Macam Beras Dan Contohnya Yang Wajib Kamu Konsumsi Dirumah

macam macam beras

Karena banyak sekali orang yang bingung dengan yg namanya macam macam beras. Makanya saya buat artikel ini yang tentu saja membahas macam beras dan contohnya.

Nasi ialah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, sehingga tak heran bila ada anggapan, “Belum makan kalau belum makan nasi”. Nah, anggapan inilah yang membuat orang orang Indonesia menyantap segala jenis makanan dengan nasi.

Karena peran nasi yang begitu penting, Anda jangan sampai salah dalam memilih beras. Beras yang bagus serta berkualitas tentunya akan membuat nasi menjadi lebih nikmat, sehingga makan pun semakin lahap.

Nah biasanya untuk membuat beras yang baik, para petani menggunakan mesin dan anda dapat membelinya jual mesin panen padi.

Oleh karena itu, yuk simak jenis jenis beras berikut ini!

Ini Dia Macam Beras dan Contohnya

1. Beras Putih dan Contohnya

macam-beras-dan-contohnya

Pasti sudah nggak asing lagi dengan beras putih. Ya. Beras putih memiliki lapisan kulit yang sudah dibuang sebelumnya, maka dari itu berasnya berwarna putih. Sementara beras putih pun mengandung serat yg lebih sedikit dari beras merah dan juga beras hitam.

Sebab lapisan luar dan lapisan tengah yang mengandung serat tinggi pada beras putih sudah hilang akibat proses penggilingan. Selain itu beras putih yang sudah melalui banyak proses terdapat kandungan gizi lebih rendah dibanding beras lainnya.

Nah, beras putih yang ada di Indonesia memiliki beberapa macamnya lohh.

Pandan wangi

Sudah barang tentu jenis beras yang satu ini punya aroma seperti pandan. Saat dimasak pun keluar aroma pandan yang wangi.

Setra ramos

Kalau beras setra ramos banyak beredar di pasaran dan menjadi banyak favorit masyarakat karena harganya yang relatif lebih murah.

Rojolele

Beras rojolele banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Tengah atau Jawa Timur. Beras ini mempunyai warna yang putih seputih susu.

Batang lembang

Beras batang lembang biasa dikenal dengan nama beras Jepang. Beras ini memiliki hasil tekstur yang sangat pulen loh setelah dimasak ya.

IR 42

Berbeda dari beras batang lembang, tekstur beras IR 42 sedikit keras dan kering. Beras ini lebih cocok untuk dijadikan nasi goreng, nasi uduk dan lontong.

Menthik susu

Menthik susu yakni beras organik yg sangat kaya nutrisi dan juga mineral, lho.

Menthik wangi

Kalau beras menthik wangi yakni beras organik yang punya kandungan gula yang lumayan cukup rendah, sehingga beras ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Beureum sengit

Beras beureum sengit yg berasal Cianjur ini sangat lah baik untuk menurunkan kadar kolestrol lho, lebih baik beli beras ini untuk kesehatan kamu ya.

2. Jenis Beras Merah

macam-beras-dan-contohnya-2

Secara harga beras merah lebih mahal dari beras putih biasa, bukan tanpa alasan karena merupakan jenis beras yang lebih bermanfaat bagi tubuh dibandingkan beras-beras lainnya.

Beras Merah, Kaya Serat
Kulit ari yang masih menempel pada bulir beras inilah yang menyebabkan kandungan serat tinggi, selain itu kaya vitamin B, komposisi kalori tergolong rendah serta kandungan nutrisi seperti asam lemak essensial yang diperlukan oleh tubuh.

Beras merah itu teksturnya lebih keras ketimbang beras putih, ada 2 jenis beras merah umum dijual, berikut sedikit informasi untuk diketahui tidak lain dari perbedaan warnanya.

Beras Merah Warna Gelap

Jika menemukan warna beras seperti ini artinya belum dikupan atau sengaja tidak dilepas arinya, akibatnya ketika dimakan beras merah terasa lebih kasar dan lebih cepat kenyang.

Beras Merah Warna Terang

Harga beras merah warna terang lebih mahal karena proses alat & waktu untuk mengelupas kulit arinya. Tekstur terasa lebih lembut ketika dimakan serta tidak terlalu padat.

Sekian dari artikel mengenai macam beras dan contohnya, semoga bermanfaat. Terimakasih. Bila Anda ingin membaca artikel lainnya dapat di klik disini.