Berikut Ini Adalah Macam Macam Motif Batik Ikat Celup

Macam Macam Motif Batik Ikat Celup

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai macam macam motif batik ikat celup yang cantik. Anda bisa menjaikannya sebagai pakaian.

Batik Ikat celup adalah proses membuat motif dan warna pada kain putih polos dengan teknik mengikat dan menutup sebagian kain dengan karet gelang.

Maupun tali rafia dan platik gula pasir selanjutnya dicelup pada pewarna kain misalnya yang mudah didapat yaitu wantex.

Sulitnya mendapatkan garam warna dan naptol di kota Depok yang biasa digunakan untuk celup warna batik tulis. Sehingga memilih alternatif warna menggunakan wantex yang banyak dijumpai di warung terdekat.

Macam Macam Motif Batik Ikat Celup

Macam Macam Motif Batik Ikat Celup

Kain batik jumputan, teknik tenun ikat celup Indonesia memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi yang menghasilkan kualitas produk kain tekstil beragam.

Berbagai daerah dari negeri penghasil seni kerajinan tangan Nusantara ini memiliki beragam kain khas wastra ikat celup yang menyingkap nuansa adi warna kain etnik khas kedaerahan.

Batik jumputan adalah, jenis kain batik dengan teknik pewarnaan ikat celup yang diterapkan oleh berbagai negara di dunia dengan sebutan istilah asing tie dye.

Sedangkan kreasi teknik yang berkembang di Indonesia tidak hanya diikat tetapi juga melalui proses cara pembuatan sistem delujur, sebagai bentuk cara yang lebih sulit.

Delujur dalam proses cara membuat motif batik jumputan, dimana perajin harus membuat pola di setiap sisi kain lalu menjahitnya dengan tali rafia sehingga membentuk jelujur.

Setelah itu, tali rafia tersebut ditarik sehingga kain terikat lalu dicelup ke dalam pewarna. Setelah kering, ikatan kemudian dibuka maka akan terbentuk pola ragam hias motif yang unik.

Cara ini dikembangkan untuk berbagai pola motif termasuk cara membuat batik jumputan motif bunga, maupun pelangi.

Dan semua proses dikerjakan oleh tangan langsung, maka teknik khas dari seni tekstil tradisional asli kerajinan tangan Nusantara memiliki teknik lebih rumit, alami serta natural.

Berikut Ini Motif Ikat Celup

Juga ada kain batik ikat celup Sidoarjo, batik jumputan Solo Surakarta, Jogja, Pekalongan dan berbagai daerah lainnya yang beragam.

Di Nusantara dikenal adanya jenis kain ikat celup khas daerah dari Indonesia timur sebagai kain adat kedaerahan untuk penutup jenazah.

Ragam jenis macam-macam motif batik jumputan teknik ikat celup, teknik pewarnaan batik dengan ikat celup yang telah lama dikenal dunia.

Biasanya motif motif kain ikat celup terinspirasi dari klise ragam kreasi kain tradisional klasik. Dan kain yang dipakai sebagai bahan pun beragam, seperti kain katun, ATBM, sutra, prima, embos, primisima.

Jenis kain ikat celup juga terdapat pada aneka ragam pakaian jadi muslim, gaun, kebaya pesta, rok, blazer, blus, seragam, polo shirt, kaos oblong, celana, sarung, sarung model celana yang kaya perbendaharaan corak-corak warna dari kreasi motif khas lama.

Aneka ragam hias motif kain ikat celup, seperti abstraksi, gradasi bentuk wayang, bunga, anyaman menjadi inspirasi desain grafis modern. Dan menghiasi serta mengisi bidang-bidang dimensi jenis-jenis motif keramik lantai modern.

Ragam hias motif-motif tradisional kain tekstil batik lawasan khas Nusantara yang menjadi pattern tekstil modern. Dapat disesuaikan dan dikombinasikan dengan kain ikat celup.

Batik lama merupakan inspirasi motif-motif pattern tekstil modern yang juga mengambil bentuk stilasi disain gambar kutu serangga ; seperti batik capung, sketsa gambar, flora fauna, pemandangan, motif geometri, maupun abstraks.

Itulah Pembahasan mengenai macam macam motif batik ikat celup. Semoga bermanfaat untuk Anda.