Macam Macam Kemasan yang Perlu Kalian Ketahui

Macam-Macam Kemasan

Macam Macam Kemasan

Dalam kesempatan pada kali ini saya akan memberitau macam-macam kemasan yang perlu diketahui langsung saja mari kita simak dibawah ini.

Pengertian Macam Macam Kemasan

Kemasan adalah suatu wadah atau pelindung untuk suatu produk yang berfungsi untuk sebagai melindungi sebuah produk agar tetap rapi dan tetap bersih.

Macam Macam Kemasan

Kemasan terdiri atas berbagai macam bahan antra lain yaitu sebagai berikut :

Plastik

Kemasan plastik sifatnya ringan dan mudah untuk dicari dan harganya juga terjangkau.

Kertas

Kertas juga selalu menjadi pilihan untuk banyak sekali orang maka dimana kertas dapat mudah dibentuk dengan cara digunting sesuai dengan yang kita inginkan. Kelemahannya kertas mudah hancur apabila jika terkena air.

Kayu

Kayu yang mempunyai sifatnya keras dan tahan banting juga pun menjadi pilihan orang untuk menjadi kemasan. Kelebihan dari kayu adalah untuk packingan nya yang tahan banting dan kuat. Namun kekurangannya adalah berat kayu yang bisa menambah kgan ketika akan dikirim atau di distribusikan.

Kaleng

Kaleng merupakan kemasan yang paling baik untuk melindungi suatu produk dari sinar matahari, uap air, dan juga oksigen. Kelemahnnya ialah yaitu kemasan kaleng mahal dan harus dibeli secara grosir.

Jenis Jenis Kemasan

Kemasan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Kemasan Primer

Merupakan kemasan yang bersentuhan secara langsung dengan produk tersebut. Contoh seperti botol, bungkusan keripik, dll.

2. Kemasan Sekunder

Merupakan kemasan kedua setelah kemasan primer yang untuk membungkus produk tersebut.

Contoh seperti plastik besar untuk membungkus kemasan kemasan makanan yang akan didistribusikan.

3. Kemasan Tersier

Merupakan kemasan urutan ketiga yang akan membungkus semua kemasan sekunder.

Contoh seperti dus atau kotak besar.

Manfaat Kemasan

Kemasan tentu memiliki banyak manfaat, yaitu :

1. Untuk melindungi produk dari cahaya sinar matahari, uap, dan oksigen.

2. Untuk menjaga produk agar tetap bersih

3. Untuk mempercantik tampilan suatu produk

4. Untuk membuat produk agar tetap rapi

5. Sebagai identitas produk

6. Agar produk tidak tercecer ketika melakukan pengiriman

Hubungan Kemasan dengan Promosi

Kemasan dan promosi adalah merupakan satu hal yang tak dapat dipisahkan. Ketika sebuah produk akan didistribusi maka tentu kita harus melakukan promosi dahulu.

Karena dengan cara melakukan promosi kita dapat membuat masyarakat menjadi tertarik dan penasaran dengan produk yang kita buat. Apabila kita tidak mempromosi produk tersebut maka produk kita tidak akan laku di kalangan masyarakat luas.

Kemasa merupakan sebuah suatu unsur utama dalam bidang promosi produk. Dari kemasan ini lah maka masyarakat dapat mengetahui identitas produk. Kemasan yang menarik juga sangat berpengaruh dalam sebuah promosi produk.

Dengan kemasan yang menarik maka masyarakat tentu akan penasaran dan tertarik untuk membeli produk kita. Maka dari itu sebelum mempromosi produk maka akan lebih baik jika kita membuat kemasan yang bagus.

Tujuan Kemasan

Kemasan mempunyai beberapa tujuan, yaitu:

  1. Physical Production adalah melindungi objek dari suhu, getaran, guncangan, tekanan dan lain sebagainya.
  2. Barrier Protection adalah melindungi dari hambatan oksigen uap air, debu, dan lain sebagainya.
  3. Containment or Agglomeration adalah benda-benda kecil biasanya dikelompokkan bersama dalam satu paket untuk efisiensi transportasi dan penanganan.
  4. Information Transmission adalah informasi tentang cara menggunakan transportasi seperti daur ulang, atau membuang paket produk yang sering terdapat pada kemasan atau label.
  5. Reducing Theft adalah suatu kemasan yang tidak dapat untuk ditutup kembali atau akan rusak secara fisik atau menunjukkan tanda-tanda pembukaan sangat membantu dalam pencegahan pencurian. Paket juga termasuk memberikan kesempatan sebagai perangkat anti-pencurian.
  6. Convenience adalah fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, kembali penutup, penggunaan dan untuk digunakan kembali.
  7. Marketing adalah kemasan dan label dapat digunakan oleh pemasar untuk mendorong calon pembeli untuk membeli produk.