Jus Untuk Kolesterol Dan Jantung Agar Tetap Sehat

jus untuk kolesterol dan jantung- tingginya kadar kolesterol dalam darah lama serangan jantung kelamaan menyebabkan lemak menumpuk dan mengeras di di nding pembuluh darah.Penyempitan pembuluh darah inilah yang meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan atau atau stroke.

jus untuk kolesterol dan jantung

jus untuk kolesterol dan jantung- Buah-buahan dapat menjadi penurun kolesterol karena mengandung serat yang larut dalam air.

jus untuk kolesterol dan jantung

Daftar buah penurun kolesterol yang wajib di konsumsi rutin

1. Apel

Buah penurun kolesterol tersebut juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan.

2. Alpukat

Buah alpukat yang bisa di konsumsi buah penurun kolesterol adalah alpukat. Salah satu buah penurun kolesterol tersebut yang juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dari dalam tubuh. Mengonsumsi satu buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang di muat dalam Nutrition Journal menunjukkan selain memengaruhi kadar kolesterol, buah yang dapat berfungsi sebagai penurun kolesterol ini mampu memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama. Bahkan, rasa kenyang tersebut bisa bertahan hingga 3 sampai 5 jam setelah di konsumsi. Buah penurun kolesterol tersebut juga bisa menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, buah alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

4. Buah-buahan beri (stroberi, blueberrycranberry)

Sebuah penelitian yang dimuat di dalam The American Journal of Nutrition, dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler, menunjukan bahwa asupan dua porsi buah beri per hari (satu porsi setelah makan siang, satu porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik.

6. Pepaya

Buah pepaya yang bisa di gunakan sebagai penurun kolesterol adalah pepaya. Buah pepaya merupakan buah penurun kolesterol yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E.

7. Jambu biji

Jambu biji adalah salah satu buah penurun kolesterol. buah pepaya mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

8. Jeruk

Jeruk termasuk salah satu buah penurun kolesterol. Buah penurun kolesterol ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker kanker payudara dan kanker usus. Buah penurun kolesterol ini juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

9. Kiwi

Hal ini di dukung oleh sebuah penelitian yang di muat dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition. Di samping itu, buah kiwi penurun kolesterol tersebut juga mengandung serat alami yang larut air yang dapat menyerap air di dalam sistem pencernaan Anda. serat larut air akan membentuk gel yang dapat menghalangi kemampuan usus untuk menyerap kolesterol di dalam tubuh.

10. Tomat

Buah tomat juga bisa di konsumsi sebagai penurun kolesterol. Buah tomat penurun kolesterol tersebut merupakan salah satu sumber vitamin terbaik untuk salah satu senyawa tanaman yang di sebut lycopene. Senyawa tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang di muat dalam British Journal of Nutrition juga menyatakan bahwa buah tomat penurun kolesterol tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah. Selain itu, jus buah tomat juga mampu meningkatkan kemampuan LDL di dalam tubuh untuk kebal terhadap proses oksidasi.

Untuk mengonsumsi buah tomat, Anda bisa menambahkan saus tomat ke dalam masakan Anda atau menambahkan buah tomat penurun kolesterol tersebut ke dalam masakan Anda sehari-hari.

Yuk, mulai biasakan rajin makan buah setidaknya 2 sampai 3 porsi dalam sehari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Di samping itu, jika Anda mengonsumsi buah-buahan penurun kolesterol di atas, kadar kolesterol di dalam darah mungkin akan lebih terkontrol.