Macam Macam Beras yang Ada di Indonesia

macam macam beras

Pada artikel ini kita akan bahas macam macam beras di Indonesia. Beras merupakan sumber makanan utama bagi masyarakat di Indonesia.

Untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, tentunya kamu menjaga pola makan dengan pemilihan jenis makanan yang terbaik. Nah, salah satunya mengonsumsi nasi. Beras pun mengandung banyak bagi tubuh di antaranya karbohidrat, vitamin, protein, lemak, mineral, dan serat. Sementara beras itu mempunyai jenis yang berbeda beda banyak dan memiliki kandungan zat gizi.

Berikut rangkuman 7  jenis beras yang ada di Indonesia

 

 1. Beras Putih

Macam Macam Beras

Pasti sudah nggak asing lagi dengan beras putih. Ya. Beras putih memiliki lapisan kulit yang sudah dibuang sebelumnya dengan cara digiling maka dari itu berasnya berwarna putih. Sementara beras putih pun mengandung serat yang lebih sedikit dari beras hitam dan beras merah.

Karena lapisan luar dan lapisan tengah yang mengandung serat tinggi pada beras putih sudah hilang akibat proses penggilingan. Selain itu beras utihk proses terdapat kandungan gizi lebih rendah dibanding beras lainnya.

 

beras putih yang ada di Indonesia punya beberapa jenis :

  • Setra ramos

Beras jenis ini banyak beredar di pasaran dan menjadi banyak favorit masyarakat karena harganya yang relatif lebih murah.

  • Rojolele

Beras rojolele banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beras ini memiliki warna seputih susu.

  • Batang lembang

Beras jenis ini biasa dikenal dengan nama beras Jepang. Beras ini memiliki hasil tekstur yang sangat enak setelah dimasak.

  • IR 42

Berbeda dari beras batang lembang, tekstur beras IR 42 sedikit keras dan kering. Beras ini lebih cocok untuk dijadikan nasi goreng, nasi uduk, lontong dan lain-lain.

  • Beureum sengit

Beras beureum sengit yang berasal desa Cianjur ini yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol. Varietas lokal asal desa Cianjur selain pandan wangi yang nyaris punah, karena itu harga jualnnya  jadi relatif mahal.

Cara memasak nasi :

1. Ukur beras dengan cangkir takar/sesuai selera kamu dan masukkan ke dalam panci penanak nasi Anda.

2. Cuci beras dahulu sebelum dimasak, beras harus dicuci terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar membersihkan kotoran yang                    menempel pada beras ikut terbuang bersama dengan air. Jika yang mecucinya lama akan menghilangkan serat dan vitamin yang terkandung dalam beras.

3. Ukur air secukupnya. Sebagian besar memakai air dingin

4. Rendam beras tiga puluh menit biar enak kalau tidak di rendam juga enak. Namun beberapa orang tidak merendam beras                      dikarenakan untuk mempersingkat waktu memasak. Perendaman juga dapat membuat nasi menjadi lebih lengket. Gunakan                  jumlah air yang diukur sebelumnya untuk merendam beras pada suhu ruang.

5. Tambahkan perasa kalau perlu seperti garam, mentega atau minyak. Perasa wajib ditambahkan ke dalam air sebelum Anda mulai         menanak nasi, sehingga beras akan menyerap perasa ini selama dimasak.

6. Masukkan butiran beras yang menempel di dinding panci masuk ke dalam air sehingga semua beras terendam sepenuhnya, jangan       sampai ada yang kelewatan.  Gunakan sendok kayu atau plastik untuk melakukannya. Beras yang ada di luar air bisa hangus                   selama dimasak. Jika air atau beras tumpah ke tepi panci, bersihkan dulu luar panci dengan kain atau lap hingga kering.

7. Periksa penanak nasi untuk mengatur selera anda atau pengaturan kusus.

8. Masak nasi di dalam penanak nasi. Jika penanak nasi Anda mempunyai panci yang bisa dilepas, pasangkan kembali pancinya                 setelah diisi dengan beras dan air. Tutup penanak nasi nya, lalu hubungkan kabelnya dengan colokan listrik, dan tekan tombol               untuk memasak (cook). Tombol ini mengeluarkan bunyi klik secara otomatis seperti pemanggang roti.

9. Tungggu nasi selama 10-15 menit sebelum membuka tutup penanak nasi. Disarankan dalam penanak nasi, dan otomatis dilakukan       pada beberapa merek penanak nasi. Selama waktu ini, jangan memutuskan aliran listrik ataupun mengangkat panci dari sumber           panas akan mengurangi jumlah nasi yang merekat di panci penanak nasi.

