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin dan mineral alami yang penting untuk fungsi normal tubuh.Seluruh bagian buah, termasuk bagian dari pohon, bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara.

Pepaya yang belum diolah mengandung enzim yang bisa digunakan dalam persiapan suplemen makanan dan permen karet.

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

1. Penurunan berat badan

Pepaya bisa menurunkan berat badan secara alami mengingat serat, air, vitamin, dan mineral yang dikandungnya. Mengonsumsi semangkuk pepaya sebagai camilan tengah malam atau pertengahan pagi sangat baik untuk kesehatan.

2. Mencegah Infeksi

Pepaya efektif untuk membunuh cacing usus, sehingga anda dapat terhindar dari infeksi dan komplikasi yang terkait dengannya.

3. Meredakan sakit gigi

Pasta yang terbuat dari akar pepaya segar dapat digosokkan ke gigi dan gusi sebagai obat rumahan untuk menghilangkan sakit gigi. Kulit pohon pepaya terutama kulit bagian dalam juga bisa dijadikan obat yang sangat baik untuk masalah gigi.

4. Properti Antikanker

Pepaya sangat efektif dalam memerangi kanker payudara, pankreas, dan lainnya. Ekstrak daun yang diperoleh dari daun pepaya kering dapat menghasilkan efek anti- karsinogenik terhadap sel-sel tumor yang tumbuh di laboratorium.

Sebuah penelitian pada tahun 2010 mengatakan bahwa efeknya lebih kuat ketika sel-sel diberi dosis yang lebih besar dari teh daun pepaya. Berbagai jenis sel yang terkena kanker pada ekstrak daun pepaya yang berbeda dan menemukan bahwa pertumbuhan tumor melambat. Cara Pemupukan Tanaman Strawberry

5. Perawatan kulit

Pepaya dapat membunuh sel-sel mati dan membersihkan kulit. Sifat pepaya yang  bermanfaat dan enzim penyembuhan yang hadir dalam pepaya dapat membantu mengobati kulit terbakar dan iritasi. Hadirnya likopen pada pepaya dapat mengurangi pembentukan keriput pada wanita pasca-menopause.

6. Baik untuk pijat wajah

Pepaya dapat memerangi radikal bebas yang membuat kulit Anda keriput dan menua. Kulit pepaya juga bisa digunakan untuk menggosok wajah dan tangan supaya menjadi kulit yang sehat. Pepaya juga sering digunakan sebagai obat untuk penderita gangguan kulit seperti eksim, psoriasis, dan lainnya.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Biji pepaya bisa digunakan untuk menjaga jantung Anda sehat. karena biji dari buah pepaya memiliki tiga vitamin antioksidan  yang kuat, yaitu vitamin A , C, dan E, berarti pepaya sangat membantu dalam mencegah terjadinya masalah seperti aterosklerosis dan penyakit jantung diabetes.

Fitonutrien pro-karotenoid yang ada pada pepaya dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh. Ketika oksidasi kolesterol ini terjadi, ia menempel di dinding pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Kandungan vitamin E dan vitamin C yang ada dalam pepaya dapat membantu mencegah terjadinya kolesterol menempel di dinding, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

8. Mengurangi Jerawat & Luka Bakar

Lateks yang ada didalam buah pepaya dapat digunakan untuk mengobati daerah pada kulit yang terkena jerawat. Sisi kulit pepaya yang berdaging juga dapat digunakan sebagai masker untuk menyembuhkan jerawat. Dan membuat kulit terlihat lebih jernih.

Ketika lateks dari buah pepaya ini diterapkan pada area yang terbakar, ia dapat membantu mengurangi bekas yang disebabkan oleh luka bakar, dan membuatnya efektif dalam membantu mengobati luka, luka, dan bisul.

9. Efek Antiinflamasi

Enzim yang ada pada pepaya, terutama enzim papain dan chymopapain, dapat mengurangi peradangan di berbagai bagian tubuh.

10. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula ini adalah penyakit kelainan pada mata yang berkaitan dengan usia seseorang di mana sel-sel mata mengalami degenerasi, yang menjadikan penglihatan jadi kabur dan dapat menyebabkan kebutaan. Antioksidan bernama beta-karoten yang memberi pepaya warna oranye.

Sama seperti wortel yang dapat membantu meningkatkan penglihatan karena kehadiran beta-karoten, dan pepaya juga dikenal sangat efektif dalam mengurangi efek degenerasi makula. sebuah penelitian Archives of Ophthalmology mengatakan, dengan mengkonsumsi 3 atau lebih porsi buah ini setiap hari dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia (ARMD).