Simak Manfaat Kopra Putih yang Perlu Anda Ketahui

manfaat kopra putih

Manfaat Kopra Putih – Komoditi perkebunan kelapa di Indonesia sedang naik daun belakangan ini. Indonesia mempunyai potensi besar untuk pengembangan kesejahteraan petani kelapa. Salah satu pemanfaatan buah kelapa adalah berupa kopra kelapa.

Kopra kelapa adalah  daging dari buah kelapa yang dicungkil dari tempurungnya. Baik menggunakan mesin ataupun secara konvensional menggunakan tenaga manusia. Pengolahan daging dari buah kelapa (kopra kelapa) menjadi kunci keberhasilan dari produksi dan komoditi minyak kelapa.

Hasil dari pengolahan kopra kelapa dibagi menjadi dua jenis, yaitu kopra hitam dan kopra putih. Seperti namanya, kopra hitam adalah kopra yang dalam pengolahannya paling mudah. Hanya dengan mengeluarkan / mencungkil daging kelapa dari tempurungnya kemudian menjemur dibawah matahari hingga berwarna hitam.

Berbeda dengan kopra hitam, Kopra putih lebih sulit dan agak panjang proses pembuatannya. Karena harus diperhatikan kandungan dan kualitas dari kopra tersebut. Kopra putih haruslah kering (kandungan airnya kurang lebih sekitar 5%), higienis, bebas aflotoksin, PAH, FFA dan terbebas kandungan lainnya.

Baca Juga : Cara Menanam Pohon Kelapa Agar Cepat Berbuah

Manfaat Kopra Putih yang Perlu Anda Ketahui

Kopra putih mempunyai banyak manfaatnya, dari segi ekonomis maupun kesehatan. Oleh karena itu petani kopra di Indonesia memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal. Apa saja manfaat kopra putih itu?

  1.Harga Kopra Putih Jual Stabil dan Cukup Tinggi

Dilansir dari Mentawaikita.com, Senin, 18 Januari 2021, Siere Sakerebau salah satu warga Dusun Muara Desa Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Mentawai, “Untuk harga kopra putih dijual ke Padang dihargai Rp. 14.000 per kilogram hingga Rp. 17.000 per kilogramnya. Untuk menghasilkan satu kilo Kopra Putih membutuhkan 4-5  buah kelapa”.

Sedangkan apabila dijual dalam bentuk butiran kelapa utuh maka hanya laku dijual dengan harga Rp. 2000 saja. Senada dengan Bapak Siere di Mentawai, Bapak Siwi Suwito di Kabupaten Indrahiti Gilir, Provinsi Riau mengatakan bahwa Kopra kelapa di daerahnya jika dijual laku dikisaran harga Rp. 8.500 hingga Rp 13.000 per kilogramnya.

  2.  Cara Pembuatan Kopra Putih Cukup Sederhana Namun Tetap Perlu Diperhatikan Prosesnya

Walaupun cara pembuatan cukup panjang, namun bukan halangan untuk petani kopra di Indonesia mengolah kopra kelapa menjadi komoditi yang menguntungkan. Biasanya kopra putih digunakan sebagai bahan baku minyak goreng. Untuk menghasilkan kopra yang bagus dibutuhkan buah kelapa yang berumur sekitar 10 hingga 1 tahun dengan berat sekitar 3 sampai 4 kilogram.

Cara pembuatan Kopra putih mengandalkan energi panas, baik dari energi panas matahari maupun dengan teknologi pemanas, seperti oven kopra putih salah satunya. Dengan teknologi oven kopra putih hasilnya relatif kering dan terbebas dari jamur. Kopra tidak akan menghasilkan bau anyir yang menurunkan kualitas kopra itu sendiri.

Menggunakan teknologi pengovenan lebih menguntungkan karena tidak bergantung dengan kondisi cuaca. Walaupun sedang musim hujan produksi masih bisa dilanjutkan di dalam ruangan.

  3. Dapat Dimanfaatkan Menjadi Minyak Kelapa Berkualitas Tinggi

Saat ini banyak orang membutuhkan minyak kelapa karena lebih sehat. Alasan kesehatan inilah beberapa produk dapat diciptakan dari bahan baku kopra kelapa, diantaranya:

  • Virgin Coconut Oil ( VCO )
  • Minyak goreng
  • Sampo
  • Sabun
  • Pelembab kulit
  • Obat kumur

Baca Juga : Simak Tips dan Cara Membuat Minyak Kelapa Dara

  4. Menjadi Bahan Bakar Alternatif Untuk Mesin Diesel

Hasil penelitian dari Universitas Jember yang telah dijurnalkan pada tahun 2012 dengan judul “PRODUKSI COCO-BIOFUEL DAN APLIKASINYA PADA MESIN DIESEL DENGAN SISTEM INJEKSI LANGSUNG”.

Pada jurnal tersebut menerangkan bahwa hasil pengujian menunjukkan bahwa coco-biofuel yang telah dibuat tersebut memiliki sifat kimia yang hampir sama dengan minyak solar. Berdasar penelitian tersebut solar organik (coco-biofeul) dapat menggantikan bahan bakar solar.

Tentunyan penelitian ini masih diteliti dan dilanjutkan oleh pihak-pihak terkait sehingga bisa dipakai untuk masyarakat secara umum. Sekian ulasan dari kami semoga dapat memberikan inspirasi baru bagi anda. Temukan artikel menarik lainnya di publisherr.