Kopi Terbaik Indonesia yang Sudah Mendunia dan Sangat Sukses

Kopi Terbaik Indonesia

Kemarin saya membahas mengenaai beberapa kedai kopi palembang yang hits banget dan sekarang saya akan membahas mengenai Kopi terbaik Indonesia.

Ada begitu banyak jenis kopi yang tersebar ada di seluruh penjuru nusantara ini. Masing-masing kopi tersebut mempunyai ciri khas sesuai dengan tempat asalnya. jual alat pembuat sosis.

Apakah Anda termasuk pecinta kopi sejati? Kalau iya berarti kamu harus mencobaberbagai aneka ragam jenis kopi di tanah air.  Inilah beberapa jenis biji kopi khas Indonesia yang terbaik dan mendunia yang mesti Anda cicipi.

1. Kopi Aceh Gayo, Kopi terbaik indonesia

Kopi Terbaik Indonesia

Saat ini di Aceh terkenal akan dua jenis kopi yang di budidayakan adalah kopi Robusta dan kopi arabika Dua jenis kopi gayo yang sangat terkenal yaitu kopi Arabika Gayo Arabika dan kopi Robusta Ulee Kareeng.

Untuk kopi berjenis Arabika pada umumnya dibudidayakan di daerah dataran tinggi “Tanah Gayo”, Aceh Tenggara, Gayo Lues,

Sedangkan di Kabupaten Pidie daerah Tangse dan Geumpang dan Aceh Barat lebih dominan dikembangkan oleh masyarakat disini yang berupa kopi berjenis Robusta.

Kopi Arabika cukup besar dan berwarna hijau gelap, daunnya berbentuk oval, ketinggian dari pohon berkisar 7 meter. Tetapi di perkebunan kopi, ketinggian pohon ini dijaga supaya berkisar 2- 3 meter.

Tujuannya agar mudah saat di panen. Pohon kopi arabika mulai produksi buah pertamanya dalam tiga tahun. Lazimnya dahan tumbuh dari batang dengan panjang berkisar 15 cm.

Dedaunan yang diatas lebih muda warnanya karena sinar matahari sedangkan dibawahnya lebih gelap. Tiap batang menampung 10-15 rangkaian bunga kecil yang akan menjadi buah kopi.

2. Kopi Wamena

Kopi Terbaik Indonesia

Kopi Wamena tumbuh dengan sangat subur di pegunungan wamena dan merupakan menjadi salah 1 penghasil kopi di indonesia.

Mempunyai aroma yang sangat khas dan mempunyai ciri khas harum di setiap biji kopinya merupakan karakter dari kopi wamena.

kopi Arabika Wamena adalah varietas dari India. kopi ini sering bersama salah 1 kopi terenak di dunia yaitu Jamaica Blue Mountain.

Nggak heran kalau Dari sederet jenis kopi di Indonesia seperti Aceh Gayo, Lintong, Mandheling, hingga Luwak, Arabika Wamena adalah paling dicari lho!

3. Kopi TorajaKopi Terbaik Indonesia

 

Toraja merupakan daerah pegunungan yang dihuni oleh kelompok dari etnis Toraja. Seperti dari kebanyakan di Indonesia ini merupakan lokasi yang basah dan lembab.

Wilayah yang terletak di Sulawesi selatan ini mempunyai letak geografis area pegunungan yang sangat cocok untuk pengembangan budidaya kopi dengan kualitas yang sangat prima.

Hal tersebut telah diketahui sejak penjajahan Belanda dari ratusan tahun silam. Wilayah Toraja juga dikenal dengan wilayah yang memiliki budaya dengan pesona indah yang tak ditemukan di wilayah Indonesia yang lainnya.

Disamping itu wilayah ini sangat terkenal dengan penghasil kopi dengan aroma yang wangi ,memikat selera para penikmat kopi dengan selera tinggi.

Toraja adalah salah 1 kota penghasil kopi arabika di Indonesia.

Berlokasi di bagian selatan dari Pulau Sulawesi yang didominasi dengan kontur dataran tinggi berupa pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.200 mdpl .

Berjenis tanah endapan liat/marine memberikan satu keunggulan yang mampu membuat kualitas kopi dari Tanah Toraja memiliki keunikan dari segi karakteristik rasa dan aroma.

beberapa Negara yang sangat suka dengan kopi toraja seperti terutama Jepang. Nggak usah heran jika kopi toraja kini telah dipatenkan oleh jepang untuk perusahaan bernama Key Coffe di tahun 2005.

Di Jepang kopi toraja mereka anggap dengan barang yang sangat mewah, sekitar 40 persen dari kopi yang menyebar di Jepang merupakan kopi Toraja.

Bagi kamu yang lagi berkunjung ke Tanah Toraja terutama di Rantepao tak terasa lengkap rasanya.

Nggak usah heran jika kopi toraja kini telah dipatenkan oleh jepang untuk perusahaan bernama Key Coffe di tahun 2005.

Di Jepang kopi toraja mereka anggap dengan barang yang sangat mewah, sekitar 40 persen dari kopi yang menyebar di Jepang merupakan kopi Toraja.

Bagi kamu yang lagi berkunjung ke Tanah Toraja terutama di Rantepao tak terasa lengkap rasanya. Jika kunjungan tersebut tidak disempurnakan dengan menikmati kopi arabika asli toraja.