10 Makanan Khas Nanggroe Aceh Darussalam Yang Menggugah Selera

makanan khas nanggroe aceh darussalam

Nanggroe Aceh Darussalam

Nanggroe Aceh Darussalam merupakan daerah yang kaya akan keberagaman, dari alam hingga kuliner. Kota yang yang mendapat julukan sebagai serambi mekkah ini banyak dan sangat beragam sajian kuliner. Maka tidak heran jika wisatawan datang ke Aceh untuk mencari berbagi menu makanan khas daerah  ini. Apa saja sih makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam? Yuk simak artikel berikut.

10 Makanan Khas Nanggroe Aceh Darussalam

1. Sie Reuboh

makanan khas nanggroe aceh darussalam

Makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam yang pertama adalah sie reuboh. Makanan ini sekilas mirip dengan rendang. Terbuat dari daging sapi rebus dengan santan dan rempah rempah khas Aceh yang menjadi daya tariknya.

2. Mie Aceh

Selanjutnya adalah mie aceh. Makanan yang satu ini sudah menjadi makanan khas Aceh yang sering di cari cari para wisatawan. Mie ini dapat dicicipi dengan dua cara yakni di goreng dan dan di rebus. Untuk rasa sendiri dapat pedas atau tidak dan disajikan dengan berbagai toping seperti seafood, daging dan lainnya.

3. Ayam Tangkap

Makanan khas Aceh yang berikutnya adalah ayam tangkap. Makanan ini terbuat dari ayam goreng dengan cabai hijau dan daun teumuru atau daun salam koja. Saat memakan  ayam ini memiliki sensasi rasa tersendiri karena ditambahi aroma daun teumuru atau salam koja. Ayamnya dipotong potong kecil sehingga dapat bercampur rata dengan daun salam koja dan cabai hijau goreng serta taburan bawang goreng diatasnya.

4. Sale Pisang

Selanjutnya adalah sale pisang. Punya rasa manis yang khas, sale pisang ini cocok di nikmati untuk camilan. Jajanan yang satu terbuat dari pisang yang dibaluri gula tebu, lalu diasapkan hingga kering.

5. Sate Matang

Dinamai sebagai sate matang karena asalnya dari Matang, Bireuen. Yang membuat makanan ini banyak diminati karena sate ini disajikan bersama kuah soto. Di Nanggroe Aceh Darusslam sendiri banyak yang berjualan di pinggir jalan.

6. Gulai Kambing

Gula kambing khas Nanggroe Aceh Darussalam memiliki rasa yang khas, karena dimasak dengan rempah rempah khas Aceh. Dimasak dengan menggunakan kuali besi besar dan terus dipanaskan, maka dari itu jika pesan gulai kambing akan selalu dalam keadaan hangat dan daging empuk. Biasanya dihidangkan dengan campuran daging rebus cincang yang dicampur dengan bawang dan cabai rawit tumbuk serta jeruk nipis sebagai pelengkap gulai kambing.

7. Sia Kameng

Makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam berikutnya adalah sie kameng. Sie ameng merupakan hidangan dari daging kambing yang hampir mirip dengan gulai. Yang membedakan makanan ini menggunakan potongan nangka dengan aroma wanginya yang sedap.

8. Adee Meureudu

Makanan selanjutnya adalah adee meureudu. Kue tradisional sejenis dengan bingkang manis ini hanya ditemui di Aceh. Adee merupakan jenis kue yang bertekstur lembut, legit karena terbuat dari tepung terigu dan singkong yang dihaluskan dan manis yang berasal dari gula asli. Kue adee sangat cocok jika disantap bersama kopi atau teh.

9. Mie Jalak

Selanjutnya adalah mie jalak. Mie jalak khas daerah Nanggroe Aceh Darussalam ini disajikan dengan kuah kaldu, dan di lengkapi dengan potongan daging, telur rebus, dan toge.

10. Martabak

Makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam yang terakhir adalah martabak. Martabak khas Aceh ini berbeda dengan martabak yang biasa kita kenal. Dengan berbahan dasar roti cane sebagai kulitnya dan memiliki rasa yang sedikit lebih pedas. Martabak ini cocok untuk disantap bersama kopi atau sebagai camilan biasa.

Bagaimana? Bukankah sangat menggugah selera kita? Jika berkunjung ke Nanggroe Aceh Darussalam jangan lupa untuk menikmati makanan khas yang pasti akan membuat lidah anda ketagihan. Jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel tentang cara membuat sirup gula. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian terima kasih.

See uu…