Kopi Americano – Kopi Amerika yang banyak penggemar

Kopi Americano

Kopi Americano

Kopi Americano merupakan minuman kopi espresso dengan tambahan air panas. Namanya diambil dari cara orang Amerika meminum espresso. Konon, penyebutan americano adalah lelucon dan ejekan orang Amerika yang suka espresso mereka dibuat lebih tipis.

Ada banyak varian minuman berbasis espresso yang populer di banyak kedai kopi. Minuman kopinya bermacam-macam, mulai dari espresso itu sendiri, kemudian latte, cappucino, moka, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak variannya, pernahkah Anda mencoba kopi americano?

Secara kasat mata, americano mirip dengan kopi hitam (black coffee) atau tubruk. Namun sebenarnya cara membuat kopi americano tidak seperti kopi hitam pada umumnya.

Kopi Americano dibuat dengan satu atau dua gelas espresso, lalu ditutup dengan air panas. Sedangkan kopi hitam adalah menyeduh ampas kopi tanpa espresso.

Anda tidak akan menemukan crema kental seperti espresso di americano. Pasalnya, crema yang biasanya ada di permukaan espresso sudah pecah oleh air panas. Oleh karena itu, bentuk americano hampir seperti kopi hitam.

Rasio espresso yang paling umum digunakan dengan air panas adalah 1 banding 4. Satu untuk satu atau beberapa tembakan espresso, dan empat untuk air panas. Secangkir americano biasanya disajikan sebanyak 240 ml.

Selain rasio ini, ada juga sebagian orang yang menggunakan rasio 1: 2 atau bahkan 1: 1. Rasio mana yang oke karena setiap orang memiliki selera kopi yang berbeda.

Berbicara soal rasa, memang belum ada jenis kopi tertentu yang paling cocok untuk membuat americano. Anda bisa menggunakan single origin atau coffee blend.

Jika ingin bereksperimen, coba seduh kopi dari Kopi Sasame. Produk Sasame Coffee merupakan kopi racikan Indonesia yang menawarkan pengalaman ngopi baru dengan cara yang lebih menyenangkan.

Cara Menikmati Kopi Americano

Metode Filter

Secara umum ada banyak teknik yang bisa digunakan untuk membuat kopi americano. Metode pertama yang sering digunakan adalah metode filter. Cara ini adalah cara paling sederhana untuk menyajikan kopi khas amerika.

Sangat efisien dan tidak memakan banyak waktu. Cukup letakkan ampas kopi di atas kertas saring di corong wadah kopi. Tuang air panas di atasnya. Kemudian kopi direndam dalam air panas dengan cara memanaskan wadahnya.

french press

Cara lain penyajian kopi amerikano adalah dengan menggunakan alat yang disebut french press. Bubuk kopi hanya perlu dimasukkan ke dalam french press lalu air panas akan menyusul.

Saat menuangkan air panas dari teko, posisikan teko lebih tinggi dari french press. Dengan begitu, gelembung kopi semakin banyak muncul dan aroma kopinya semakin harum. Aduk perlahan dan biarkan kopi selama 4 menit.

Kemudian tekan tutup french press dengan lembut dan kopi dapat dituangkan ke dalam cangkir. Cara ini membuat rasa kopi menjadi lebih berminyak dan kuat. Banyak kedai kopi menggunakan teknik ini karena kopi menjadi lebih beraroma.

metode kopi Turki

Metode kopi Turki dikenal sejak abad ke-15 di Turki. Pembuatan bir ini juga dikenal sebagai metode rekayasa Arab. Dengan cara ini rasa kopi menjadi lebih kental dan kuat. Biji kopi harus digiling secara manual.

Kemudian masukkan ampas kopi ke dalam wadah dan tambahkan gula pasir dan air. Setelah diaduk dan didiamkan, kopi siap disajikan.

metode espreso

Jika cara ngopi Turki adalah cara tradisional, berbeda dengan yang ini. Teknik espresso menggunakan alat berteknologi tinggi modern dan prosesnya lebih praktis. Membuat kopi americano dengan teknik espresso bisa dikatakan membutuhkan ketrampilan.

Biji kopi harus digiling di mesin ini. Anda bisa mengatur tekstur ampas kopi sesuka Anda. Anda perlu jam terbang untuk bisa menghasilkan kopi yang enak dengan menggunakan teknik espresso.

itulah penjelasan kopi americano dan cara menikmatinya. Untuk mendapatkan aroma yang lebih nikmat, kopi membutuhkan roasting yang bagus. Gunakanlah mesin roasting kopi, yang bisa anda dapatkan di toko grosir mesin.