10. Aduk nasi agar tidak padat dan menggumpal, Nasi siap sajikan.

 

2. Beras Ketan

beras ketan

 

Apa kalian sering makan lemper? Nah,kita akan bahas beras ini bahan dasar pembuatan lemper atau uli goreng ialah dari beras ketan. Beras ketan sendiri meempunyai dua warna, yaitu ketan putih dan ketan hitam.

Sekarang beras ketan sudah banyak dijual di mana mana dalam bentuk tepung. Beras ketan pun memiliki tekstur yang sangat lengket dan rasanya gurih banget sesudah dimasak.

Selain itu beras ketan mempunyai manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan sistem imun tubuh, membantu melawan radikal bebas dan menstabilkan tekanan darah.

Biasanya macam macam beras  ketan sering banget dimakan oleh orang yang baru menjalankan diet, karena kandungan karbohidrat dari beras ketan sangat rendah dibandingkan beras putih.

Beras ketan juga mengandung banyak nutrisi 169 kalori dalam 200 gr dan terdapat nutrisi seperti vitamin B-6 untuk membantu otak agar tetap sehat.

 

 3. Beras Merah

beras merah

Siapa yang suka dengan beras ini mengonsumsi beras merah? Ya. Beras merah sering dimakan oleh sebagian orang dalam menjalankan program diet. Sebab beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga setelah dimakan tidak langsung diubah menjadi gula darah di dalam tubuh.

Selain itu isi kandungan pada beras merah sangat kaya akan serat dan nutrisi seperti antioksidan, vitamin B6 dan zat besi. Sedangkan berasnya yang berwarna merah itu diperoleh dari isi kandungan gen antosianin.

Teksturnya lebih keras dan kasar dibanding beras putih, sehingga sewaktu memasaknya butuh waktu yang lebih lama. Harga dari beras merah tentunya lebih mahal jika dibandingkan dengan beras putih.

 

4. Beras Hitam

macam macam beras

 

Macam macam beras yang selanjutnya adalah  beras hitam. Dilihat dari warnanya,jelas udah tau kan?iya beras hitam jenis beras yang satu ini paling berbeda dengan beras lainnya. Tahukah kamu? Ternyata beras hitam kalau di masak akan berubah warna menjadi ungu tua. Selain itu juga tidak lengket saat dimasak.

Namun teksturnya sedikit lebih pera jika dibandingkan dengan beras putih. Meski begitu, beras hitam memiliki banyak kandungan gizi seperti vitamin E, zat antiinflamasi, dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Apabila beras ini dikonsumsi secara rutin, beras hitam itu pun bisa mencegah anemia, meningkatkan sistem imun tubuh, melindungi dari radikal bebas, anti-aging, dan menurunkan kolesterol maupun diabetes.

Sementara keberadaan beras hitam di pasaran masih terbilang cukup langka, karena harganya sangat tinggi sehingga jadi jarang ditemui di toko atau swalayan menjualnya.

 

5. Beras Cokelat

macam macam beras cokelat

Nah, macam macam beras ini ialah beras cokelat. Beras cokelat berbeda penggilinganya dengan beras putih. Beras ini diproses dengan menghilangkan kulit padi nya dan tidak melalui proses yang sangat panjang seperti beras putih.

Tesktur dari beras jenis ini lebih kasar di banding beras merah dan warnanya pun cokelat. Beras cokelat memiliki kandungan yang sangat kaya akan nutrisi. Di mana beras cokelat mempunyai serat yang lebih banyak jika dibandingkan dengan beras putih. Selain itu beras cokelat terdapat banyak kandungan fitonutrien, lemak esensial, magnesium, mineral dan vitamin.

Beras cokelat pun sangat bermanfaat bagi kesehatan kita seperti menurunkan kadar diabetes, meminimalisir risiko kanker dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. beras ini mirip dengan beras merah, proses memasak beras cokelat lebih lama dibanding dengan beras putih.

 

6. Beras Basmati

Mungkin 85% orang yang belum mengetahui beras jenis ini. Beras basmati ini merupakan jenis beras yang berasal dari India. Satu cangkir beras ini memiliki kandungan serat 20 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan beras lain.

Beras ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, beras basmati juga dapat memperlancar sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi sekali.

 

7. Beras Jasmine

macam macam beras

 

Beras sejenis ini biasanya memiliki harga jauh lebih mahal jika dibanding dengan beras lainnya. Hal ini dikarenakan beras ini memiliki aroma yang sangat harum dan menggugah selera makan. Warnanya pun sangat putih sekali jika dibandingkan dengan beras putih. cara panennya berbeda. Cara panen dapat dilakukan secara manual menggunakan sabit dengan memotong pangkal batang atau dengan mesin perontok padi untuk menghemat waktu.

Beras jasmine juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Kandungan asam amino dalam beras jasmine bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit otot dan tulang.

Itulah 7 jenis beras di Indonesia serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh kamu. Silahkan kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu tertarik untuk mengetahui tips kesehatan lainnya.