Macam Macam Jenis Rumput Liar

Macam-macam rumput yang ada di Indonesia sangatlah banyak akan tetapai menurut kegunaannya rumput ini dibedakan menjadi dua macam yaitu jenis rumput yang biasanya digunakan sebagai hiasan dan jenis rumput untuk pakan hewan ternak dan lainya.

Rumput hias rata-rata digunakan sebagai hiasan taman sedangkan untuk hiasan ruangan biasanya orang menggunakan rumput sintetis, rumput sintetis ini adalah rumput buatan manusia tidak diperlukan perawatan khusus seperti halnya rumput hias karena ini adalah benda yang bisa mati.

Bagi kalian yang belum tau rumputĀ  artikel ini sangat cocok untuk dibaca karena di bawah ini akan membahas macam-macam jenis rumput yang belum banyak diketahui orang, artikel ini juga sangat cocok bagi kamu yang mempunyai hewan ternak yang selebihnya kamu bisa pilih mana rumput yang paling bagus untuk ternak.

Macam-macam Jenis Rumput

Pada dasarnya semua jenis rumput yang hidup itu merupakan rumput liar mungkin karena bentuk teksturnya yang indah dan enak dilihat maka sebagian orang memanfaatkan rumput tersebut sampai namanya bisa terkenal hingga saat ini.

Terdapat banyak sekali jenis rumput liar ini ada yang berbentuk pendek-pendek tidak memiliki batang pohon tegak ada seperti rumput jepang dan ada juga rumput yang memiliki batang pohon tinggi contoh seperti rumput gajah yang bisa tumbuh agak tinggi seperti tebu.

Selain itu ada macam-macam rumput yang memiliki batang dan daun namun bentuknya kecil, rumput jenis ini biasanya sering dikategorikan sebagai hama pengganggu pada tumbuhan yang ditanam oleh para petani, karena memang rumput jenis ini banyak memiliki di sela-sela tanaman seperti padi, kedelai, dan pada tanaman sawah yang lainnya, Cek juga tentang Jenis Jenis Rumput Taman.

1.Rumput Ilalang/Alang-alang

macam macam jenis rumput

Rumput ilalang atau nama lain dari alang-alang. Rumput jenis ini banyak kita jumpai di pinggiran jalan, hutan maupun di persawahan yang tanahnya sudah mengering, dilihat dari perkembangannya saja rumput ilalang ini memang cukup sangat cepat dalam memperbanyak keturunan bibitnya hal itu ada beberapa faktor.

Antara lain dari cara hidupnya yang pada umumnya rumput ilalang tumbuh bergerombolan di tempat-tempat yang tertentu hal itu memudahkan rumput dalam menyebarkan benih bijinya ditambah juga model bunganya yang mirip dengan kapas sehingga jika terkena angin cukup mudah untuk berterbangan

 

2.Rumput Grinting

Rumput grinting memiliki kelebihan tersendiri di antara jenis-jenis rumput lain kelebihannya adalah kemampuan bertahan hidupnya yang tidak kita diragukan lagi ia mampu bertahan hidup pada musim kemarau yang berkepanjangan namun akan tetapi rumput jenis ini juga tidak disukai oleh para hewan ternak.

Sehingga rumput ini banyak didiamkan dan tidak diambil oleh para perumput sawah, akan tetapi rumput grinting sangatlah bermanfaat untuk melindungi erosi pada tanah miring yang memang akarnya yang serabut cukup banyak dan kuat sehingga bisa menjadi tanah padat tak mudah runtuh.

3.Rumput Teki

Rumput teki sepertinya sudah banyak orang yang pernah mendengar akan tetapi sedikit yang mengerti, rumput teki juga banyak ditemui di berbagai daerah namun dia lebih suka berada pada tempat yang kering tetapi basah seperti pinggiran sungai, kanal dan persawahan.

Rumput teki adalah tanaman tahunan ia bisa tumbuh sampai dengan tinggi 140 cm tumbuh dengan daun biasanya berjajaran samping kanan kiri yang menjadi 3 bagian, batang bagian bawah berwarna putih, di bawah batang di sela-sela akar ia memiliki umbi yang bisa diambil banyak manfaatnya.

4.Rumput Gajah

Masih tentang jenis rumput gajah ini yang sama, jenis rumput gajah besar yang berukuran agak lebih besar dan sering ditemukan di lahan lapangan bola atau halaman rumah yang berukuran besar dan luas. Ukurannya yang besar mempunyai jenis rumput gajah besar lebih tahan dan kuat terhadap pijakan kaki manusia.

Perawatanya model rumput gajah besar cukup mudah karena kamu tidak memerlukan terlalu sering untuk menyiraminya dengan air, cukup sesekali saja secara rutin jangan terlalu sering. Walaupun memiliki ukuran yang besar, harga model rumput ini tetap cukup terjangkau, lho!

Baca juga Cara Membuat Mainan Dari Kardus Untuk Kreasi Anak-Anak.

Demikian informasi tentang macam macam jenis rumput yang dapat saya sampaikan,Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.