Manfaat Ikan Bandeng Yang Baik Untuk Kesehatan

manfaat ikan bandeng

Pada artikel kali ini saya akan memberitahukan manfaat ikan bandeng untuk kesehatan. Tapi sebelum kita membahas manfaatnya, apakah teman teman tahu dan pernah memakan olahan dari ikan ini?

Kebanyakan orang pasti sudah tahu dan mengenal jenis ikan yang satu ini. Karena spesies ikan ini sangat populer di kalangan masyarakat asia tenggara tak terkecuali Indonesia. Bahkan bagi masyarakat tionghoa ikan yang satu ini menjadi menu wajib pada setiap perayaan imlek.

Selan rasa dari ikan ini yang sangat enak, ternyata terdapat banyak manfaat untuk kesehatan yang terkandung didalamnya. Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan sejumlah nutrisi dan vitamin didalamnya. Ikan ini juga diperkaya dengan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tentunya bak untuk kesehatan.

Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang cara membuat bandeng presto, jika anda ingin mengolah ikan yang stu ini bisa kunjungi artikel tersebut. Dan berikut ini saya akan memberitahukan manfaatnya.

manfaat ikan bandeng

Manfaat Ikan Bandeng :

Dari kandungan nutrisi dan vitamin lainnya yang ada didalamnya, ikan bandeng memberikan manfaat bagi siapa saja yang mengonsumsinya secara rutin.

1. Meminimalisir Penyakit Jantung Koroner

Didalam ikan bandeng juga terkandung asam lemak, omega-3, omega-6, EPA, dan DHA. Hal tersebut berfungsi meminimalisir terjadinya penggumpalan darah pada pembuluh darah koroner, yang mana kondisi ini menimbulkan penyakit jantung koroner yang mematikan.

2. Mencegah Penyakit Saraf

Menurut salah satu ahli teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor, beliau mengatakan bahwa mengonsumsi ikan bandeng secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit saraf dan juga dapat meminimalisir tingkat stres pada diri seseorang.

Manfaat ikan bandeng yang satu ini disebutnya tak lepas dari kandungan DHA dan EPA, yang mana keduanya merupakan asam lemak esensial yang baik bagi kesehatan saraf.

3. Mencegah Radang Sendi

Jika tubuh kekurangan asupan asam lemak omega-3 akan memicu timbulnya peradangan pada persendian tubuh. Untuk mencegah hal tersebut, mengonsumsi ikan bandeng menjadi salah satu cara alami terbaik yang bisa dilakukan. Alasannya karena ikan bandeng kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh tersebut, bahkan mencapai sekitar 60 persen dari total kandungan lemak yang ada di dalamnya.

manfaat ikan bandeng

4. Menjaga Kesehatan Mata

Ikan bandeng juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Setiap 100 gram ikan bandeng mengandung vitamin A sebanyak 45 mikrogram. Drai kandungan tersebut  mengon sumsi ikan bandeng secara rutin akan mendapatkan manfaat vitamin A yakni merawat kesehatan dan fungsi mata.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi ikan yang satu ini secara ruti akan mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh yaitu, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Ikan yang satu ini mengandung nutrisi dan vitamin seperti zat besi dan vitamin A, yang mana keduanya merupakan elemen penting guna menjaga dan mengoptimalkan daya tahan tubuh.

6. Merawat Fungsi Ginjal

Vitamin B12 yang terkandung didalamnya menghasilkan manfaat yang baik untuk merawat ginjal agal berfungsi secara normal. Vitamin B12 berfungsi untuk membantu proses pembuangan limbah didalam tubuh yang berasal dari makanan, jika terus-menerus berada didalam tubuh akan menjadi racun yang berbahaya dan berpotensi menyebabkan penyakit batu ginjal (nefrolitiasis).

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari ikan yang satu ini, tapi pada kesempatan kali ini hanya itu saja yang bisa saya sampakan. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan kata, sekian dari saya semoga bermanfaat.