Jenis Pakan Kambing Yang Memiliki Protein Yang Tinggi

Jenis pakanan kambing protein tinggi adalah jenis pakan yang cocok diberikan pada kambing. Merupakan daftar makanan yang aman dan mempunyai kandungan gizi yang melimpah. Sehingga menunjang pertumbuhan kambing.

Sebagai binatang herbivora, yang otomatis kambing hanya makan makanan yang berbasis tumbuhan. Seperti rumput-rumputan dan dedaunan. Tapi tak menutup kemungkinan juga doyan makan buah-buahan.

Apa Itu Pakan Ternak ?

Jenis Pakan Kambing yang baik adalah  pakan yang sangat cocok diberikan pada sikambing. Adalah daftar makanan yang aman dan mempunyai kandungan gizi yang melimpah. Sehingga menunjang pertumbuhan kambing.

Sebagai binatang herbivora,  kambing hanya makan makanan yang berbau tumbuhan. Seperti rumput-rumputan dan dedaunan. Tapi tak menutup kemungkinan juga doyan makan buah-buahan.

Pakan adalah sebuah jenis bahan yang secara kesuluruhan atau sebagian dapat di makan dan di cerna oleh hewan ternak tanpa mengganggu kesehatan ternak. Bahan pakan ternak dapat bersumber dari tumbuhan atau bukan tumbuhan.

Kualitas oleh bahan pakan ternak tergantung dari kandungan nutrisi dan komposisi kimianya, dan kandungan zat anti-nutrisi di dalamnya. Zat yang paling penting dalam pakan adalah protein. Bahan bahan pakan yang berkualitas harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin yang seimbang, Cek juga artikel tentang Jenis Pakan Kambing Yang Baik Bagi Bagi Tubuh.

Jenis Pakan Kambing  Protein Tinggi Adalah Sebagai Berikut

1.Kulit Pisang

 

Pakan alternatif kambing biasanya dibutuhkan untuk menyeimbangkan gizi. Rumput memang cukup baik untuk kambing, tapi kalau bisa menambah lagi jenis makanan lain, maka akan jauh lebih baik. Rahasia sukses para peternak kambing yang rupanya mereka suka memberikan pakan kambing berupa kulit pisang. Ya, kulit buah pisang.

2. Rumput

Jenis rumput yang bisa dipakai sebagai pakan kambing hampir semuanya. Namun hati-hati kalau mau memberikan rumput yang mengandung racun, seperti tanaman Snakeroot yang kadang hidup bareng rerumputan. Snakeroot bisa membuat kambing keracunan. Jadi sebaiknya kalau mau memakai rumput, hanya rumput gajah saja atau rumput teki.

3.Singkong taun ( singkong karet )

Memiliki daun – daun yang lebar dan tebal, ciri lainnya mempunyai batang yang besar. Biasanya singkong ini jika di tebang akan tumbuh lagi. Walau batangnya yang sangat besar, tapi hanya mempunyai umbi yang kecil, seperti akar yang menggembung di tanah. Bedanya singkong karet dengan singkong yang biasa adalah singkong taun hanya dimanfaatkan daunnya saja untuk dibuat sayur, karena ubinya dam tidak bisa dikonsumsi. Daun singkong taun kerap juga dijadikan untuk pakan ternak. Jumlah kandingan protein yang cukup tinggi pada singkong taun sangat bagus diberikan pada ternak kambing.

 

4.Hijauan Kering dan Jerami

Pakan hijauan kering atau yang di sebut juga silase merupakan pakan hijauan kering yang lalu awetkan dan di simpan dalam keadaan terbungkus kantong plastik yang kedap udara, drum. Dan tentunya yang sudah mengalami proses fermentasi dan dalam keadaan tanpa udara atau di sebut juga sebagai anaerob.

Silase yang di kenal sebuah rumput segar yang langsung di keringkan sampai dengan kandungan air 60%, lalu di simpan ke dalam keadaan anearob. Proses silase melibatkan semua bakteri atau mikroba yang akan membentuk dalam asam susu. Yaitu Lactis Acidi dan Streptococcus yang bisa hidup dengan cara anerob dan dalam derajat keasaman 4 (pH 4).

Oleh demikian proses silase terjadi dalam keadaan kantung yang kedap udara, sehingga pakan tidak akan cepat membusuk oleh bakteri lain atau juga jamur.

Pakan yang tergolong ke dalam pakan hijau kering adalah semua dari jenis jerami atau pakan hijauan ternak yang di potong potong lalu di jemur. Manfaat serat kasar dari pakan hijauan kering adalah lebih 18%.

Baca juga tentang Cara membuat kebab ayam.

Semoga adanya artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pakan kambing yang baik, dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lain