Jenis Jenis Tanaman Obat Dan Berbagai Manfaatnya

jenis jenis tanaman obat

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana jenis jenis tanaman obat. Tanaman obat merupakan tanaman yang hidup dilingkungan kita yang memiliki khasiat untuk menehatkan tubuh kita.

Baca juga cara membuat nasi bakar cocok untuk makan malam.

Jenis Jenis Tanaman Obat Dan Manfaatnya

Jika anda memiliki usaha pembuatan obat herbal anda pastinya perlu mediciine cutter yaitu mesin pemotong obat herbal yang membantu anda dalam memotongnya secara cepat.

1. Belimbing Wuluh

Jangan bayangkan bentuk belimbing ini mempunyai bentuk seperti belimbing pada umumnya, Blimbing wuluh memiliki bentuk seperti timun yang memanjang. Belimbing wuluh yang juga sering dikenal juga dengan sebutan belimbing sayur karena sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk menghasilkan rasa asam yang sangat kuat seperti memasak asam manis dan pembuatan rujak.

Ada banyak yang jual mesin es krim dan banyak jenisnya selain itu harganya.

Fungsi lain yang dimiliki dari belimbing wuluh selain sebagai bumbu masakan adalah sebagai obat tradisional yang alami. Mulai dari buah, batang, daun dan bungannya bisa digunakan sebagai untuk obat tradisional yang berkhasiat.

Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati gusi yang berdarah, obat penyakit rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu.

2. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman rempah asli Indonesia yang memiliki beragam khasiat untuk berbagai macam kesehatan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagia akar atau sering juga disebut dengan rimpang pada tanaman obat temulawak.

Bagian inilah yang sering diolah untuk dijadikan sebagai obat berbagai penyakit secara tradisional dan pastinya alami.

Khasiat yang dimiliki dari tanaman temulawak adalah untuk mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung kita. Apalagi bila penggunaannya dikombinasikan dengan tanaman obat lain khasiat dari temulawak akan bertambah.

3. Daun Cincau

Tanaman cincau yang sering diolah menjadi sebuah es cincau yang menyegarkan dahaga ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita dari beragam penyakit. Daun cincau pada umunya memiliki  2 jenis yaitu cincau yang berwarna hijau dan cincau yang berwarna hitam, keduanya memiliki rasa tawar.

Manfaat dari tanaman obat yang satu ini adalah sebagai obat demam, obat diabetes militus, radang lambung, dan mengobati sakit types itulah penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan cincau.

4. Daun patah tulang

Tanaman yang memiliki bentuk ranting tanpa daun ini sering digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah kita tapi banyak yang belum tau kalau tanaman ini memiliki manfaat yang luar biasa. Tetapi dibalik keunikan yang dimiliki tanaman patah tulang fungsinya bagi kesehatan terutama obat tradisional.

Tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati tulang patah, sakit gigi, kusta, wasir, tumor atau kanker, rematik, sifilis dan masih banyak manfaatnya. Tetapi dalam penggunaanya sebaiknya bertanya pada ahli pakar kesehatan.

5. Daun Seledri

Seledri merupakan sayuran hijau yang rendah kalori. Daun seledri mengandung kurang lebih sekitar 16 kalori per 100 gram. Daun seledri selain biasa digunakan sebagai penambah aroma masakan, juga bisa digunakan sebagai tanaman obat tradisional karena mudah untuk ditemukan di pasar.

Seledri mengandung bermacam macam bnyak vitamin contohnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lainnya seperti kalium, mineral dan zat besi.

6. Daun saga

Tanaman Saga banyak tumbuh liar di pekarangan rumah kita, kebun atau di pinggiran jalan maka tak heran sangat mudah ditemukan. Ada dua jenis tanaman saga, yaitu saga rambat dan pohon saga, tapi kebanyakan seseorang menyebut tanaman saga keduanya dengan nama Saga. Saga termasuk tanaman gulma, dan biasanya menganggu tanaman yang lainnya.

Karena dianggap mengganggu, tanaman Saga sering dibabat habis bahkan dibakar sekalian itulah mungkin semua orang belum banyak yang mengetahuinya. Meskipun banyak daun saga yang dibakar, daun saga rambat biasa dimanfaatkan sebagai obat batuk dan sariawan.